Wajib Tahu! Munculnya Kutil Kelamin Wanita Sebelum Terlambat

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Mengenal Kutil Kelamin Wanita Sebelum Terlambat 

kutil kelamin wanita

Sahabat Pandawa, apakah anda pernah merasakan benjolan seperti bisul dan terasa sakit serta nyeri dibagian area Miss.V? jika iya, tandanya Anda mengalami kutil kemaluan perempuan. kutil kelamin wanita ini dapat menular melalui hubungan intim dengan pasangan Anda.  Muncul Kutil kemaluan perempuan dan cara menghilangkannya barangkali merupakan kondisi yang diam-diam banyak di-googling orang karena malu untuk meminta saran ke teman atau dokter. Walau kondiloma akuminata dianggap memalukan, namun kondisi ini ternyata sering ditemui pada perempuan. Kutil kelamin wanita akan muncul di bagian Miss.V dengan daging yang berwarna merah, adanya sekumpulan kelompok seperti kembang kol, serta timbulnya benjolan.

Penyakit kutil kelamin wanita  timbul karena jumlah orang mungkin suka oral seks saat berhubungan badan. Oral seks sendiri adalah rangsangan seksual yang dilakukan oleh mulut terhadap alat kelamin pasangannya. Namun, seks oral melibatkan menjilati penis dan vagina, sebagai salah satu bagian tubuh yang paling sensitif, mungkin berisiko terkena infeksi. Pada dasarnya, ketika air liur berinteraksi dengan cairan vagina, hal itu bisa mengacaukan bioma vagina akibat adanya bakteri.

Seks oral berisiko karena cenderung melibatkan menjilati vagina. Oleh karena itu, seseorang cenderung melakukan kontak dengan cairan dan feses vagina, meningkatkan kemungkinan infeksi menular seksual (IMS). Seseorang mungkin terinfeksi salah satu dari IMS ini jika cairan yang terinfeksi bersentuhan dengan luka atau bisul yang mungkin dimiliki seseorang.Cairan juga bisa masuk ke sel yang meradang di bibir, mulut, alat kelamin atau anus, selaput mata, atau sel tenggorokan.

Kontak ini memungkinkan cairan masuk ke aliran darah dan membuat seseorang sakit. Selain herpes, infeksi lain seperti kutil kellamin wanita, hepatitis A, B, C, gonore, shigellosis, herpes, HIV, dan sifilis dapat ditularkan melalui seks oral. Apakah kutil keelamin wanita ini penularnya seperti apa? Bagaimana bisa? Yuk simak lebih lanjut. 

Apa itu Kondiloma Akuminata?

Kutil kelamin, ataupun dalam bahasa kedokteran disebut dengan kondiloma akuminata merupakan salah satu gejala yang paling umum muncul akibat infeksi menular seksual. Kutil kelamin biasanya timbul akibat peradangan HPV (human papillomavirus) tertentu, yaitu HPV 6 dan 11. Selain kutil pada vagina atau penis, HPV juga bisa menyebabkan kanker serviks pada perempuan.

Kutil kelamin wanita munculnya berbentuk benjolan daging kecil berwarna merah atau bergerombol banyak seperti kembang kol, yang tumbuh di area kemaluan. Dalam kasus ini, kondiloma Akuminata biasanya tumbuh sangat lembut dan sering kali tidak terdeteksi secara kasatmata.

Namun, lama-kelamaan munculnya penyakit ini biasanya tertular lewat hubungan intim, baik oral, vaginal, maupun anal. HPV juga dapat menularkan pada bayi saat proses persalinan dari ibu yang terinfeksi sebelum atau saat hamil.

Gejela Kondiloma Akuminata yang Dapat Tumbuh

  • Dinding vagina
  • Vulva (bagian luar vagina)
  • Daerah antara vagina dan anus (perineum)
  • Di dalam vagina atau di dalam anus
  • Leher rahim.

Selain pada kemaluan dan zona di sekitarnya, kutil kelamin wanita juga dapat tumbuh di lidah, bibir, mulut, dan tenggorokan. Kondisi ini biasanya terjadi akibat melakukan seks oral dengan orang yang terinfeksi kutil kelamin.

Penyebab Kondiloma Akuminata

Seperti yang disinggung di atas, penyakit ini diakibatkan oleh virus HPV. Sebagai zona yang lembab serta gampang basah, bagian kemaluan menjadi tempat paling aman serta nyaman untuk virus tersebut. Terlebih, jika seorang mempunyai kelenjar keringat yang banyak dan tidak sedikit di bagian vital. Tentunya, kutil kelamin bukanlah sesuatu yang harus diremehkan. Tidak hanya perihal tersebut, berikut merupakan kondisi fisik yang dapat menyebabkan kutil kelamin berpotensi timbul:

  • Bagi pengidap diabetes mellitus yang mudah mengembangkan mikroorganisme di dalam alat vital.
  • Stress yang menyebabkan keringat keluar terus.
  • Imunitas tubuh yang menurun sehingga mudah terserang virus.

Kutil kelamin wanita ini menyebar melalui kontak fisik pada hubungan intim. Dalam kebanyakan masalah, sistem imunitas tubuh Anda yang baik akan membunuh virus HPV genital dan Anda bisa jadi tidak menyadari bahwa Anda “hampir” terkena kutil kelamin. Penyebaran kutil kelamin paling umum dapat tertular dari orang ke orang melalui kontak kulit ke kulit.

Kutil kelamin wanita tidak menular melalui ciuman, berpelukan atau berbagi handuk, pakaian dan barang-barang sehari-hari.

Pengobatan Kutil Kelamin Wanita di Klinik Pandawa

Klinik Pandawa sebagai salah satu klinik kelamin terbaik di Jakarta menyediakan layanan untuk pengobatan untuk kutil kelamin wanita. Dokter yang berpengalaman, alat-alat kesehatan yang modern, dan fasilitas yang memadai menjadikan Klinik Pandawa pilihan tepat bagi Anda yang ingin melakukan pengobatan kutil kelmain wanita. Dokter di Klinik Pandawa akan menyarankan pengobatan atau tindakan medis yang tepat untuk menangani kutil kelamin wanita yang Anda derita.

Anda dapat berkonsultasi online dengan dokter kami di nomor 0821-1141-0672/021-6231-3337 (telepon/SMS/WA) atau melalui Konsultasi Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *