Mengenal Penyakit Wasir (Hemorroid) Gejala Hingga Mengurangi Nyeri!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

mengenal penyakit wasir

Sahabat Pandawa, Selalu jaga kesehatan dimana Anda berada karena kondisi tubuh tidak akan bisa di tebak. Pernahkah kamu merasakan sakit atau tidak nyaman pada anus ketika duduk? Mungkin saja ketika duduk kamu mengalami gejala atau penyakit wasir. Penyakit ini dapat mengganggu aktivitas kamu sehari-hari. Sebaiknya kita mengenal penyakit wasir (Hemorroid), sehingga kita tahu gejala yang bisa mengurangi nyeri anus Anda.Penyakit ini tidak dapat disembuhkan dengan sendirinya harus ditangani dengan dokter terpercaya, penyakit ini tidak boleh diremehkan karena berbahaya apabila tidak segera ditangani.

Banyak faktor gaya hidup yang membuat seseorang berisiko untuk mengalami gangguan pada anus ini. Seseorang yang jarang bergerak dan berolahraga terbilang mempunyai risiko yang lebih tinggi untuk terkena wasir (Hemorroid). Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa kebiasaan apa saja yang dapat menjadi penyebab wasir agar dapat ditangani segera. Ada dua jenis wasir, yaitu hemoroid internal dan eksternal. Pembuluh darah yang membengkak di dalam anus dan tidak terlihat dari luar disebut sebagai hemoroid internal. Sedangkan pembengkakan yang terjadi di luar anus dekat lubang anus, terasa lebih nyeri, serta tampak dari luar disebut hemoroid eksternal.

Mengenal Penyakit Wasir

Wasir atau Hemorroid adalah kondisi ketika pembuluh darah disekitar anus melebar karena mengalami peningkatan tekanan lokal pada pembuluh darah. Umumnya, pembengkakan pembuluh darah yang terkena wasir tersebut berada di dalam rektum atau anus. Penyakit wasir biasanya terjadi pada usia 50 tahun. Sekarang kita sudah tahu mengenal penyakit wasir seperti apa, selanjutnya kita ke gejala hemorroid

Gejala Hemorroid yang Sering Terjadi

  • Pendarahan berwarna merah terang setelah buang air besar (BAB).
  • Terdapat lendir setelah buang air besar.
  • Benjolan tergantung di luar anus.
  • Rasa nyeri atau rasa sakit, pembengkakan dan kemerahan di sekitar area anus.
  • Mengalami gatal-gatal di sekitar anus.

Penyebab

Penyebab wasir dihubungkan oleh adanya peningkatan tekanan darah dalam pembuluh darah yang berada di area anus dan sekitarnya. Terlalu lama mengejang saat buang air besar ialah pemicu utama terbentuknya kenaikan tekanan pada area anus, tidak hanya mengejak berikut ini sebagian perihal yang bisa menimbulkan ambeien

  • Sering mengangkat benda berat secara rutin.
  • Usia semakin tua, yang membuat penopang jaringan badan jadi terus menjadi lemas.
  • Batuk terus-menerus atau sering muntah.
  • Kelebihan berat badan.
  • Memiliki riwayat kesehatan keluarga yang sakit hemoroid.
  • Sering duduk dalam waktu lama.
  • Sedang hamil.
  • Sering melakukan hubungan intim anal.

Jenis-jenis Penyakit Ini

Terdapat 2 berbagai hemoroid ataupun wasir, yaitu hemoroid internal dan eksternal. Pembuluh darah yang besar di dalam anus serta tidak tampak dari luar disebut sebagai hemoroid internal. Sedangkan untuk pembengkakan yang terjadi di luar dekat lubang anus, terasa lebih nyeri, serta tampak dari luar disebut hemoroid eksternal.

Apa Saja Golongannya

Hemoroid yaitu pelebaran pembuluh darah vena yang berada di rektum (usus bagian bawah) dan area anus. Seperti dikatakan di atas, setidaknya ada 2 berbagai hemoroid, ialah; hemoroid internal serta eksternal Hemoroid internal bisa diklasifikasikan ke dalam 4 tingkat menurut progresivitas( tingkat keparahan) serta terdapat tidaknya prolaps atau benjolan ketika BAB, yaitu:

  1. Tingkat 1: terdapat hemoroid, selaput lendir sembab, belum ada benjolan.
  2. Tingkat 2: muncul benjolan waktu mengedan, yang masuk kembali dengan sendirinya.
  3. Tingkat 3: muncul benjolan dan untuk masuk kembali perlu dibantu tangan.
  4. Tingkat 4: benjolan yang tak dapat dimasukkan kembali.

Pengobatan di Klinik Pandawa

Hemorroid ringan biasanya dapat sembuh tanpa penanganan. Kebersihan juga penting agar penyakit tidak hilang timbul. Mengonsumsi makanan berserat sangat membantu meminimalisir terbentuknya Hemorroid, sebab dengan konsumsi serat yang lumayan hingga cara pembuangan air besar akan semakin lancar.

Biasakan mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan sebagai tambahan dalam porsi makanan Anda sehari-hari.

Pada Hemorroid yang sudah muncul dari dalam lubang anus atau rektum, Anda harus segera ke dokter untuk ditangani secara cepat. Dokter akan melakukan ligasi dengan pita karet untuk menghentikan peredaran darah ke pusat pembengkakan. Atau dengan operasi Hemoroidektomi. Hemoroidektomi dilakukan dengan pisau bedah atau laser. Tindakan ini dilakukan untuk melepas jaringan Hemorroid dan menutup luka. 

Selain itu, Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik spesialis penyakit bedah terbaik di Jakarta. Fasilitas yang berada di Klinik Pandawa mempunyai pelayanan medis yang diberikan antara lain penyakit andrologi, penyakit ginekologi, penyakit bedah, penyakit kulit dan kelamin.

Klinik pandawa mengutamakan pelayanan medis yang berkualitas dengan standar nasional. Prinsip profesionalitas, berintegritas, transparan, keterbukaan dan jujur dalam melayani pasien adalah lifestyle klinik pandawa.

Apabila membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut, silahkan berkonsultasi online gratis dengan dokter kami di link http://bit.ly/rollkonsul atau hubungi melalui whatsapp / SMS / telp 0821-1141-0672. Kami dengan senang hati melayani. Segala rahasia medis akan terjamin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Kami yang Berpengalaman