Waspadai Moluskum Kontagiosum Infeksi Kulit yang Dapat Menular

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Moluskum Kontagiosum Infeksi Kulit Menular yang Perlu Diwaspadai

moluskum kontagiosum infeksi kulit menular

Penyakit Moluscum Kontagiosum adalah sebuah penyakit infeksi kulit yang disebabkan oleh virus. Penularannya dapat melalui kontak langsung maupun tidak langsung.

Di Indonesia angka kejadian penyakit Moluskum Kontagiosum tergolong tinggi, yaitu sebesar 40,4% dari penyakit kulit lain. Moluskum Kontagiosum adalah penyakit kulit yang menyerang anak-anak dan dewasa dengan aktivitas seksual aktif. Virus ini dapat bertahan di permukaan yang telah tersentuh oleh kulit orang yang terinfeksi. Sehingga, penyakit moluskum kontagiosum dapat ditularkan penularan melalui barang yang mudah terkontaminasi seperti handuk, pakaian, mainan, atau sarung tangan, dan peralatan olahraga.

Penyakit kulit menular ini merupakan infeksi virus pada kulit yang dapat menyebabkan papula seperti mutiara atau bintil merah atau putih. Dimana infeksi virus ini lebih sering mempengaruhi anak-anak. Kondisi ini juga dapat dialami oleh pria dan wanita dewasa.

Walaupun sering terjadi pada anak-anak, akan tetapi tidak menutup kemungkinan terjadi pada orang dewasa. Dimana pada orang dewasa penyakit kulit ini dapat menyerang alat kelamin yang dapat dianggap sebagai bagian penyakit menular seksual (PMS).

Apa itu moluskum kontagiosum?

Nama ilmiah molluscum contagiosum merupakan infeksi pada lapisan atas kulit yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini menimbulkan kulit memiliki tonjolan, putih, atau berbintil seperti mutiara. Bila terjadi pada area vital atau kelamin, maka akan menjadi penyakit menular seksual (PMS).

Bintil-bintil tersebut bisa timbul di mana saja, termasuk wajah, leher, lengan, kaki, perut, hingga area genitial. Penyakit kulit juga dapat muncul sendiri atau berkelompok. Moluskum kontagiosum juga suka dijumpai di telapak tangan atau kaki.

Apabila salah satu tonjolan atau bintil jinak pada tubuh ini tergores atau terluka, infeksi bisa meluas ke area kulit sekitarnya. Moluskum kontagiosum pun meluas dan menular lewat kontak orang ke orang dan kontak dengan benda yang terinfeksi.

Penyakit kulit ini biasanya hilang dalam waktu satu tahun tanpa pengobatan, tetapi dokter juga bisa melakukan pengangkatan sebagai pilihan perawatan.

Gejala Moluskum Kontagiosum

Adapun tanda dan gejala yang dapat dirasa, antara lain:

  • Muncul benjolan berukuran sekitar 2 sampai 5 milimeter dan memiliki bintik di bagian tengah.
  • Berukuran sangat kecil, mengilap dan halus.
  • Berwarna merah muda atau putih.
  • Benjolan dapat muncul di bagian tubuh seperti wajah, kelopak mata, ketiak, badan dan paha (selangkangan), akan tetapi tidak muncul pada telapak tangan, telapak kaki dan mulut.
  • Benjolan yang muncul dapat disertai peradangan (pembengakakan dan kemerahan).
  • Dapat muncul satu atau berupa bercak sebanyak 20 buah.

Penyebab Moluskum Kontagiosum

Penyakit kulit ini disebabkan oleh virus yang memiliki nama yang sama dan termasuk ke dalam kelompok poxvirus yang menyerang sel kulit manusia. Dimana infeksi kulit tersebut dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan penderita.

Biasanya pada anak-anak dapat terinfeksi ketika bermain dengan anak lain. Sedangkan pada dewasa dapat ditularkan saat berhubungan seksual atau ketika sedang berolahraga.

Seberapa umumkah kondisi ini?

Moluskum kontagiosum adalah kondisi yang umum. Penyakit kulit ini biasa terjadi pada anak-anak, terutama anak laki-laki, dan orang dewasa muda.

Pada orang dewasa, penyakit kulit sebagian besar terjadi karena penularan melalui kontak seksual. Beberapa kasus yang lainnya dipicu oleh sistem kekebalan tubuh yang lemah atau penyakit menular lainnya.

Faktor risiko Penyakit Kulit

Adapun faktor risiko yang dapat meningkatkan terkena penyakit kulit ini, antara lain:

  • Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah
  • Orang yang memiliki dermatitis atopik
  • Orang yang tinggal di daerah beriklim tropis
  • Anak-anak yang berusia antara 1-10 tahun
  • Orang yang aktif berolahraga, dimana sering melakukan kontak fisik seperti gulat atau sepak bola.

Penanganan Moluscum Contagiousm

Selain dengan obat-obatan, penyakit Moluscum Contagiousm dapat dihilangkan menggunakan metode ini, diantaranya:

  • Terapi laser: Dimana pada metode ini, sel-sel molluscum contagiosum akan dimusnahkan dengan sinar laser
  • Cryotherapy: Dimana pada metode ini, molluscum contagiosum akan diangkat dengan terlebih dahulu dibekukan menggunakan nitrogen cair.
  • Scraping: Dimana pada metode ini, molluscum contagiosum akan dihilangkan dengan menggunakan alat pengikis yang terbuat dari logam.
  • Diathermy: Dimana pada metode ini energi panas akan akan digunakan untuk menghilangkan bintil molluscum contagiosum di kulit.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Bila Sahabat Pandawa memiliki tanda-tanda atau ciri moluskum kontagiosum yang disebutkan seperti di atas atau memiliki pertanyaan, silakan konsultasi dengan dokter ahli.

Tubuh setiap orang bertindak berbeda. Direkomendasikan untuk mendiskusikan hal ini dengan dokter ahli guna mengetahui apa yang terbaik untuk situasi Anda.

Pengobatan Moluskum Kontagiosum di Klinik Pandawa

Pasien dengan penyakit kulit Moluskum Kontagiosum yang datang ke Klinik Pandawa akan diperiksa langsung oleh dokter. Dokter akan melakukan wawancara terarah dan komprehensif terkait penyakit yang dialami.

Untuk menentukan diagnosis dan penanganan yang tepat maka dokter akan memberikan rekomendasi dan mengajak diskusi secara mendetail mengenai gejala dan tanda yang ada pada penyakit ini

Selain itu, dokter juga akan melakukan pemeriksaan laboratorium terkait penyakit Moluskum Kontagiosum yang dialami guna memastikan penyebab pada penyakit kulit ini.

Pasien-pasien yang datang ke Klinik Pandawa akan ditangani langsung oleh dokter yang telah berpengalaman dan ahli di bidangnya. 

Apabila membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis ke dokter kami melalui bit.ly/2VdMqLL atau menghubungi 0821-1141-0672/ 021-62313337  whatsapp / SMS / telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Kami yang Berpengalaman