Senjata pusaka laki-laki yang satu ini harus dijaga. Ya, penis buat pria adalah lambang kejantanan. Merawatnya tak boleh sembarangan. Apalagi menyunatnya? Butuh metode sunat yang tepat agar aman dan nyaman untuk ‘masa depan’.

Beruntungnya, saat ini beragam metode sunat modern sudah banyak ditawarkan. Mulai dari metode sunat laser sampai dengan metode sunat lem yang hanya direkatkan. Canggih bukan?

Mau tau metode sunat terbaru apa saja yang lagi tren dan hits? Berikut Kami sajikan metode sunat keseluruhan. Dari yang konvensional sampai modern. Mulai dari kelebihan dan keunggulan serta biaya sunat tiap metodenya.

Sunat Konvensional

Metode sunat konvensional
Meski sudah banyak metode sunat modern, peminat metode sunat konvensional tetaplah ada.

Sunat konvensional memang tergolong lawas, tapi jangan salah peminatnya masih tetap banyak. Tenaga medis dan mantri sunat pun masih melakukan Teknik sunat konvensional ini.

Alat yang digunakan pun merupakan standar medis dan higienis. Jadi, Anda tidak perlu khawatir sunat metode konvensional ini akan bermasalah. Karena tetap aman untuk dilakukan di zaman sekarang.

Teknik sunat konvensional

Adapun Teknik sunat konvensional akan menggunakan pisau bedah untuk memotong kulup kepala penis. Sebelum dieksekusi, pasien akan dibius terlebih dahulu.

Setelah itu, kulit penis kemudian diiris melingkar memakai gunting atau pisau bedah. Setelah dipotong, kulit penis pun dijahit kembali. Walhasil, bentuknya relatif lebih baik.

Kelebihan sunat konvensional

  • Rasa sakit bisa dikurangi dengan menggunakan bius lokal.
  • Risiko infeksi lebih sedikit, karena menggunakan peralatan standar medis.
  • Biaya lebih terjangkau.
  • Bisa digunakan untuk pasien hiperaktif, autisme, dan berpenis kecil.

Kekurangan sunat konvensional

  • Proses pengerjaan relatif lama, 30 – 50 menit.
  • Proses penyembuhan lebih lama.
  • Luka tidak boleh terkena air.

Biaya sunat konvensional

Untuk biaya sunat konvensional, rerataan rumah sunat dan klinik sunat mematok harga sekitar 600 ribu hingga 1 juta. Biaya tersebut sudah termasuk operasi sunat dan biaya kontrol.

Baca Juga : Fakta Sunat, Mulai dari Budaya Hingga Agama

Sunat Laser

Metode sunat modern dengan laser
Metode sunat laser masih menjadi favorit bagi sebagian orang karena lebih minim pendarahan.

Metode sunat laser memang menjadi salah satu metode sunat modern favorit. Sebab, penyembuhan sunat laser relatif lebih cepat bila dibandingkan sunat konvensional.

Metode sunat laser merupakan sunat dengan menggunakan gelombang elektromagnetik. Pisau bedah yang digunakan untuk memotong kulup akan digantikan oleh Laser CO2.

Cara sunat laser

Sunat laser bahaya? Tidak! Karena lazimnya pasien yang menggunakan metode sunat ini akan disterilkan dan dibius. Setelahnya, kulit kulup akan dijepit dan ditarik searah jam 12 dan jam 6.

Kemudian, kelebihan dari kulit yang ada dijepit melintang untuk menggunakan klem besar. Barulah, dipotong dan disesuaikan dengan bentuk penis.

Kelebihan sunat laser

  • Proses pengerjaan lebih cepat sampai 15-20 menit.
  • Hasil bentuk akhir relatif lebih bagus
  • Pendarahan tidak banyak terjadi.
  • Pemulihan hanya memakan waktu 2-3 hari.

Kekurangan sunat laser

  • Hampir tidak ada, karena segala faktor resiko minimal

Biaya sunat laser

Untuk biaya sunat laser tak terlampau jauh dengan sunat konvensional. Biaya sunat laser Jakarta misalnya dimulai di angka 650ribuan sampai 1,4 juta rupiah. Tergantung dengan tenaga ahli yang melakukan eksekusi.

Sunat Klamp

Metode sunat klamp
Metode sunat klamp menjadi salah satu favorit mama yang bisa mengurangi rasa sakit sunat si buah hati.

Untuk metode sunat klamp akan menggunakan tabung plastik khusus. Sesuai dengan ukuran penis si pasien. Dengan metode sunat terbaru ini, peran sunat laser makin tergeser.

Pada sunat metode klamp, proses tindakan sirkumsisi ini bisa mengurangi rasa sakit. Hal inilah yang membuat sunat klamp lebih disukai mama dan anak-anak dibandingkan metode sunat modern lainnya.

Cara sunat klamp

Proses ataupun cara sunat klamp dengan menjepit kulit penis (kulup) dengan salah satu alat. Lalu, kulup tersebut akan dipotong dengan pisau bedah, tanpa harus dijahit.

Setelahnya, klem kemudian dipasang pada penis selama 3-6 hari sampai luka mengering. Enaknya, dengan metode klamp Anda bisa langsung beraktivitas seusai sunat.

Kelebihan sunat klamp

  • Perdarahan minimal, tanpa jahitan maupun perban.
  • Luka khitan boleh kena air.
  • Proses cepat, hanya sekitar 7 – 10 menit.
  • Rasa sakit minimal, si kecil bisa langsung beraktivitas seperti biasa pasca khitan.

Kekurangan sunat klamp

  • Biaya lebih mahal dibandingkan metode konvensional.
  • Klamp yang menempel pada penis dapat membuat si kecil merasa tak nyaman.

Biaya Sunat klamp

Berbeda dengan biaya metode sunat lainnya, biaya sunat klamp ada di kisaran sejutaan. Yakni sekitar 1,4 jutaan.

Baca Juga : Lengkap! Begini Cara Mengatasi Ejakulasi Dini

Sunat Stapler

Metode Sunat Stapler
Metode Sunat Stapler merupakan metode sunat modern yang paling canggih saat ini.

Sunat tapler merupakan sunat modern yang canggih. Menggunakan satu alat untuk memotong dan menjahit penis.

Alat sunat stapler terdiri dari dua bagian utamanya berbentuk lonceng. Pada lonceng bagian utama untuk melindungi penis. Sementara lonceng bagian luar berfungsi untuk memotong prepusium (kulup).  Dan staples menjepit luka(seperti jahitan) dan menghentikan perdarahan.

Cara sunat Stapler

Cara sunat stapler lebih ringkas bila dibandingkan tiga cara sunat di atas. Pertama, kepala penis dimasukkan ke corong ‘Plastibell’. Posisinya, mengikuti ukuran yang telah ditentukan sebelumnya.

Selanjutnya, dengan sekali ‘firing’ maka akan dilakukan beberapa tindakan sekaligus. Mulai dari penjepitan, pemotongan kulup, dan pemasangan jahitan dengan stapler nail.

Terakhir, setelah proses sunat selesai, tempat potongan cuma di lapisi oleh lapisan Silikon tipis yang diikat oleh ‘stapler nail.  Sehingga beraktifitas selepas sunat bisa dilakukan seperti sedia kala.

Kelebihan sunat stapler

  • Waktu operasi yang lebih singkat.
  • Nyeri lebih minimal.
  • Perdarahan yang lebih minimal.
  • Prosedur yang lebih simple atau sederhana.
  • Waktu penyembuhan lebih singkat

Kekurangan sunat stapler

  • Biaya lebih mahal dibandingkan dengan metode sunat modern lainnya.

Biaya sunat stapler

Sesuai dengan teknologi yang diadopsi, biaya sunat Stapler cukup mahal. Dana tiga jutaan harus disiapkan bila Anda atau sang putra menginginkan metode sunat jenis ini.

Sunat Lem

Metode sunat lem
Metode sunat lem bisa meminimalisir adanya bekas jahitan yang sering ditemui saat menjalankan operasi sunat.

Inovasi di dunia sunat atau sirkumsisi terus berkembang. Salah satunya dengan menggunakan metode sunat lem. Pada sunat lem ini, luka khitan tak lagi dijahit melainkan ditutup dengan lem khusus.

Adapun perekat luka khitan pada sunat lem bisa beragam. Ada beberapa produk yang dijual di pasaran, seperti seperti Liquiband, Dermabond, dan lainnya.

Cara sunat Lem

Dengan metode sunat lem, pasien sunat hanya melakukan satu kali kunjungan. Pada sunat lem kulup akan dipotong, kemudian dilakukan hemostasis, lalu luka sunat direkatkan dengan lem.

Pada sunat dengan metode lem, kombinasi pengerjaan bisa dilakukan. Yakni Go-lem (kombinasi Gomco dengan lem), K-bond(kombinasi Klamp dengan lem) dan juga kombinasi laser/cauter dengan lem.

Kelebihan sunat lem

  • Bisa dilakukan hanya dengan satu kunjungan (tanpa control).
  • Tak memiliki luka jahitan
  • Minim perdarahan
  • Tidak meninggalan klamp atau perban
  • Kekurangan sunat lem
  • Metode sunat lem relatif lebih mahal dibandingkan klamp dan laser

Biaya sunat lem

Bila dibandingkan dari kepraktisan dan keunggulan sunat lainnya, biaya sunat lem tak terlampau mahal. Hanya berkisar Rp2.000.000.

Baca Juga : Awas Penyakit Kencing Nanah!!! Bisa menjangkiti Bayi Hingga Orang Dewasa

Simpulan

Dari beragam metode sunat modern yang ditawarkan, pilihan berpulang kepada Anda. Sesuaikan kocek, lalu pilih metode sunat yang sesuai dengan budget dan keinginan buah hati. Terutama yang bisa meminimalisir rasa sakit akibat proses khitan dan cepatnya penyembuhan.

Oiya, selektif juga untuk memilih rumah sunat dan klinik sunat. Cari yang terpercaya dan sudah teruji menangani beragam metode sunat  modern.