Penyebab Penis Terasa Gatal, Waspada Penyakit Menular Ini !

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Penis Terasa Gatal Waspada Penyakit Menular Seksual Ini

penis terasa gatal

Penis Terasa Gatal Waspada Penyakit Menular Seksual Ini

Penis terasa gatal sering di alami oleh tiap pria. Rasa gatal yang diberikan menimbulkan rasa yang tidak nyaman dan berpotensi mengganggu kesehatan pria. Namun, kondisi ini sering diabaikan. Terkadang penis gatal juga menjadi indikasi adanya penyakit menular seksual yang berbahaya. Penyebab penis terasa gatal kemungkinan pula disebabkan oleh berbagai hal lainnya, seperti infeksi jamur, kudis, pakaian dalam yang terlalu ketat, reaksi alergi, hingga adanya gesekan pada kulit.

Dasarnya, penis terasa gatal dapat diobati sesuai dengan penyebabnya. Gatal pada penis bisa diobati dengan obat bebas. Apabila gatal tak kunjung reda, bisa jadi ada pemicu lain yang perlu mendapat pemeriksaan dan pantauan dokter salah satunya penyakit menular seksual.

Dengan begitu, ketahuilah beberapa faktor yang penyebab penis terasa gatal. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa faktor yang menyebabkan gatal pada area vital pria:

 

Penyebab Penis terasa gatal

  • Kandidiasis

Infeksi jamur yang disebabkan oeh jamu Candidiasis ini dapat dilihat dari gejalanya seperti pembengkakakn penis, ruam kemerahan, keluarnya cairan kental dari balik kulup, aroma tak tidak sedap, rasa sakit saat melakukan hubungan seksual, nyeri saat berkemih dan kesulitan saat menariknya kembali.

Risiko mengalami infeksi seperti ini akan menambah pada orang-orang yang sering mengenakan pakaian ketat, seperti celana pendek dari bahan lycra atau denim;  pengidap HIV, obesitas, diabetes tipe 1 dan 2; menurunya sistem kekebalan tubuh; sedang mengonsumsi antibiotik yang membunuh bakteri baik, yang biasanya mampu menekan pertumbuhan candida; maupun berhubungan seksual dengan orang yang sedang mengalami infeksi jamur.

  • Penyakit Menular Seksual

Baik penyakit Gonore atau kencing nanah dan penyakit klamidia dapat menimbulkan bau tak sedap di area vital. Pada penyakit klamidia, ciri-ciri infeksinya seperti keluarnya cairan atau sekret yang jernih atau keruh dari ujung penis, rasa nyeri saat berkemih, sensasi gatal dan panas di ujung penis, nyeri dan bengkak di area testis.

Sementara penyakit menular seksual gonore atau kencing nanah dilihat dari cairan putih keruh yang keluar dari penis, rasa nyeri dan panas saat kencing juga terjadi peradangan di kulit penis.

  • Herpes Genital

Herpes genital termasuk penyakit menular seksual yang disebabkan oleh virus Herpes Simplex. Sementara, gatal di area vital, herpes juga dapat menyebabkan rasa gatal pada penis. Virus herpes seringkali dorman di dalam tubuh dan gejala seringkali muncul saat daya tahan tubuh sedang lemah.

  • Kutil Kelamin

Kutil pada kelamin timbul seperti kembang kol atau jengger ayam yang warnanya sama seperti kulit. Penyebabnya adalah Human Papillomavirus (HPV) dan menjadi salah satu penyakit menular seksual. Kutil di penis dapat menimbulkan rasa gatal mengganggu, dan kadang bisa berdarah saat bersenggama.

  • Psoriasis

Psoriasis adalah gangguan kulit akibat penyakit autoimun yang dapat pada seluruh bagian kulit, termasuk kulit di area vital. Reaksi autoimun menyebabkan pertumbuhan kulit yang cepat sehingga sel kulit menumpuk. Psoriasis tampak seperti daerah kemerahan bersisik pada kulit yang gatal.

  • Kudis

Penyakit kulit yang menular ini diakibatkan oleh tungau yang sering menginfeksi daerah lipatan kulit yang lembap. Tungau berjalan di bawah kulit, membuat terowongan-terowongan kecil. Hal inilah yang menyebabkan gatal, terutama pada malam hari.

  • Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak merupakan suatu reaksi peradangan pada kulit yang disebabkan oleh paparan dengan bahan atau zat tertentu. Ini berarti penis gatal juga dapat terjadi jika bersentuhan dengan sabun mandi, busa dari sampo, dan bahan karet. Iritasi atau peradangan di daerah sekitar selangkangan bisa menyebar ke bagian.

Gejala yang muncul tidak hanya gatal tapi juga ruam kemerahan di daerah sekitar penis, nyeri, dan bahkan kulit sekitar penis terkelupas. Tetapi, gejala awal dan yang paling sering muncul adalah rasa tidak nyaman atau gatal-gatal.

  • Pubic Lice

Merupakan sebuah parasit yang menempel pada rambut kemaluan manusia. Kondisi ini bias menjadi penyebaran penyakit menular seksual biasanya menular dengan orang yang terinfeksi. Gejalanya adalah gatal pada area pubis dan juga bercak darah atau bercak hitam pada celana dalam yang berasal dari feses dari kutu tersebut.

  • Urine

Hal yang jarang sekali diperhatikan dan kerap disepelekan oleh kaum pria, yaitu kebiasaan setelah buang air kecil. Terkadang, urine masih tersisa beberapa tetes, namun sudah buru-buru memakai celana dalam kembali. Hal tersebut bisa menimbulkan iritasi dan gatal pada penis.

Tidak hanya itu, sisa urine yang menempel pada celana dalam juga bisa menjadi media yang baik untuk bakteri berkembang biak. Infeksi akan terjadi bila celana dalam tersebut digunakan terus-menerus tanpa diganti.

  • Sititis

Sistitis atau yang biasa disebut dengan infeksi saluran kemih merupakan sebuah peradangan pada kandung kemih. Penis terasa gatal dan panas adalah tanda awal dari sistitis.

Bila tak segera ditangani, maka akan ada tanda lainnya yang timbul, seperti sering kencing, merasa sakit saat berhubungan seksual, muncul bercak putih atau darah pada urin dan bau yang menyengat, dan demam dan sakit pada perut bagian bawah.

Penis terasa gatal akibat infeksi dapat terjadi secara berulang apabila pengobatan tidak tuntas. Apabila gatal pada area kelamin disebabkan oleh infeksi penyakit menular seksual, disarankan agar pengobatan dilakukan juga kepada pasangan, sehingga tidak tidak menyebabkan penularan kembali. Rutin menjaga kebersihan diri dan penis serta menjalani pola hidup sehat umumnya dapat membantu mencegah keluhan penis terasa gatal.

 

Bahaya Penyakit Menular Seksual

Seperti namanya, penyakit menular seksual sangat berbahaya. Berbagai macam penyakit dan komplikasi serius dapat mengancam penderitanya.

Penyakit ini bisa memengaruhi tingkat kesehatan seseorang dan kondisi kesehatan reproduksi pada khususnya, mengingat penyakit menular seksual ini berkaitan langsung dengan sistem reproduksi manusia.

Parahnya lagi, penyakit ini bisa menyebabkan kematian. Apalagi, penyakit menular seksual ini juga dapat menyerang seseorang yang dalam kondisi sehat ketika secara tidak sadar terinfeksi penyakit ini melalui hubungan intim dengan pengidap penyakit kelamin tersebut.

Kemudian, jika Anda mengidap salah satu dari Penyakit menular seksual, jangan Anda anggap bahwa Anda hanya terserang satu penyakit itu saja. Bisa jadi Anda juga terinfeksi penyakit menular seksual lainnya, meski gejala yang timbul baru mengarah kepada satu penyakit ini. Hal ini lantaran setiap virus dan bakteri memiliki masa inkubasi yang berbeda-beda dan berbahaya.

 

Penanganan Penyakit Menular Seksual di Klinik Pandawa

Penis terasa gatal memang tidak menyenangkan. Segeralah lakukan pemeriksaan ke dokter. Kemungkinan itu pertanda adanya infeksi menular seksual. Klinik Pandawa menyediakan penanganan untuk penyakit menular seksual yang Anda alami.

Apabila Anda masih memiliki pertanyaan seputar penis terasa gatal, dapat bertanya langsung kepada konsultasi dokter online gratis melalui layanan konsultasi atau hubungi 0821-1141-0672 (WA/ TLP/SMS). Kami siap melayani

One Response

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *