Mengenali Tahapan Infeksi Herpes

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

herpes genital

Golongan virus herpesviridae yang bisa menginfeksi manusia. Infeksi virus herpes bisa diisyarati dengan timbulnya lepuhan kulit serta kulit kering yang biasa disebut Herpes. Tipe virus herpes yang sangat populer merupakan herpes simplex virus ataupun HSV. Herpes simplex bisa menimbulkan peradangan pada wilayah mulut, wajah, serta kemaluan( herpes genitalia).

Pembagian kelompok virus herpesviridae adalah sebagai berikut:

  • Alfa herpesvirus.Golongan virus ini mempunyai siklus hidup untuk memperbanyak diri yang pendek, dan berpotensi menjadi tersembunyi serta peradangan timbul kembali( peradangan laten) di sel saraf. Contoh alfa herpesvirus merupakan HSV jenis 1 serta 2, dan virus varicella- zoster.
  • Beta herpesvirus. Golongan virus ini mempunyai siklus hidup untuk melipatgandakan diri yang panjang serta peradangan virus ini berjalan pelan dalam badan manusia. Contoh beta herpesvirus merupakan cytomegalovirus, dan herpesvirus 6 serta 7.
  • Gamma herpesvirus. Misalnya seperti Epstein- Barr virus serta human herpesvirus 8.

 

4 Tahapan Infeksi Herpes

Seperti itu penghitungan golongan yang tergolong ke dalam virus herpesviridae. Peradangan herpes yang timbul dengan timbulnya lepuhan kulit pada umumnya terjalin dalam sebagian tahapan. Rincian tahapan peradangan herpes merupakan sebagai berikut:

  • Stadium primer. tingkat utama berlangsung pada hari kedua sampai kedelapan sehabis terbentuknya peradangan herpes. Pertanda yang timbul merupakan blister( kulit yang melepuh) berdimensi kecil, tetapi menyakitkan. Blister umumnya bermuatan cairan berwarna bening ataupun keruh, serta bisa pecah dan memunculkan luka terbuka. Wilayah di dekat blister terlihat berwarna kemerahan.
  • Stadium laten. Pada fase ini, tanda- tanda herpes semacam blister serta koreng akan mereda. Namun pada fase ini, nyatanya virus lagi menabur ke saraf dekat saraf tulang belakang lewat kulit.
  • Stadium peluruhan. Pada tahap ini, virus mulai tumbuh biak pada ujung- ujung saraf bagian tubuh. Jik a ujung saraf yang terkena berada pada bagian tubuh yang menciptakan cairan, semacam testis ataupun Miss V, virus herpes dapat terkandung dalam cairan tubuh semacam semen serta cairan pekat Umumnya tidak berlangsung tanda- tanda yang nampak, tetapi sesungguhnya sedang terjadi perkembangbiakan virus di dalam tubuh.
  • Stadium rekurensi (muncul kembali). Pada tahap ini, blister pada kulit yang terjalin di periode awal bisa timbul kembali. Umumnya tidak separah lepuhan serta koreng yang tadinya. Pertanda yang biasanya timbul pada tahap rekurensi ini merupakan gatal, kesemutan, serta perih di wilayah yang terserang peradangan pada periode awal.

 

Diagnosis Herpes

Herpes bisa di nyatakan lewat pengecekan fisik dengan munculnya lepuhan kulit. Pada saat dicek fisik pasien oleh dokter, dokter akan memeriksa koreng yang terlihat karena dampak herpes dan menanyakan tanda- tanda yang timbul pada penderita. Tidak hanya itu, untuk menolong diagnosis herpes supaya lebih tepat, bisa dicoba pengecekan ekstra, semacam:

  • Kultur virus herpes simplex. Kultur virus herpes bermaksud untuk mendiagnosis terdapatnya virus herpes. Metode mengusap area kulit ataupun genital yang terkena, mengambil cairan genital ataupun cairan tubuh yang lain yang diprediksi hadapi herpes untuk setelah itu diperiksa di lab merupakan cara untuk melihat Kultur virus herpes dengan menggunakan.
  • Tes antibodi. Uji antibodi khusus virus HSV 1 serta HSV 2 bisa dicoba untuk mengetahui adanya peradangan utama herpes, tetapi tidak bisa mengetahui peradangan herpes rekuren. Uji antibodi dicoba dengan mengambil sampel darah dari tubuh, setelah itu dianalisis di lab untuk diperiksa keberadaan antibodi khusus HSV 1 atau HSV 2. Butuh diketahui kalau tubuh membutuhkan periode kurang lebih 12- 16 minggu untuk membuat antibodi anti HSV 1 ataupun HSV 2, sehabis virus HSV masuk ke dalam tubuh pertama kali. Uji antibodi HSV 1 serta HSV 2 amat menolong diagnosis, terutama bila penderita tidak hadapi koreng ataupun pelepuhan pada kulit.

