pap smear apa itu

pap smear apa itu?

Diposting pada

Pap Smear Apa Itu?

Pap smear apa itu? Pap smear merupakan prosedur tes dengan menggunakan pemeriksaan mikroskopis sel yang diambil dari serviks uterus. Kanker serviks merupakan penyebab keempat paling umum terjadinya kematian di kalangan wanita di seluruh dunia. Oleh karena itu, diperlukan deteksi dini untuk kanker serviks dengan cara pemeriksaan Pap Smear. Pemeriksaan ini merupakan bagian penting dari perawatan kesehatan rutin wanita.

Penyaringan kanker serviks (skrining) dapat membantu mengurangi angka kejadian kanker serviks. Adanya skrining ini dapat mendeteksi kemungkinan proses pra kanker dan kanker di serviks (pembukaan uterus atau rahim). Temuan abnormal dari pemeriksaan ini sering ditindaklanjuti oleh prosedur pemeriksaan yang lebih sensitive dan perencanaan yang bertujuan untuk mencegah perkembangan ke kanker serviks. Pap smear biasanya dilakukan bersamaan dengan pemeriksaan panggul.

Tujuan pap smear

Tujuan pap smear adalah sebagai berikut :

  1. Untuk mendeteksi sel-sel tidak normal yang dapat berpotensi berkembang menjadi kanker, jika tidak segera ditangani.
  2. Untuk mendeteksi kemungkinan perubahan pra kanker (cervical intraephitelial neoplasia (CIN) atau dysplasia serviks)
  3. Untuk menggambarkan adanya kelainan yang disebabkan oleh HPV (human papillomavirus), virus DNA yang ditularkan secara seksual.
  4. Untuk mengetahui tingkat keganasan kanker serviks

Manfaat pap smear

Manfaat pap smear adalah :

  1. Untuk mendeteksi secara dini adanya kanker serviks
  2. Dapat mendeteksi infeksi virus tertentu seperti HPV dan kelainan pada endoserviks dan endometrium, yang dapat menyebabkan kanker serviks.
  3. Dapat menemukan kondisi non-kanker, seperti infeksi dan peradangan.

Pemeriksaan kanker serviks dapat dilakukan di Rumah Sakit, Klinik, atau pusat kesehatan masyarakat. Prosedur pemeriksaan Pap Smear ini dilakukan dengan cara memasukkan alat (speculum) ke dalam vagina yang bertujuan untuk membuka/memperlebar lubang vagina. Sehingga bagian atas vagina dan leher rahim dapat dilihat. Prosedur ini memiliki tujuan untuk mengambil sampel sel-sel serviks dengan scraper kayu atau plastic dan dapat juga menggunakan sikat serviks.  Untuk menganalisa hasil pap smear bisa dengan tekhnik konvensional dan uji sitologi C. Dalam tes Pap konvensional. Specimen (smear atau sample) di tempatkan pada kaca slide mikroskop dan ditambahkan fiksatif (larutan untuk mempertahankan pembentukan jaringan atau sel). Dalam uji sitologi C  berbasis cairan otomatis, sel serviks yang dikumpulkan dengan sikat atau instrument lain ditempatkan dalam botol pengawet cair. Kemudian slide atau botol tersebut dikirim ke laboratorium untuk dianalisis.
Klinik Pandawa
Telepon : 0813-8635-7761
Email : pandawaklinik@gmail.com

Kapan perlu dilakukan tindakan pap smear?

Tindakan pap smear perlu dilakukan pada  wanita yang menikah di usia muda (20 tahun), pernah melakukan hubungan seksual pada usia < 20 tahun, wanita yang melahirkan > 3 kali, dan pemakaian alat kontrasepsi yang sudah melebihi 5 tahun (terutama untuk IUD atau kontrasepsi hormonal. Indikasi lain dilakukannya tindakan pap smear adalah ketika seoramg wanita memiliki riwayat dugaan positif kanker serviks, telah melalukan pemeriksaan pap smear dan ditemukan sel pra kanker pada serviks, terpapar obat hormone selama kehamilan, menderita HIV, penurunan kekebalan tubuh akibat dari prosedur transplantasi organ atau penggunaan jangka panjang obat golongan kortikosteroid, keputihan dan nyeri hingga keluar darah saat berhubungan seksual.

Hal yang harus dihindari saat akan melakukan pemeriksaan pap smear adalah saat menstruasi dan bisa dijadwalkan ulang lagi untuk pemeriksaan, dalam jangka waktu 3 hari sebelum pemeriksaan jangan membersihkan vagina dengan douche (cairan pembersih vagina). Dalam 2 hari sebelum pemeriksaan tidak berhubungan seksual, hindari penggunaan tampon, tidak menggunakan alat kontrasepsi dalam bentuk cream, serbuk ataupun penggunaan obat-obatan vagina. Hal tersebut sebaiknya dihindari sebelum melakukam pemriksaan pap smear, karena dapat menghilangkan atau mengaburkan sel-sel abnormal ketika pemeriksaan. Sebaiknya anda mengosongkan kandung kemih sebelum melakukan pap smear, untuk kenyaman pasien selama pemeriksaan.

Pada awal pemeriksaan, sebaiknya pasien menginformasikan kepoada dokter/pemeriksa terkait riwayat kesehatan saat ini. Informasikan jika anda sedang atau mungkin hamil, memiliki masalah pada organ reproduksi atau saluran kencing, penggunaan alat kontrasepsi, telah menjalani operasi atau prosedur lain yang mungkin berkaitan dengan organ reproduksi (vagina, leher Rahim, atau pun vulva). Beritahukan kepada dokter bahwa ini merupakan pemeriksaan pap smear yang pertama (jika sebelumnya belum pernah melakukan pemeriksaan pap smear).

Pap smear sebaiknya jangan hanya dilakukan 1 kali, namun pemeriksaan perlu dilakukan pengulangan. Pada wanita usia 21 tahun sampai 29 tahun, harus melakukam pemeriksaan pap smear setiap 3 tahun sekali. Sedangkan untuk wanita usia 30 sampai 65 tahun wajib melakukan pemeriksaan pap smear setiap 5 tahun sekali diserta dengan pemeriksaan HPV. Tes HPV ini berguna untuk mencari adanya virus HPV pada jaringan serviks yang menandakan adanya infeksi virus HPV dan memiliki resiko terjadinya kanker serviks.

Pemeriksaan ini bisa dihentikan apabila telah menjalani histerektomi total (operasi pengangkatan rahim beserta dengan leher rahim) yang tidak ada indikasi sel kanker, seperti uterine fibroid. Namun apabila histerektomi total yang dilakukan atas indikasi adanya kondisi prakanker atau kanker serviks, maka dokter dapat merekomendasikan melanjutkan pap smear secara rutin. Pada usia lebih tua, umumnya dokter akan mempertimbangkan penghentian tes pap rutin di usia 65 tahun. Jika tes sebelumnya menunjukkan hasil negative untuk kanker serviks. Namun, bila anda dan pasangan secara aktif melakukan aktivitas seksual, maka mungkin dokter akan menyarankan untuk tetap melanjutkan tes Pap.

Klinik Pandawa merupakan salah satu Klinik pengobatan kulit dan kelamin terbaik di Jakarta. Anda dapat berkonsultasi secara online dan gratis kepada kami dengan cara klik link www.konsultasi.klinikpandawa.com atau dengan chat di nomor WA 081386357761. Anda juga dapat datang langsung ke Klinik Pandawa dan langsung berkonsultasi dengan dokter yang telah berpengalaman dan ahli dalam bidangnya. Didukung dengan perawat dan apoteker yang telah berpengalaman, serta pelayanan yang ramah dengan biaya yang terjangkau, ruang berkonsultasi yang nyaman dan full AC, ruang tunggu dan lahan parkir yang luas dan aman, setrta meydiakan WiFi gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *