PENYAKIT KARBUNKEL (BISUL KULIT): GEJALA, BAHAYA, FAKTOR RISIKO DAN PENGOBATAN

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Penyakit Karbunkel merupakan kumpulan bisul yang berada di satu area berbentuk lebih besar dan memerah.

 

Penyakit Bisul (abses) dapat dialami oleh semua orang dan tak memandang bulu. Dari orang-orang muda yang sehat, bugar, terutama mereka yang hidup bersama dalam kelompok seperti asrama dan berbagi barang-barang seperti seprei, handuk, atau pakaian. Selain itu, orang-orang dari segala usia dapat terkena karbunkel (bisul-bisul) dari iritasi atau lecet pada permukaan kulit yang disebabkan oleh pakaian ketat, mencukur, atau gigitan serangga, terutama di daerah tubuh dengan keringat berat.

Abses kulit terjadi ketika nanah terkumpul di folikel rambut, jaringan kulit, atau di bawah kulit. Penyakit furunkel, juga dikenal sebagai bisul atau infeksi menyakitkan yang terbentuk di sekitar folikel rambut dan mengandung nanah. Furunkel atau yang disebut juga dengan bisul adalah  merupakan abses kulit yang dihasilkan dari infeksi stafilokokus. Mereka mempengaruhi folikel rambut dan jaringan sekitarnya.

Sedangkan karbunkel adalah kelompok furunkel yang bergabung bersama di bawah kulit, mempengaruhi lapisan yang lebih dalam dan dapat menyebabkan jaringan parut dikarenakan infeksi yang lebih parah. Seperti apa jelasnya, mari kita simak di bawah ini.

 

Apakah yang Dimaksud dengan Penyakit Karbunkel?

Penyakit karbunkel adalah infeksi yang terjadi pada kulit dan berisi nanah. Infeksi karbunkel ini biasanya terjadi jauh di dalam kulit dan mempengaruhi folikel rambut disebut juga dengan infeksi staph. Carbunculosis adalah nama lebih dari satu caruncle, kondisi ini dapat menyebabkan jaringan parut permanen pada kulit dan mudah menginfeksi bagian tubuh lainnya dan orang lain.

Singkatnya, penyakit karbunkel merupakan kumpulan bisul yang berada di satu area berbentuk lebih besar dan mendidih, berukuran hingga 4 inci. Karbunkel biasanya memiliki satu atau lebih bukaan yang mengalirkan nanah ke kulit.

Karbunkel dapat berkembang di mana saja, tetapi mereka paling umum tumbuh di bagian punggung dan tengkuk leher.

Karbunkel dapat teraba dan berkisar dalam ukuran sekecil kacang atau sebesar bola golf. Ketika infeksi datang berkembang, kemungkinan gatal dapat terjadi. Mungkin ada iritasi kulit, dan area tersebut bisa jadi terasa nyeri saat disentuh. Dan, gejala yang lebih parah seperti kelelahan, demam, menggigil, dan malaise.

 

Apa Saja Gejala dari Penyakit Karbunkel (Bisul)?

Gejala yang paling jelas dari sebuah karbunkel adalah benjolan merah yang teriritasi di bawah kulit. Terasa menyakitkan saat disentuh dan memiliki besar berkisar dari ukuran kacang hingga ukuran medium dan menyebabkan pembengkakan. Gejala lain dapat berupa :

  • Gatal sebelum nodus (bisul) muncul
  • Sakit pada area yang memiliki karbunkel dan sekitarnya
  • Kelelahan
  • Demam
  • Kulit pecah-pecah atau oozing
  • Biasanya nanah terjadi dalam sehari setelah pembentukan carbuncle
  • Karbunkel sangat mungkin tumbuh di punggung, paha, atau belakang leher. Sering terjadi dan berpotensi pada laki-laki daripada perempuan, terutama pada laki-laki yang lebih tua dengan kesehatan yang buruk atau sistem kekebalan yang lemah.
  • Infeksi carbuncle cenderung lebih dalam dan lebih parah daripada yang disebabkan oleh furunkel.
  • Risiko jaringan parut lebih tinggi, dan membutuhkan waktu lebih lama untuk berkembang dan pulih dari furunkel.

 

Apa Saja Penyebab dari Timbulnya Penyakit Karbunkel (Bisul)?

Penyebab terjadinya penyakit karbunkel dikarenakan oleh tumbuhnya sekelompok bisul yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang menjadi semakin parah. Infeksi bakteri tersebut dikenal juga dengan Staphylococcus aureus atau Streptococcus pyogenes.

Kehadiran karbunkel adalah tanda bahwa sistem kekebalan tubuh sedang aktif melawan infeksi. Dan infeksi dapat menular atau menyebar ke area lain di tubuh dan orang lain. Tinggal di tempat yang sama dengan orang yang terkena penyakit karbunkel dapat mengembangkan bisul juga pada saat yang bersamaan.

Pada awal abad 21, infeksi yang melibatkan methicillin-resistant staphylococcus aureus (MRSA) sudah menjadi lebih umum. Goresan dan cedera kulit lainnya dengan mudah membuat bakteri masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan infeksi yang dapat menyebabkan sejumlah borok berisi cairan nanah yang mengandung jaringan mati tumbuh dengan mudah.

Bagian tubuh yang lembab juga sangat rentan terhadap infeksi ini karena bakteri berkembang di area tersebut. Ini sering terjadi pada tubuh bagian:

  • Hidung
  • Mulut
  • Paha
  • Ketiak
  • Bokong

Infeksi dapat menyebabkan gejala tubuh umum seperti demam dan perasaan tidak sehat seperti lemah dan lelah. Pemicu yang membuat infeksi karbunkel lebih mungkin terjadi yaitu :

  • Kejadian folikulitis
  • Gesekan dari pakaian atau bercukur
  • Memiliki rambut yang ditarik keluar
  • Kebersihan yang buruk
  • Nutrisi yang buruk
  • Kekebalan tubuh yang melemah
  • Memiliki ingeksi pada bagian tubuh tertentu
  • Kesehatan yang buruk dapat menjadi faktor predisposisi misalnya, orang dengan diabetes dan penyakit sistem kekebalan tubuh

Faktor resiko yang dapat meningkatkan terjadinya penyakit karbunkel yaitu dengan melakukan kontak langsung dengan seseorang yang memiliki Carbuncle. Faktor-faktor berikut juga dapat meningkatkan risiko berkembangnya suatu karbunkel (bisul) yaitu:

  • Kebersihan yang buruk
  • Diabetes
  • Sistem kekebalan tubuh yang lemah
  • Infeksi kulit
  • Penyakit ginjal
  • Penyakit hati
  • Bercukur dan aktivitas lain yang merusak kulit

 

Apa Saja Komplikasi Atau Bahaya Penyakit Karbunkel (Bisul) Apabila Tidak Segera Diobati?

Apabila penyakit karbunkel tidak segera diobati maka dapat menyebabkan:

  • Bakteri dari karbunkel yang lolos ke aliran darah dan menyebabkan komplikasi serius, seperti sepsis (keracunan darah) dan infeksi di bagian lain tubuh yaitu paru-paru, tulang, sendi, jantung, dan sistem saraf pusat.
  • Sepsis merupakan infeksi yang sangat luar biasa yang bisa terjadi pada tubuh dan merupakan keadaan darurat medis yang dapat berakibat fatal jika tidak ditangani.
  • Dapat menyebabkan bekas luka yang semakin membesar.
  • Bakteri di dalam bisul yang menyebar ke bagian lain tubuh dan memicu infeksi sekunder.
  • Terjadinya selulitis atau infeksi sekunder yang dapat terjadi pada lapisan kulit yang lebih dalam.
  • Timbulnya infeksi yang semakin parah ditandai dengan adanya gejalanya menggigil, demam, denyut jantung cepat, dan perasaan sangat sakit.
  • Infeksi sekunder yang dapat terjadi meliputi :
    septic arthritis – infeksi pada sendi
    osteomyelitis – infeksi yang berkembang di dalam tulang
    endocarditis – infeksi lapisan bagian dalam jantung
    septikemia – infeksi pada darah
    abses otak – kumpulan nanah berkembang di dalam otak
  • Terjadinya trombosis sinus mata yang berpotensi mengancam jiwa. Hal ini terjadi ketika infeksi memicu bekuan darah di ruang belakang rongga mata dan bekuan mulai meningkatkan tekanan pada otak

 

Bagaimana Diagnosis Atau Pengobatan Terhadap Penyakit Karbunkel?

Penegakan diagnosis penyakit karbunkel dapat ditentukan berdasarkan anamanesis atau riwayat kesehatan pasien dan pemeriksaan fisik. Dokter biasanya dapat mendiagnosis karbunkel dengan melihat kulit dan melakukan tes nanah yang diambil untuk analisis laboratorium.

Penting untuk mengetahui berapa lama anda menderita karbunkel dan gejalan apa yang anda miliki sebelumnya. Terjadinya bisul (karbunkel) dapat menjadi tanda masalah kesehatan lainnya seperti diabetes. Oleh sebab itu dokter mungkin akan melakukan tes urin atau tes darah untuk memeriksa kesehatan anda secara umum.

Perihal pengobatan penyakit karbunkel ini membutuhkan penanganan dan pengobatan yang tepat dari tenaga kesehatan yang profesional serta terlatih pada bidangnya. Pengobatan secara medis tidak dapat dilakukan sendiri tanpa pengawasan dokter, oleh karena itu dibutuhkan pemeriksaan dan pengujian lebih lanjut terhadap penyakit agar didapatkan hasil yang akurat dan penanganan yang tepat.

 

Bagaimanakah Penanganan Penyakit Karbunkel (Bisul) Yang Efektif Dan Tepat Di Klinik Pandawa?

Kami klinik pandawa Jakarta memiliki banyak pasien dengan penyakit karbunkel (bisul) disertai berbagai komplikasi dan penyebab. Klinik Pandawa juga memiliki dokter ahli dan berpengalaman dalam menangani penyakit karbunkel (bisul) ataupun penyakit kulit dan kelamin lainnya.

Banyak pasien yang telah berhasil disembuhkan dan menyatakan puas dengan pelayanan medis yang kami berikan. Biaya berobat di klinik pandawa juga relatif terjangkau dan murah. Fasilitas yang dimiliki oleh klinik pandawa antara lain semua ruangan full AC, parkir luas dan gratis, tersedia  laboratorium, apotik, rontgen dan USG, memiliki alat medis modern termasuk alat laser.

Apabila membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut, silahkan berkonsultasi online gratis dengan dokter kami di link bit.ly/2VdMqLL atau hubungi  melalui whatsapp / SMS / telp 0821-1141-0672. Kami dengan senang hati melayani. Segala rahasia medis akan terjamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Spesialis Kami