Jangan Ragu, 5 Alasan Ini Menjelaskan Kenapa Kamu Harus Sunat!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

manfaat melakukan sunat

Manfaat Melakukan Sunat – Sahabat Pandawa, masalah kesehatan seputar kulit dan kelamin sangatlah banyak. Contohnya pada kaum pria, terdapat banyak sekali masalah yang bisa menerjang penis pria, seperti balanitis atau peradangan pada kepala penis. Beberapa masalah tersebut bisa diatasi dengan metode sirkumsisi (circumcision) atau yang lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai metode sunat.

Sunat atau khitan sudah menjadi “tradisi” sebagian besar masyarakat Indonesia sejak dulu. Umumnya, sunat atau khitan dilakukan oleh laki-laki yang usianya bervariatif. Akan tetapi, metode sunat ini kerap kali dijalani ketika laki-laki masih berusia muda. Alasan umum atau awamnya adalah kulit penis masih dalam kondisi yang “empuk” dan belum terlalu “alot”.

Namun, tak dimungkiri juga orang dewasa dapat menjalani metode sunat karena berbagai alasan kesehatan ataupun sebagainya. Memang benar adanya, selain dikarenakan alasan kesehatan reproduksi, pria yang menjalani metode sunat juga mendapatkan beberapa manfaat yang akan didapat.

Sahabat Pandawa, kali ini Klinik Pandawa Jakarta akan membahas seputar manfaat melakukan sunat. Ternyata ada banyak lho manfaat dan khasiat yang akan Sahabat Pandawa miliki jika memilih untuk melakukan sunat. Penasaran apa saja keuntungan jika sudah disunat? Simak terus artikel ini ya untuk detailnya. Berikut 7 manfaat melakukan sunat bagi pria:

 

  1. Lebih Mudah Membersihkan Penis

Kebersihan penis sangat wajib diperhatikan. Oleh karena itu, Sahabat Pandawa mesti membersihkan penis untuk menghindari bakteri dan berbagai penyakit yang bisa menginfeksi penis. Salah satu akibat dari tidak rajin membersihkan penis adalah terkena penyakit balanitis ataupun infeksi saluran kemih.

Jika Sahabat Pandawa melakukan sirkumsisi atau sunat maka Sahabat Pandawa akan lebih mudah untuk menjaga kebersihan dari penis itu sendiri karena tidak perlu repot untuk membuka dan menutup kulup penis. Untuk itu, sangat dianjurkan untuk menjalani sirkumsisi karena manfaat melakukan sunat sangatlah banyak, termasuk mudahnya membersihkan area penis.

 

  1. Terhindari dari Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih memang lebih sering terjadi pada kaum wanita, namun bukan berarti kaum pria tidak mungkin terhindar dari masalah infeksi saluran kemih. Apakah Sahabat Pandawa tahu apa itu infeksi saluran kemih?

Infeksi saluran kemih merupakan masalah pada saluran kencing. Kondisi ini terjadi saat organ yang termasuk bagiand dari sistem kemih seperti ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra mengalami infeksi akibat bakteri atau virus. Umumnya, infeksi saluran kencing terjadi pada kandung kemih serta uretra.

Risiko infeksi saluran kemih pada pria dapat diatasi dengan melakukan sirkumsisi atau sunat. Bakteri dan berbagai mikroba jahat pada kepala penis lebih mudah dibersihkan jika kulup penis sudah dipotong.

 

  1. Mengurangi Risiko Terjangkit Penyakit Menular Seksual

Pria yang disunat mungkin memiliki risiko lebih rendah terhadap infeksi menular seksual tertentu, termasuk HIV. Namun, praktik seksual yang aman tetap penting. Untuk lebih mengurangi risiko terjangkit penyakit menular seksual (PMS), usahakan agar menggunakan pengaman seperti kondom ketika melakukan hubungan seksual dengan orang yang berisiko memiliki penyakit menular seks. Selain itu, dengan tidak bergonta-ganti pasangan intim juga dapat mencegah terjangkit penyakit menular seks.

 

  1. Mencegah Terkena Penyakit Balanitis

Sudah disebutkan tadi kalau sunat bisa menghindari berbagai penyakit yang dapat menyerang area penis. Salah satu penyakit yang bisa mengancam kesehatan penis adalah balanitis. Balanitis sangatlah berisiko terjadi pada kepala penis yang jarang dibersihkan

Balanitis adalah infeksi yang terjadi pada kulup ataupun kepala penis. Infeksi ini dapat disebabkan oleh bakteri ataupun jamur. Umumnya, kondisi balanitis ditandai dengan kepala penis yang tampak kemerahan serta membengkak akibat terjadinya infeksi oleh bakteri, infeksi jamur, ataupun alergi.

 Penyakit balanitis bisa menyerang siapa saja, terutama anak berumur 4 tahun ke bawah serta pria dewasa yang belum disunat. Meskipun begitu, balanitis juga bisa diderita oleh pria dewasa ataupun bayi yang telah disunat. Balanitis bukan kondisi yang serius dan bisa sembuh dalam jangka waktu beberapa hari saja dengan penanganan yang tepat, seperti memeriksakannya di Klinik Pandawa.

 

  1. Mencegah Terkena Fimosis

Terakhir, manfaat melakukan sunat adalah bisa mencegah laki-laki terkena masalah fimosis. Fimosis merupakan kondisi di mana kulup penis tidak dapat ditarik ke arah pangkal penis. Hal ini dapat memicu risiko penyakit lain karena kebersihan kepala penis tidak terawat. Oleh karena itu, metode sirkumsisi atau sunat diharuskan untuk mengatasi permasalahan fimosis ini.

Fimosis umumnya terjadi pada anak-anak berusia balita ataupun masih bayi. Tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga dapat terkena masalah fimosis ini. Jadi, sunat merupakan cara terbaik untuk menghindari fimosis dan berbagai masalah penis lainnya.

 

Metode Sunat Laser di Klinik Pandawa Jakarta

Sahabat Pandawa, sudah dijelaskan di atas bahwa manfaat melakukan sunat amatlah banyak seperti mencegah berbagai penyakit yang dapat menyerang penis. Oleh karena itu, sunat sangatlah dianjurkan bagi Sahabat Pandawa yang ingin terhindari dari masalah kesehatan penis.

Untuk Sahabat Pandawa yang tertarik melakukan sunat, Klinik Pandawa memiliki layanan sunat dengan teknologi laser yang canggih dan modern. Sunat laser di Klinik Pandawa memiliki banyak kelebihan seperti pengerjaan yang cepat, pendarahan yang minim, dan juga waktu pemulihan yang relatif singkat.

Apabila Sahabat Pandawa ingin merasakan manfaat melakukan sunat atau sirkumsisi, janganlah ragu untuk datang ke Klinik Pandawa. Klinik Pandwa adalah salah klinik tepercaya untuk menangani pasien dengan kebutuhan sunat. Telah banyak pasien kami yang puas dengan hasil pengerjaan dan bisa kembali beraktivitas seperti sedia kala.

Jika kalian memerlukan informasi mengenai sunat lebih lanjut silakan melakukan konsultasi online secara GRATIS ke dokter kami melalui konsultasi ataupun mengontak kami di 0821-1141-0672/ 021-62313337  WhatsApp / SMS / telepon. Segala rahasia medis terjamin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *