Noda Bekas Jerawat (PIH) Pada Kulit, Bisa Dihilangkan Dalam Sekejap Ini Dia Rahasianya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Noda Bekas Jerawat Memang Bikin Kesal, Basmi Dengan Ini Saja

noda bekas jerawat

Wajah penuh noda bekas jerawat dan masalah kulit lainnya sangatlah tidak nyaman dipandang. Selain terlihat jorok, pastilah menimbulkan rasa kurang percaya diri. Otomatis, berkomunikasi dengan lawan jenis saat bertatap muka jadilah tidak nyaman. Imbasnya, mempercantik wajah jadilah suatu keharusan.

Tapi taukah Sahabat Pandawa noda kecoklatan atau hitam ini merupakan Post Inflammatory Hyperpigmentation (PIH)? Jika belum tau, Kami akan menjabarkan lengkap untuk Sahabat Pandawa. Apa itu PIH? PIH adalah noda kecokelatan atau kehitaman yang disebabkan oleh berlebihnya produksi melanin akibat inflamasi.

Ketika inflamasi berlangsung, kulit Sahabat Pandawa akan mengalami stres dan terjadi masalah kulit. Hal inilah yang membuat produksi Melanin berubah. Melanin adalah pigmen kulit yang berperan memberi warna pada rambut, kulit, dan mata manusia.

Tak bisa ditepikan, noda kecokelatan PIH pada kulit lebih sering ditemui pada orang dengan kulit sedang hingga gelap. Sebab pada pemilik kulit gelap biasanya mempunyai melanocytes (sel pemroduksi melanin) yang overactive.

Nah, salah satu yang menjadi pangkal penyebab utama inflamasi lazimnya terjadi akibat jerawat dan terpaan sinar matahari. Walhasil, noda kecokelatan PIH kerap kali dihubungkan dengan bekas jerawat dan sun spot.

Meski jerawat mulai menghilang, noda kecokelatan yang ditimbulkan pastilah akan meninggalkan bekas di wajah. Hal ini pasti juga akan menyebabkan munculnya krisis percaya diri. Menghilangkan noda bekas jerawat ini juga memerlukan treatment tersendiri.

Perbedaan Bekas Jerawat PIE dan PIH

Meski Sahabat Pandawa memiliki noda bekas jerawat yang mengganggu, identifikasi dulu apa sebenarnya mungkin sudah menggunakan berbagai produk kecantikan untuk menghilangkan bekas jerawat. Namun, terkadang rasanya seolah tidak memberikan efek apa pun. Hati- hati, mungkin ini tanda- tanda kalau Sahabat Pandawa memakai produk yang tidak cocok dengan tipe sisa jerawat yang Kawan Pandawa natural.

Ya, tiap jenis masalah kulit bekas jerawat ini memiliki penanganannya masing-masing. Begitu juga dengan bekas jerawat PIE dan PIH.

Berikut Ini Perbedaan Bekas Jerawat PIE dan PIH:

1.Warna
Metode sangat gampang buat membedakan masalah kulit PIE serta PIH yakni dilihat dari rupanya. Post Inflammatory Erythema ataupun PIE merupakan bekas jerawat yang seringnya bercorak kemerahan, merah belia, ataupun keungungan. Sebaliknya Post Inflammatory Hyperpigmentation merupakan sisa jerawat yang mencadangkan noda- noda kecokelatan ataupun kehitaman

2. Penyebab
Bekas jerawat PIE ialah hasil pelebaran pembuluh darah yang terdapat di dekat dataran kulit wajah. Perihal ini biasanya diakibatkan oleh masalah kulit seperti peradangan, akibat jerawat, sering memencet jerawat, paparan cahaya matahari, ataupun komposisi skin care yang keras.

Oleh karena posisinya amat dekat dengan permukaan kulit, maka masalah kulit peradangan mulanya akan nampak bagaikan bercak kemerahan. Masalah kulit ini sangat kerap dirasakan oleh pemilik kulit terang, tetapi bukan berarti orang dengan kulit hitam tidak dapat mempunyai PIE.

Sedangkan itu, Post Inflammatory Hyperpigmentation ataupun PIH merupakan reaksi natural kulit kala hadapi peradangan sehingga kulit memproduksi lebih banyak melanin. Melanin adalah pigmen yang memberi warna pada rambut, kulit, dan mata manusia. Ketika kulit terpapar sinar matahari, tubuh akan memproduksi melanin untuk melindungi kulit dari bahaya radiasi.

Tetapi bila melanin yang dihasilkan terlalu banyak, maka area kulit tersebut akan tampak lebih gelap daripada warna kulit di sekelilingnya. Beda dengan PIE, PIH lebih kerap ditemui pada pemilih kulit sawo matang sampai hitam.

Alasannya, orang dengan kulit hitam mengarah mempunyai sel melanosit yang lebih banyak. Tetapi lagi- lagi, ini bukan berarti pemilik kulit putih dapat bebas dari bekas jerawat PIH.

3. Perawatan
Jika Sahabat Pandawa hobi gonta-ganti skin care namun bekas jerawat masih ada, bisa jadi Sahabat Pandawa memiliki masalah kulit jenis PIE. Pasalnya, bekas jerawat PIE mengarah lebih susah ditangani dibanding PIH.

Cara Mengatasi Bekas Jerawat PIE

Masalah kulit PIE memiliki sifat meresap ke kulit karena berkaitan dengan pelebaran pembuluh darah. Tentu saja, hal ini tidak mungkin bisa diatasi hanya dengan penggunaan skin care atau produk kecantikan.

Post Inflammatory Erythema hanya dapat diatasi dengan perawatan kecantikan di dokter spesialis kulit dan kelamin (Sp.KK) atau ahli kecantikan tersertifikasi. Beragam pilihan penanganan mengatasi bekas jerawat PIE dan masalah kulit lain di antaranya:

  • Laser.
  • Microneedling, dapat meningkatkan dan menggantikan sel-sel yang rusak dengan yang baru, khususnya pada jaringan pembuluh darah.

Cara Mengatasi Bekas Jerawat PIH

Masalah kulit seperti bercak bekas jerawat PIH diakibatkan oleh produksi melanin berlebih, maka metode terbaiknya yaitu dengan meningkatkan pergantian sel- sel kulit baru agar pigmentasi cepat memudar. Pilih produk kecantikan yang memiliki AHA, niacinamide, hydroquinone, ataupun vit C buat menanggulangi bekas jerawat PIH.

Alpha Hydroxy Acids atau AHA merupakan sejenis eksfoliator yang dapat membantu mempercepat regenerasi sel kulit wajah. Apabila dipakai dengan betul, AHA bisa memudarkan bekas jerawat PIH hingga menyamai corak kulit awal.

Sebaliknya hydroquinone merupakan agen bleaching atau pemutih yang bisa menolong menyembunyikan hiperpigmentasi pada kulit. Seperti pula dengan vit C, tipe vitamin ini diyakini bisa menolong mencegah, meremajakan, serta membuat kulit lebih terang.

Tidak hanya dengan produk kecantikan, mikrodermabrasi pula jitu menanggulangi bekas jerawat PIH. Mikrodermabrasi bisa menolong menghambat produksi melanin berlebih serta menyamarkan tekstur dan corak kulit semula.

Cara Penanganan Bekas Jerawat di Klinik Pandawa

Di Klinik Pandawa treatment Nanopore Stylush 02 Microneedling akan dipakai sebagai solusi untuk menghilangkan jerawat dan noda bekas jerawat serta masalah kulit lainnya..

Prosedur perawatan Nanopore stylush 02 Microneedling di Klinik Pandawa tidak memakan waktu yang lama. Sebelum tindakan, bagian wajah akan di anestesi krim terlebih dahulu. Setelahnya, aplikator tip pin akan diletakan pada area noda bekas jerawat.

Untuk melengkapi treatment Nanopore styush 02, pemakaian serum khusus, krim, chemical peeling juga efektif membantu menghilangkan noda bekas jerawat.

Beragam alat canggih untuk menangani masalah kulit dan mempercantik wajah dimiliki seperti Dermalinfusion Silkpeel, Nano Pore, dan Celluma Series, menjadikan klinik ini terdepan di dunia kecantikan.

Apabila Sahabat Pandawa sedang mengalami masalah jerawat yang membandel dan ingin bebas dari noda bekas jerawat, jangan ragu untuk berkonsultasi online (gratis) dengan Klinik Pandawa. Klinik Pandawa spesialis ahli mengatasi masalah jerawatmu. Sahabat Pandawa  juga bisa menghubungi layanan konsultasi online kami melalui nomor 0821-1141-0672/ 021-62313337  whatsapp / SMS / telp. Kami dengan senang hati melayani. Segala rahasia medis terjamin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Kami yang Berpengalaman