Pemeriksaan Pap Smear Sebelum Menikah Wanita Perlu Tahu

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

pemeriksaan pap smear

 

Pemeriksaan pap smear masih kurang dikenal diberbagai kalangan. Pengecekan yang berkaitan dengan organ reproduksi wanita perlu dilakukan meski Anda belum menikah, seperti dengan pemeriksaan pap smear ini. Pemeriksaan seputar reproduksi kerap dianggap sebelah mata dan sering diabaikan. Karena itu bagi Anda yang belum menikah, baiknya mengenal lebih jauh apa itu pap smear dan pentingnya pemeriksaan pap smear. Dengan Anda melakukan pengecekan awal, kemungkinan dapat mencegah hal buruk jauh lebih cepat.

 

Kenali dulu Apa itu Pap Smear?

Pap smear alias Pap test yaitu metode pemeriksaan yang dilakukan guna mendeteksi ada atau tidaknya kanker leher rahim atau kanker serviks. Pemeriksaan pap smear sebelum menikah ini dilakukan untuk mendeteksi kanker serviks sedini mungkin, sehingga dapat segera diobati. Rutin melakukan pap smear juga bisa memastikan kondisi jaringan serviks yang ada pada organ reproduksi Anda.

Dengan mengetahui kondisi jaringan serviks, dokter bisa membantu memprediksi apakah ada bibit munculnya kanker atau tidak dalam waktu yang akan datang.

 

Waktu Tes

Pap smear dianjurkan untuk dilakukan secara rutin, terutama bagi wanita yang sudah berusia di atas 21 tahun. Pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan setiap tiga tahun sekali. Tes pap smear bisa dilakukan lebih sering pada orang yang memiliki faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker serviks. Faktor-faktor yang harus diwaspadai adalah mengidap infeksi HIV, mengalami gangguan sistem imun, serta ada lesi prakanker pada hasil pap smear yang dilakukan sebelumnya.

Wanita yang berumur di atas 30 tahun serta mempunyai hasil pap smear yang wajar dalam tiga kali tes berturut-turut, dapat menjalani pemeriksaan ini lima tahun sekali saja. Sementara bagi wanita yang sudah berusia di atas 65 tahun, serta memiliki hasil pemeriksaan yang normal dapat menyudahi pemeriksaan pap smear.

 

Tujuan Pemeriksaan Reproduksi bagi kesehatan Miss V

Beberapa tujuan dari pemeriksaan pap smear yaitu :

  • Sebagai deteksi awal pertumbuhan sel-sel yang akan menjadi kanker
  • Mengetahui normal atau tidaknya sel-sel di serviks
  • Mendeteksi perubahan prakanker pada serviks
  • Mendeteksi infeksi-infeksi diakibatkan oleh virus urogenital serta penyakit-penyakit yang ditularkan lewat hubungan seksual guna mengenli dan mendeteksi sel abnormal yang terdapat hanya pada lapisan luar dari serviks dan tidak menginvasi bagian dalam
  • Untuk mengetahui tingkat keganasan kanker serviks.

 

 

Prosedur Tes

Saat menjalankan tes ini, Anda diminta untuk berbaring di meja periksa dengan posisi kedua kaki dilebarkan sambil menekuk lutut. Setelah itu dokter memasukkan alat bernama spekulum untuk membuka Miss V dan menorehkan sikat halus atau kapas ke leher rahim untuk mengumpulkan sel. Kemudian sel ini akan diperiksa di bawah mikroskop. Anda tidak perlu takut karena pemeriksaan ini tidak menyakitkan, hanya saja rasanya agak tidak nyaman.

Selain mendeteksi kanker, tes ini juga bisa digunakan untuk melihat ada atau tidak kelainan pada organ reproduksi wanita, misalnya peradangan dan infeksi lainnya.

Saat sebelum melaksanakan pengecekan pap smear, Anda tidak diizinkan untuk melakukan hubungan intim setidaknya selama dua hari. Prosedur tes ini biasanya akan dilakukan oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Setelah melakukan tes ini, Anda bisa melakukan aktivitas seperti biasanya dan tanpa adanya pantangan khusus. Setelah hasil pemeriksaan keluar dan ternyata ditemukan ada sel-sel abnormal, Anda dianjurkan untuk menjalani pemeriksaan lanjutan. Salah satu pemeriksaan lanjutan yang bisa dilakukan adalah biopsi, yaitu prosedur yang dilakukan untuk mengambil sampel sel yang dicurigai sebagai sel kanker.

 

Manfaat Melakukan Tes Pap Smear bagi Kesehatan Miss V

Sebenarnya, apa manfaat pap smear bagi kesehatan? Berikut beberapa di antaranya:

  • Mendeteksi Terjadinya Penyakit Menular Seksual

Pasalnya masih sedikit orang yang mengenali bila salah satu penyebab pentingnya pemeriksaan pap smear untuk kesehatan Miss V adalah membantu mendeteksi terjadinya penyakit menular seksual yang tentu saja membahayakan bagi kesehatan karena dampak infeksi yang ditimbulkan. Meski hal ini tidak selalu terjadi, tetapi tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan demi menghindari risiko ini.

 

  • Mengetahui Terjadinya Radang pada Miss V

Terdapat dua hasil dalam pengecekan reproduksi ini, yaitu normal dan tidak normal. Salah satu penyebab hasil test tidak normal yaitu terjadinya radang pada leher rahim. Namun, hingga dokter menyampaikan bahwa radang yang terjadi bersifat tidak berbahaya, Anda tak perlu khawatir. Umumnya, dokter hendak menganjutkan untuk melaksanakan pengecekan lanjutan terkait terjadinya radang pada Miss V ini.

 

  • Mendeteksi Perubahan pada Serviks

Manfaat pap smear bagi kesehatan Miss V selanjutnya yakni membantu mendeteksi adanya perubahan pada serviks, atau yang sering disebut dengan dysplasia. Perubahan ini akan menuju pada potensi terbentuknya sel-sel kanker pada leher Rahim. Nantinya, hasil pemeriksaan akan digunakan oleh dokter sebagai acuan untuk memberikan tindakan lanjut dalam mencegah dan mengatasi perubahan tersebut sebelum menjadi sel kanker yang berbahaya.

 

  • Mendeteksi Adanya Infeksi pada Miss V

Salah satu pemicu terbentuknya infeksi pda Miss V adalah adanya bakteri Actinomyces. Nah, agar bisa mendeteksi kemunculannya pada Miss V, Anda akan disarankan untuk melakukan pap smear. Biasanya, wanita yang menggunakan IUD akan lebih berisiko terserang infeksi ini. Dokter pun akan menyarankan untuk mengonsumsi antibiotik atau menghentikan penggunaan IUD.

Nah, demikan beberapa hal yang wajib Anda ketahui mengenai pemeriksaan pap smear. Jangan pernah takut menjalaninya, sebab deteksi dini akan sangat baik dan dapat mencegah terlambatnya penanganan.

 

Pentingnya Melaksanakan Tes

Perihal pemeriksaan ini tidak boleh dianggap ringan dan sepele sebab pemeriksaan pap smear sangat bermanfaat untuk mengetahui secara rinci diagnosis dini keganasan kanker serviks, kanker korpus endometrium, keganasan tuba fallopi, dan mungkin keganasan ovarium dan berguna sebagai perawatan setelah operasi, kemoterapi, dan radiasai serta berguna untuk menentukan proses peradangan pada berbagai infeksi bakteri dan jamur. Oleh karena itu perlu segera konsultasikan ke dokter yang ahli dan berpengalaman agar dapat ditangani segera dengan cara yang tepat.

 

Pemeriksaan Di Klinik Pandawa Jakarta

Nah, demikan beberapa hal yang wajib Anda ketahui mengenai pemeriksaan pap smear. Jangan pernah takut menjalaninya, sebab deteksi dini akan sangat baik dan dapat mencegah terlambatnya penanganan.

Kami Klinik Pandawa Jakarta memiliki banyak pasien yang telah melakukan pemeriksaan Pap Smear maupun Kolposkopi. Apabila membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis ke dokter kami melalui link layanan atau menghubungi 0821-1141-0672/ 021-62313337 Whatsapp / SMS / telp.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Paste your AdWords Remarketing code here
klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Kami yang Berpengalaman