Kutil Kelamin Gejala Ini Seringnya Tidak Disadari Ternyata Berbahaya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Kutil Kelamin Gejala Ini Seringnya Tidak Disadari Ternyata Berbahaya

kutil kelamin gejala
Gejala penyakit kutil kelamin bisa terasa panas seperti terbakar dan nyeri.

 

Sahabat Pandawa tampaknya harus mengetahui satu hal ini. Tak Cuma dapat tumbuh di jari tangan atau kaki, kutil juga bisa tumbuh di area vital tepatnya pada alat kelamin. Tidak berbeda seperti kutil di bagian kulit lainnya, kutil kelamin disebabkan oleh infeksi virus Human Papilloma Virus (HPV), virus yang juga jadi dalang kanker serviks. Nah, sayangnya kehadiran penyakit infeksi kelamin ini tak disadari bahkan sering diabaikan. Kalau begitu klinikpandawa.com akan membahas seputar kutil kelamin, gejala kutil kelamin hingga bagaimana pengobatan kutil kelamin yang efektif. Simak terus artikel berikut ini, ya!

Menurut banyak penelitian yang diketahui, kiranya ada 100 persen kasus kutil kelamin dipicu oleh virus HPV ini. Virus ini menular lewat kontak langsung dengan bagian tubuh yang terinfeksi terutama melalui hubungan seksual.

Sementara menurut Data Organisasi Kesehatan Dunia menunjukkan, tingkat pertumbuhan kutil kelamin mencapai satu kasus baru setiap detik atau sebanyak 89.192 kasus setiap harinya. Fakta ini membuat kutil kelamin sebagai gejala yang paling umum akibat infeksi menular seksual (IMS) yang ditimbulkan.

 

Apa itu Kutil Kelamin?

Di Negara kita sendiri, berdasarkan data-data, penyakit ini berada di tingkat pertama dalam kasus baru infeksi menular seksual dari tahun 2008 hingga 2011. Peningkatannya cukup pesat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Nah, berikut ciri-ciri kutil kelamin yang harus Sahabat Pandawa perhatikan.

Kutil kelamin tumbuh seperti benjolan kecil yang muncul di area kelamin maupun dubur. Penyakit ini bisa dialami siapa saja yang aktif secara seksual. Perbedaan ciri ciri Kutil kelamin dengan kutil biasa yang tumbuh di bagian tubuh, yakni kondisi kutil kelamin termasuk infeksi menular seksual yang cukup berbahaya.

 

Gejala Kutil Kelamin

Apa saja ciri-ciri dan gejala kutil kelamin?

Gejala kutil kelamin bisa tumbuh sekitar 2-4 minggu setelah terinfeksi HPV. Walaupun kadang perlu waktu bahkan berbulan-bulan bagi penderitanya untuk menyadari adanya tonjolan daging di daerah sekitar kemaluannya. Mengetahui ukuran kutil pada gejala kutil kelamin pertama akan muncul begitu kecil, sehingga sulit terlihat dengan kasat mata.

Kutil kelamin dapat tumbuh sendiri-sendiri atau mengelompok. Bilamana ciri ciri kutil kelamin seperti tonjolan telah meluas atau membesar, maka akan sangat mengganggu penderitanya bahkan dapat menyebabkan perdarahan dan rasa nyeri ketika berhubungan.

Berikut ciri ciri kutil kelamin selengkapnya:

  • Timbul benjolan atau lesi di sekitar anus atau alat kelamin.
  • Rasa gatal di sekitar kemaluan.
  • Keputihan.
  • Demam.
  • Sakit saat berkemih.
  • Perdarahan dan rasa sakit ketika berhubungan.

pada pria ciri ciri Kutil kelamin dapat timbul di area berikut:

  • Batang atau ujung penis.
  • Skrotum atau kantung pelir.
  • Selangkangan atau paha atas.
  • Di dalam atau di sekitar anus.

Selain itu, penyakit Kutil kelamin juga bisa muncul di area bibir, mulut, lidah atau tenggorokan jika penderitanya melakukan seks oral dengan orang yang terinfeksi HPV.

Sedangkan pada wanita, kutil kelamin dapat tumbuh di:

  • Dinding vagina
  • Vulva (bagian luar vagina)
  • Daerah antara vagina dan anus (perineum)
  • Di dalam vagina atau di dalam anus
  • Leher rahim.

 

Penyebab

Seperti yang disebutkan di atas, Kutil kelamin ini disebakan oleh virus human papillomavirus (HPV). Dimana penyebaran kutil kelamin terjadi melalui hubungan seksual, baik melalui vagina, maupun secara oral atau anal. Selain itu, virus HPV ini juga bisa menular ketika tangan penderita kutil kelamin menyentuh kelamin sendiri, lalu menyentuh kelamin pasangannya.

Penularan kutil kelamin juga bisa terjadi, akibat berbagi penggunaan alat bantu seks (sex toys). Beberapa kasus, kutil kelamin juga bisa menular pada bayi, dari ibu yang terinfeksi virus HPV. Tapi yang perlu Sahabat Pandawa ketahui, bilamana kutil kelamin tak menular melalui ciuman, atau media tertentu seperti alat makan, handuk, dan toilet duduk sekalipun.

 

Diagnosis Ciri Ciri Kutil Kelamin

Dokter dapat mendiagnosis pasien dengan melihat atau mendengar mengenai gejala yang dialami pasien. Apabila gejala kutil kelamin tak terlihat kasat mata, maka dokter dapat meminta pasien menjalani tes seperti:

  • Pap smear
  • Kolposkopi
  • Tes HPV-DNA

Komplikasi Kutil Kelamin

Adapun komplikasi-komplikasi yang bisa dipicu oleh kutil kelamin, antara lain:

  • Memicu terjadinya kanker di daerah kemaluan, mulut dan tenggorokan. Salah satu contohnya adalah kanker serviks.
  • Gangguan saat kehamilan.
  • Bayi yang terlahir dari ibu terinfeksi gejala kutil kelamin berisiko mengalami infeksi kutil di tenggorokan.

 

Pencegahan Kutil Kelamin

Kutil kelamin dapat dicegah dengan sejumlah cara, seperti:

  • Tidak melakukan seks bebas.
  • Gunakan pengaman setiap berhubungan seks.
  • Tidak berbagi alat bantu seks.
  • Mendapat imunisasi HPV.

 

Pengobatan Gejala Kutil Kelamin di Klinik Pandawa

Apabila Sahabat pandawa menemukan kesamaan ciri ciri kutil kelamin seperti yang disebutkan di atas, atau ada perubahan di area vital, segera kunjungi dokter ahli. Pastikan Sahabat Pandawa menjelaskan keluhan-keluhan yang dirasa kepada dokter Kami. 

Pengobatan kutil kelamin yang diberikan dilihat dari penyebab dan bagaimana kondisi gejala kutil kelamin. Anda juga akan diminta untuk uji laboratorium untuk memastikan. Apabila pemeriksaan Sahabat Pandawa positif, pasangan Anda juga harus diperiksa dan diobati.

Klinik Pandawa, terpercaya mengatasi penyakit kulit dan kelamin serta infeksi menular seksual salah satunya penyakit kutil kelamin yang berbahaya ini.

Apabila Sahabat Pandawa membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut maka bisa melakukan KONSULTASI ONLINE GRATIS dengan dokter kami melalui layanan konsultasi. Sahabat Pandawa juga dapat menghubungi kami melalui nomor 0821-1141-0672/ 021-62313337 Whatsapp / SMS/ telp. Segala rahasia medis terjamin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Kami yang Berpengalaman