Kulitmu Gatal dan Menebal? Hati-hati Gangguan Kulit Ini!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Kulit Menebal dan Gatal, Waspadai Penyakit Kulit Ini

kulit menebal dan gatal

Sahabat pandawa, tahukah kamu bila efek dari penyakit kulit eksim bisa memicu kulit menebal dan gatal, kulit mengering, memerah, bersisik, dan terkadang mengeluarkan cairan? Salah satu jenis penyakit eksim yang bisa membuat kulit menebal dan gatal ini disebut dengan penyakit kulit neurodermatitis.

Tandanya seperti kulit menebal dan gatal, kemudian terasa kasar akibat sering digaruk ataupun digosok. Hal ini dikarenakan seringnya menggaruk pada area kulit dalam jangka waktu yang lama maka memicu pertumbuhan sel-sel kulit dan memicu penebalan.

Secara umum, penyakit ini akan menyerang bagian tubuh, seperti tangan, kaki, lipatan paha dan telinga. Rasa gatal yang teramat sangat ini tentu membuat penderitanya merasa ingin menggaruknya.

Kondisi kulit menebal dan gatal ini otomatis akan sangat membuat kamu tidak nyaman, terlebih ketika di malam hari, atau musiman. Informasi selengkapnya ada di bawah ini!

 

Kenali Jenis Eksim

Agar kamu paham, berikut beberapa jenis-jenis penyakit eksim, berikut seperti;

  • Dermatitis kontak: Reaksi kulit gatal dan memerah terhadap sesuatu yang kamu sentuh: misalnya, nikel pada perhiasan ataupun deterjen.
  • Eksim dishodritik: Lebih sering terjadi pada wanita, jenis ini membentuk lecet kecil dan benjolan di tangan dan kaki.
  • Eksim tangan: Seperti apa namanya, jenis ini hanya mengenai area tangan.
  • Neurodermatitis: Kondisi ini membentuk bercak bersisik pada kulit. Yang menjadi perbedaan yakni kulit kasar seperti tambalan dan terasa lebih tebal.
  • Eksim nummular: Dengan jenis ini, bentol-bentol bulat seukuran koin muncul di kulit, dan gatal bahkan lebih dari jenis eksim lainnya.
  • Dermatitis statis: Gangguan kulit ini muncul saat cairan merembes dari pembuluh darah vena ke kulit, sehingga memicu pembengkakan yang menyakitkan.

 

 

Penyebab Kulit Menebal dan Gatal

Penyebab neurodermatitis umumnya gatal kronis (jangka panjang), tetapi kadang-kadang juga terkait dengan trauma kulit, kecemasan berat atau perilaku obsesif-kompulsif, seperti menggaruk atau menggosok kulit dalam jangka waktu yang lama.

Berbagai faktor yang meningkatkan risiko seseorang terkena neurodermatitis meliputi;

  • Gangguan kecemasan. Bila sahabat berada dalam kondisi stress atau cemas berlebihan,d ditambah mempunyai riwayat kulit sensitive. Hal ini bisa saja menjadi pemicu rasa gatal yang berhubungan dengan gangguan kulit neurodermatitis.
  • Usia dan jenis kelamin. Nyatanya wanita lebih rentan berisiko mengidap gangguan kulit neurodermatitis dibanding pria. Gangguan kulit ini pun bisa timbul pada penderita yang berusia 30 sampai 50 tahun.
  • Riwayat penyakit keluarga. Jika ada anggota keluarga dengan dermatitis, eksim, psoriasis atau mengalami kecemasan, maka risiko mengembangkan kulit adalah neurodermatitis yang lebih besar.

 

Gejala

Sedikit sama dengan eksim, gejala neurodermatitis bisa ditandai menebal dan kulit gatal, kasar, bersisik, kulit memerah dan bercak gelap. Seperti disebutkan bahwa penebalan kulit juga dapat terjadi karena eksim. Keberadaan gangguan kulit seperti eksim maupun neurodermatitis tentu bisa membuat kulit kehilangan kelembapannya.

Pada saat kulit kehilangan kelembapannya dan alergen memasuki kulit, otomatis sistem kekebalan tubuh menjadi aktif, sehingga jadilah peradangan yang membuat kulit menjadi merah-merah serta gatal. Seseorang lebih rentan terhadap gangguan kulit eksim jika keluarga memiliki riwayat eksim atau kondisi alergi, termasuk demam dan asma.

Gejalanya meliputi:

  • bercak kulit disertai gatal parah
  • kulit tebal dan kasar
  • bersisik, kulit seperti kulit kayu
  • bercak kulit yang merah atau gelap
  • rasa gatal muncul kapan saja ketika apalagi saat merasa stress atau tertekan dan waktu istirahat
  • Selain tubuh, bisa muncul di siku, lutut, pergelangan kaki, kulit tebal dan gatal dapat muncul di area kepala.

 

Amati Pemicu Kulit Menebal dan Gatal

Sehubungan dengan lapisan kulit yang menebal dan gatal, biasanya akan selalu ada pemicu yang membuatnya pertama kali terjadi. Kemungkinan paling besar biasanya dari lingkungan. Kondisi yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan di kulit kulit meliputi:

1. Kulit menebal dan gatal akibat Lingkungan yang Terlalu Dingin atau Terlalu Panas

Ini dapat mengurangi kelembapan kulit dan memicu kulit menjadi rapuh, bersisik dan mengarah pada gangguan eksim.

2. Berkeringat Berlebihan

Bagi kamu yang mudah berkeringat tentu bisa mengalami gangguan kulit ini. Terutama ketika di daerah di mana keringat bisa terhambat, seperti pada sudut siku, lutut, bahu dan leher.

3. Stres atau Kecemasan

Pada saat kamu mengalami tekanan pikiran bahkan cenderung stress, sistem saraf otomatis menginstruksikan tubuh untuk melindungi dirinya sendiri dengan memompa hormon stres, termasuk kortisol. Hormon kortisol akan mengatur sistem kekebalan tubuh yang mendorong peradangan dan antibodi alergi muncul dengan cepat.

Terlebih bila panik, sel darah putih membuat histamin mendorong gatal dan menumbuhkan pembuluh darah.

4. Alergen di Udara

Alergen dan alergi tidak sama dan eksim bukan penyebab alergi. Allergen pada dasarnya memicu dan eksim umumnya mengobarkan ketika tungau, debu, serbuk sari atau rambut diaktifkan.

5. Iritasi Lainnya

Paparan bahan kimia tertentu, termasuk aroma dan sulfat yang ditemukan dalam sabun, deterjen, parfum dan kosmetik, dapat mengiritasi kulit yang telah sensitif. Karena itu, sangat mudah timbul dari kulit yang menebal dan gatal.

 

Diagnosis Neurodermatitis

Diagnosis gangguan kulit dimulai dengan menanyakan beberapa gejala dan keluhan yang dialami oleh pasien, terutama awal dari terjadinya gatal dan tindakan yang cocok untuk pasien. Dilanjutkan dengan melakukan pemeriksaan fisik, terutama pada kulit gatal dan menebal .

Selain itu dokter juga bisa melakukan biopsi kulit dengan mengambil sampel kulit dan mengidentifikasi kelainan kulit di bawah mikroskop. Pemeriksaan lain yang bisa dicoba yakni dengan tes alergi, apabila dicurigai bila aktivasi gatal pada kulit adalah reaksi alergi.

 

Komplikasi Neurodermatitis

Neurodermatitis atau Lichen Simplex Chronicus dapat memicu beberapa komplikasi, termasuk infeksi bakteri pada kulit, perubahan warna kulit dan bekas luka permanen.

 

Kapan Harus Ke Dokter?

Apabila sahabat pandawa mengalami keluhan kulit menebal dan gatal, kulit kering, memerah, hingga bernanah dalam waktu lama, segera atasi bersama dengan dokter kulit terpercaya.

Kunjungi untuk mendapatkan penanganan kulit yang optimal bersama Klinik Pandawa. Salah satu klinik kulit dan kelamin ini telah berpengalaman dan terpercaya mengatasi berbagai keluhan kulit menebal dan gatal karena eksim dan sebagainya.

Sahabat Pandawa bisa berkonsultasi online dengan dokter ahli kami dan reservasi di nomor 0821-1141-0672/021-6231-3337 (telepon/SMS/WA) atau melalui link layananKami siap melayani.

 

Referensi:
Healthline. What is Lichenification.
Healthcentral. Ezchema
.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *