Ketahui Penyakit Endometriosis yang Membuat Wanita Sulit Hamil

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

penyakit endometriosis

Sebagian wanita harus memperhatikan berbagai rasa nyeri yang dialami pada perut. Pasalnya nyeri pada perut merupakan tanda atau sinyal yang menandakan sesuatu yang terjadi dalam tubuh, bisa jadi nyeri ini gejala dari penyakit endometriosis. Yuk, simak artikel selengkapnya di bawah ini.

 

Apa itu Penyakit Endometriosis?

Penyakit endometriosis adalah tumbuhnya jaringan di dinding Rahim (endometrium) di luar rahim. Kondisi ini terjadi ketika jaringan yang harus tumbuh di dalam rahim atau bisa tumbuh di bagian luar dinding rahim.

Meskipun tumbuh di luar rahim, jaringan endometrium masih melakukan siklus normal seperti halnya ketika tumbuh di dalam rahim. Jaringan ini akan menebal kemudian luruh menjadi darah saat periode mentruasi atau haid berjalan.

Akan tetapi karena tumbuhnya di luar rahim, maka jaringan ini terjebak dan darah yang keluar tidak bisa dikeluarkan dari Miss. V. endometrium bisa mengakibatkan terjadinya kista pada indung telur yang disebut kista endometrioma. Apabila ini terjadi, jaringan di sekitarnya bisa ikut cedera dan membentuk jaringan parut sehingga menjadikan organ lengket dan saling menempel.

 

Gejala Penyakit Endometriosis

Gejala utama dari penyakit endometriosis ialah nyeri yang hebat pada perut bagian bawah dan sekitar panggul yang berhubungan dengan haid. Meskipun pada umumnya perempuan akan merasakan nyeri saat menstruasi, namun nyeri pada wanita dengan penyakit endometriosis terasa jauh lebih parah, dan dapat meningkatkan seiring waktu.

Gejala lain dari penyakit endometriosis, yaitu:

  • Kram perut, satu hingga dua pekan selama menstruasi
  • Volume darah yang berlebihan saat menstruasi
  • Sakit di punggung bagian bawah selama menstruasi
  • Perdarahan di luar siklus menstruasi
  • Dispareunia
  • Sakit saat buang air besar atau buang air kecil
  • Diare, kembung, mual, sembelit, dan mudah lelah selama menstruasi
  • Mandul

Perlu diketahui pada tingkat keparahan nyeri tidak menandakan tingkat keparahan penyakit endometriosis. Sebagian perempuan yang mengalami endometriosis ringan dapat merasakan nyeri yang parah. Sebagian, wanita dengan endometriosis berat bisa merasakan sedikit atau malah tidak merasakan nyeri sama sekali.

 

Penyebab Munculnya Penyakit Endometriosis

Penyebab endometriosis masih belum diketahui. Namun, para ahli meyakini adanya beberapa hal yang mungkin jadi penyebab munculnya penyakit endometriosis. Beberapa kondisi yang diduga jadi penyebab penyakit edometriosis adalah:

  1. Menstruasi retrograde

Mentruasi dua arah terjadi ketika sel endometrium dan jaringan yang seharusnya terbuang ke Miss. V juga ikut mengalir kea rah leher rahim dan tuba falopi. Sel endometrium ini menempel pada dinding pelvis dan permukaan organ pelvis, tumbuh, terus menebal, dan berdarah sepajang siklus haid.

  1. Perubahan sel embrio

Penyebab lain dari endometrium adalah perubahan sel embrio. Sel embrio menghasilkan sel yang melapisi perut dan rongga pinggul. Apabila satu atau beberapa area kecil dari lapisan perut berubah menjadi jaringan endometrium, hal ini bisa jadi penyebab penyakit endometriosis.  Kondisi ini biasanya dipengaruhi oleh hormon estrogen yang tidak proporsional.

  1. Gangguan sistem imun

Penyebab lainnya dari penyakit endometriosis adalah gangguan sistem imun. Apabila sistem imun anda memiliki masalah yang membuat tubuh tidak dapat mengenali dan menghancurkan jaringan endometrium yang tumbbuh di luar rahim.

  1. Bekas luka bedah

Bila Kamu pernah menjalani pembedahan semacam histerektomi ataupun operasi Caesar, implantasi sisa pembedahan yang terbentuk bisa membuat sel melekat alhasil dapat jadi pemicu endometriosis.

  1. Pengedaran sel endometrium

Bila sel endometrium dihantarkan oleh pembuluh darah ataupun larutan jaringan ke bagian badan yang lain, perihal ini dapat jadi pemicu endometriosis.

 

Faktor Risiko Penyakit Endometriosis

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit endometriosis adalah:

  • Tidak pernah melahirkan
  • Salah satu anggota keluarga (ibu, tante, atau saudara perempuan) memiliki riwayat penyakit ini
  • Keluarnya darah menstruasi dari tubuh terhambat oleh suatu kondisi medis
  • Pernah mengalami infeksi pelvis
  • Memiliki kelainan pada rahim
  • Mengalami menstruasi pertama sebelum berusia 12 tahun
  • Bentuk tidak normal pada rahim, leher rahim, atau Miss. V yang menghambat atau melambatkan menstruasi

 

Pengobatan Penyakit Endometriosis

Klinik Pandawa menyediakan penanganan untuk endometrium yang Anda alami. Sebagai klinik spesialis kulit dan kelamin dan Ginekologi terpercaya di Jakarta, Klinik Pandawa didukung oleh dokter dan tenaga medis yang berpengalaman di bidangnya.

Tidak hanya itu, Klinik Pandawa dilengkapi dengan apotek, ruang laboratorium, serta alat- alat kesehatan yang canggih untuk memulihkan endometrium Anda. Untuk keamanan, Anda tidak perlu takut sebab Klinik Pandawa menjamin kerahasiaan setiap pasien. Anda juga akan dimanjakan dengan fasilitas yang komplit, alhasil membuat Anda nyaman untuk berobat di Klinik Pandawa.

Apabila anda membutuhkan informasi lebih lanjut, bisa menghubungi Klinik Pandawa di nomor telepon 021-62313337 atau 0821-1141-0672 (telepon/SMS/WA) atau Konsultasi Online Gratis dengan dokter professional kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Kami yang Berpengalaman