 

Pengobatan Herpes

Fokus penyembuhan herpes merupakan untuk melenyapkan blister, dan untuk menghindari penyebaran herpes, walaupun koreng serta timbulnya lepuhan kulit dampak herpes bisa lenyap dengan sendirinya tanpa penyembuhan spesial. Tidak hanya itu, pemberian obat- obatan antivirus pula bisa mengurangi komplikasi dampak herpes.

Untuk kurangi perih yang ditimbulkan oleh herpes, tips- tips selanjutnya ini bisa dicoba sepanjang periode pengobatan herpes, antara lain ialah:

  • Minum paracetamol atau ibuprofen sebagai obat pereda nyeri.
  • Membersihkan tubuh atau mandi dengan menggunakan air suam
  • mengompreskan air hangat atau atau air dingin pada kulit yang terkena.
  • mengenakan pakaian dalam berbahan katun.
  • mengenakan pakaian longgar.
  • jaga area koreng tetap kering dan bersih.

Spesial ibu mengandung, apabila tengah ataupun sempat mengidap herpes genital dengan timbulnya lepuhan kulit wajib bertanya dengan dokter. Virus herpes bisa meluas dari ibu pada anak sepanjang periode kelahiran, terutama pada saat sedang peradangan aktif, dan bisa menimbulkan komplikasi yang beresiko untuk anak. Bila ibu mengandung diketahui tengah ataupun sempat mengidap herpes, bicarakan dengan doker hal ini mungkin melahirkan anak dengan cara pembedahan Caesar.

 

Pencegahan Herpes

Untuk menghindari penyebaran virus herpes ke orang lain, bisa dicoba langkah- langkah selanjutnya ini:

  • coba menjauh sementara untuk kontak fisik dengan orang lain, terutama bersentuhan dengan koreng yang muncul akibat herpes.
  • Rutin Mencuci tangan.
  • Oleskan obat antivirus dengan menggunakan kapas agar kulit tangan tidak menyentuh daerah yang terinfeksi virus herpes.
  • Pemakaian barang yang dapat menularkan virus, seperti gelas, cangkir, handuk, pakaian, make up, dan lip balm sebaiknya anda hindari.
  • Hindari untuk melakukan oral seks, ciuman atau aktivitas seksual lainnya, selama munculnya gejala penyakit herpes.

Spesial untuk penderita herpes genitalia, wajib menjauhi seluruh bentuk aktivitas seksual sepanjang waktu tersebut. Butuh anda ketahui walaupun telah memakai kondom, virus herpes senantiasa bisa menabur lewat kontak kulit yang tidak terlindungi kondom.

Oleh karena itu, lindungi diri Anda dari sekarang dengan mengecek kesehatan kelamin anda ke Klinik Pandawa. Selain menjadi upaya pencegahan, cara ini juga dapat meringankan peradangan yang sudah terjadi.

Klinik Pandawa adalah salah satu klinik spesialis penyakit kelamin terbaik yang terletak di Jakarta. Fasilitas pelayanan medis yang diberikan antara lain penyakit andrologi, penyakit ginekologi, penyakit bedah, penyakit kulit dan kelamin.

Klinik pandawa sangat didukung dan dilayani oleh para dokter ahli dan berpengalaman di penyakit kelamin khususnya penyakit Herpes Genital. Dibantu oleh para asisten yang berpengalaman, alat-alat medis pemeriksaan dan pengobatan yang lengkap dan canggih, termasuk laboratorium, USG dan rontgen.

Klinik pandawa mengutamakan pelayanan medis yang berkualitas dengan standar nasional. Prinsip profesionalitas, berintegritas, transparan, keterbukaan dan jujur dalam melayani pasien adalah life style klinik pandawa.

Perihal biaya berobat di klinik pandawa sangatlah relative murah dan terjangkau bagi semua lapisan sosial ekonomi dibanding klinik dan rumah sakit sekitar jakarta. Garansi kami buat pelayanan dan kulitas pelayanan yang memuaskan dan menyenangkan bagi pasien adalah hal utama.

Klinik Pandawa Jakarta memiliki banyak pasien dengan penyakit menular seksual dengan berbagai penyebab dan komplikasi. Ada banyak pasien yang telah disembuhkan dan merasa puas dengan pelayanan kami.

Apabila membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut, silahkan berkonsultasi online gratis dengan dokter kami di link bit.ly/2VdMqLL atau hubungi  melalui whatsapp / SMS / telp 0821-1141-0672. Kami dengan senang hati melayani. Segala rahasia medis akan terjamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Paste your AdWords Remarketing code here
klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Spesialis Kami