Blog Details

Image

Mengapa Selangkangan Anda Sangat Gatal dan Bagaimana Cara Cepat Sembuh

  • Dhika Pandawa
  • 11 Desember 2022

Jock itch atau kandidiasis adalah infeksi jamur di area selangkangan yang menyebabkan ruam yang sangat gatal dan terkadang nyeri. Dikenal secara medis sebagai tinea cruris, gatal di selangkangan disebabkan oleh jamur yang sama yang menyebabkan kurap dan kaki atlet.

Kandidiasis
Kandidiasis

"Jock itch biasanya tidak serius, tetapi tidak menarik dan tidak nyaman," kata Judson M. Brandeis, MD, ahli urologi dan kesehatan pria dari Brandeis MD.

Inilah mengapa Anda tidak perlu malu dengan kondisi umum ini, tetapi harus segera mendapatkan perawatan.

Gejala Kandidiasis

Jock itch, alias tinea cruris, melibatkan bercak merah yang bersisik saat disentuh. Bercak ini mungkin mengeluarkan nanah, dan sering kali sangat gatal hingga terasa nyeri.

Selain itu, kulit di sekitar tambalan bisa menjadi sangat terang atau gelap, suatu perubahan yang terkadang permanen.

Ruam bisa sangat gatal, sangat merah, dan dapat menyebar dari lipatan kaki, ke area paha dan bokong, kata Susan Massick, MD, dokter kulit di The Ohio State University Wexner Medical Center. Umumnya ruam tidak menyebar ke penis atau skrotum.

Anda dapat tertular kandidiasis jika bersentuhan dengan sejenis jamur yang disebut dermatofita. Jamur ini dapat menyebar melalui kontak orang ke orang, atau melalui kontak dengan bahan seperti pakaian atau lantai, kata Brandeis.

Jamur tumbuh subur di lingkungan yang lembab dan hangat, menjadikan area selangkangan Anda sebagai rumah yang ideal. Ruam mendapatkan namanya karena dikaitkan dengan atlet yang sering berkeringat dan terpapar pengaturan grup seperti ruang ganti.

BACA JUGA: Seberapa Berbahayakah Gonore?

Cara tercepat menyembuhkan kandidiasis

Peraturan nomor satu: Jangan digaruk! Menggaruk ruam dapat menyebabkan infeksi dan menyebarkan jamur lebih banyak lagi.

Kandidiasis tidak akan hilang dengan sendirinya. Tetapi menggunakan krim antijamur yang dijual bebas dapat menghilangkan ruam dalam waktu seminggu, kata Brandeis. Saat beli krim antijamur yang dijual bebas, cari krim yang mengandung salah satu bahan berikut:

  • Mikonazol
  • Klotrimazol
  • Terbinafin
  • Tolnaftate

"Oleskan krim antijamur ke seluruh tepi ruam untuk memastikan Anda menghilangkan seluruh infeksi jamur," kata Brandeis.

Paket tersebut akan memberitahu Anda seberapa sering mengoleskan krim, tetapi biasanya dilakukan dua kali sehari. Untuk memastikan Anda benar-benar ingin menghilangkan jamur, gunakan krim antijamur untuk waktu yang disarankan.

Karena akan mempercepat proses hilangnya kandidiasis lebih cepat di selangkangan.

Setelah Anda menggunakan krim antijamur, rasa gatal akan berkurang, tetapi jika masih mengganggu Anda, gunakan bubuk obat, seperti Gold Bond atau gunakan kompres dingin, berhati-hatilah untuk mengeringkan area secara menyeluruh sebelum dan sesudah.

Jika gejala Anda bertahan lebih dari dua minggu setelah mengoleskan krim, atau jika Anda mengalami infeksi berulang atau demam. Anda harus berkonsultasi dengan dokter kulit terbaik jakarta. Dokter kulit dapat meresepkan krim antijamur topikal yang lebih kuat atau obat antijamur oral.

Selain itu, jika Anda mengalami infeksi akibat garukan, Anda mungkin memerlukan antibiotik.

Bagaimana mencegah kandidiasis di masa depan

Menjaga selangkangan Anda untuk tetap kering mungkin dan mempraktikkan kebersihan yang baik dapat mencegah timbulnya kandidiasis, kata Massick. Untuk mencegah jock itch, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Keringkan selangkangan Anda secara menyeluruh setelah mandi, perhatikan lipatan kulit.
  • Gunakan bedak untuk menyerap kelembaban di area selangkangan.
  • Gunakan pakaian dalam wicking dan sering-seringlah menggantinya. Sering-seringlah mencuci cangkir dan pelindung atletik, dan jangan pernah membaginya.
  • Gunakan handuk bersih setiap hari dan jangan berbagi.
  • Kenakan sandal jepit atau selop di ruang loker atau tempat umum untuk menghindari jamur.
  • Jika Anda mengalami infeksi jamur lain, seperti kutu air, Anda harus mengambil langkah-langkah untuk menghindari jamur bersentuhan dengan area selangkangan Anda. Ini bisa terjadi melalui sesuatu yang sederhana seperti menarik celana Anda.

Kenakan kaus kaki Anda sebelum celana dalam dan celana Anda jika Anda memiliki kaki atlet untuk meminimalkan risiko penyebaran infeksi, kata Brandeis. Selalu obati infeksi jamur di area tubuh lain, terutama kaki atau kuku, dengan segera datang ke dokter spesialis kulit jakarta pusat.

https://www.youtube.com/watch?v=gCrLkoFwk9M

Pengambilan Langkah Pengobatan

Kandidiasis bisa membuat tidak nyaman, tetapi ini adalah kondisi yang sangat bisa diobati. Dengan obat antijamur yang dijual bebas, gejala Anda akan segera sembuh, dan kemungkinan besar akan hilang dalam waktu dua minggu.

Menjaga selangkangan Anda tetap kering dan tidak berbagi handuk, pakaian, atau peralatan dapat meminimalkan risiko gatal di selangkangan. Jika memang terjadi, segera mulai pengobatan yang dijual bebas.

BACA JUGA: Apakah Ini Psoriasis Terbalik atau Gatal Selangkangan? Pelajari Tandanya

Kapan Harus ke Dokter

Dan temui dokter kulit di jakarta jika gejala Anda tidak membaik atau jika Anda mengalami demam.

"Ini adalah kondisi umum dan tidak perlu dipermalukan, tetapi bisa menjadi jauh lebih buruk, menyakitkan, dan lebih sulit diobati jika Anda menunda pengobatan," kata Massick.

Anda tidak perlu takut, karena tinggal ke Klinik Utama Pandawa bisa langsung selesai permasalahan. Klinik Utama Pandawa memiliki laboratorium untuk membantu menentukan penyebab dan dokter yang ahli dibidangnya.

Jika Anda ingin lakukan konsultasi kesehatan online sekaligus melakukan reservasi sangat bisa. Caranya juga mudah, Anda hanya perlu klik link di sini, atau hubungi melalui nomor 0821-1141-0672 / 0811-1057-7718.

Klinik Utama Pandawa telah terdaftar & terakreditasi sebagai lembaga resmi untuk pelayanan kesahatan.

Copyright © 2023 Klinik Utama Pandawa, All rights reserved.
DisclaimerPrivacy PolicyCookie Policy