Bagaimana Cara Merawat Kulit yang Terkena Melasma?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Kulit yang terlihat menggelap

Masalah kulit yang terlihat menggelap dan blotchy ini kerap disebut dengan Chloasma, atau lebih dikenal dengan sebutan melasma. Pada dasarnya, melasma merupakan hiperpigmentasi. Umumnya timbul di pipi, hidung, kening, dagu, area di atas bibir, serta bagian tubuh yang lain yang sering terpapar cahaya matahari, seperti leher serta tangan. Melasma diakibatkan oleh berbagai macam faktor, mulai dari genetik, peningkatan estrogen, sampai tipe kulit. Bagaimana merawat kulit yang terlihat menggelap karena malesma? mari simak artikel ini.

Walaupun seperti itu, terdapat kondisi tertentu yang dapat menimbulkan melasma terjadi, seperti kehamilan, alergi kosmetik, serta begitu sering memakai obat anti- kejang. Hal itu juga umum disebut chloasma karena pergantian warna yang sangat kronis atau kulit yang terlihat menggelap terjadi pada perempuan yang sedang mengandung. Melasma pada perempuan yang sedang mengandung dapat hilang dalam beberapa bulan sesudah melahirkan.

Apabila anda sedang mengandung, mempunyai kulit yang terlihat menggelap sejak lahir, banyak beraktivitas di luar ruangan, serta terlalu lama berada di depan komputer, risiko munculnya melasma akan lebih tinggi. Tetapi, tidak ada metode yang dapat menghindari kemunculannya. SPF hanya melambatkan kulit.

 

Apa Saja Penyebabnya?

Pemicu kondisi ini masih belum jelas. Mungkin, chloasma berlangsung pada saat sel- sel pembuat warna di kulit( melanosit) memproduksi begitu banyak warna. Orang yang berkulit gelap umumnya lebih rentan terserang kondisi ini sebab mempunyai melanosit yang lebih aktif dari mereka yang berwarna kulit terang.

Penyebab melasma tersebut juga bisa terjadi oleh beberapa hal yang akan dipaparkan berikut ini:

  • Perubahan Hormon

Perempuan mengandung selalu terjangkit melasma. Pergantian hormon sebagai salah satu pemicunya. Tidak hanya itu, pil KB serta pengganti hormon juga bisa mengakibatkan kondisi ini.

  • Sinar Matahari

Sinar matahari juga bisa jadi salah satu pemicu timbulnya melasma. Hal itu disebabkan oleh radiasi cahaya ultraviolet menambah produksi pigmen melanin oleh sel melanosit. Pigmen melanin itu yang menimbulkan warna gelap pada kulit untuk penderita melasma.

  • Stres

Stres serta penyakit tiroid juga dikatakan bisa menimbulkan terjadinya melasma.

  • Make Up

Produk kecantikan juga dapat mempengaruhi terbentuknya melasma timbul. Sebagian produk mampu menimbulkan iritasi pada kulit anda.

Situasi ini merupakan situasi yang umum. Menurut American Academy of Dermatology, 90 persen orang yang terjangkit chloasma merupakan perempuan. Biasanya, Orang yang  berkulit gelap, adalah keturunan Latin atau Hispanik, Afrika Utara, Afrika- Amerika, Asia, India, Timur Tengah, serta Mediterania juga lebih mungkin untuk terserang melasma. Orang yang mempunyai ikatan darah dengan pengidap melasma juga jauh lebih mungkin untuk terserang situasi ini.

Tetapi, ini bisa ditangani dengan kurangi faktor resiko Anda. Diskusikanlah dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

 

Apa Penanganan yang Tepat?

 

Salah satu pilihan untuk menghilangkan flek Cokelat yang membandel di wajah dengan terapi laser. Treatment ini bekerja dengan menargetkan bintik- bintik Cokelat memanfaatkan energi sinar yang terpusat dan menghilangkan lapisan demi lapisannya. Sederhananya, prosedur ini membakar lapisan kulit yang menggelap dengan cepat.

Ketika sinar pada laser meresap bintik Cokelat pada wajah, kalian tidak perlu takut sebab sel kulit di sekitarnya tidak akan turut hancur. Ini diakibatkan sebab area kulit itu tidak mempunyai pigmen Cokelat, akibatnya tidak terserap serta menyerap energi laser. Lalu, benarkah perawatan ini efektif?

Belum pasti. Terapi laser umumnya dianjurkan untuk tipe kulit yang lebih enteng. Alasannya, energi laser dapat memisahkan dengan nyata antara kulit wajar serta bintik Cokelat, maka menjadikan perawatan ini lebih efektif. Bila nyatanya kulit Anda lebih sensitif ataupun berwarna lebih Cokelat, Anda dapat memilah pengobatan lain, sebab kulit yang berwarna lebih Cokelat cenderung mempunyai lebih banyak pigmen.

 

Skin Laser di Klinik Pandawa.

 

Pasien dengan keluhkesah bintik cokelat di wajah dapat langsung bertanya dengan dokter Kami. Setelah itu, dokter akan mendiagnosis serta mengusulkan tindakan yang pas untuk penindakan bintik cokelat itu. Sebagai solusi, treatment skin laser dipilih untuk menghilangkannya.

Treatment skin laser ini berjalan lumayan singkat. Walaupun, terkait seberapa besar area melasma yang terdapat di wajah. kemudiannya, sehabis perawatan bintik- bintik cokelat mulai memudar. Kulit juga jadi lebih bersih serta bebas jerawat.

Tindakan skin laser untuk melenyapkan melasma umumnya dicoba beberapa kali. Untuk melengkapinya, pemakaian krim, serum, suntik, serta obat minum juga dapat dipakai untuk hasil yang lebih maksimal. Dengan treatment skin laser, Anda juga dapat kembali beraktivitas seperti sediakala.

Dari beberapa permasalahan menghilangkan bintik cokelat ini, Klinik Pandawa sanggup memberikan solusi layanan terbaik. Cara tindakan yang cepat serta nyaman jadi garansi mutu di Klinik Kami.

Dokter ahli serta profesional yang dipunyai sanggup memberikan treatment terbaik sesuai keinginan Anda.

Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, maka Anda dapat berkonsultasi online dengan dokter ahli Kami secara gratis di nomor 0821-1141-0672/021-62313337 (telepon/SMS/WA) atau klik konsultasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Kami yang Berpengalaman