Penyakit Jamur Kulit (Penyakit Tinea)
Ilustrasi.

Penyakit Jamur Kulit (Penyakit Tinea)

Diposting pada
Jamur Malassezia adalah sejenis ragi yang ditemukan di permukaan kulit. Itu biasanya tidak menyebabkan masalah kesehatan apa pun. Faktanya, banyak mikrobiota (atau organisme mikroskopik), termasuk ragi seperti Malassezia, yang hidup di komunitas besar di kulit anda membantu melindungi dari infeksi dan patogen lain yang dapat menyebabkan bahaya atau penyakit.

Jamur bisa hidup berdampingan dengan sel-sel tubuh dalam hubungan simbiotik, dengan sel kulit dan organisme kecil yang mendukung dan menguntungkan satu sama lain. Namun terkadang ragi ini dapat tumbuh tidak terkendali dan mempengaruhi warna alami atau pigmentasi kulit. Ketika ini terjadi, anda dapat terkena bercak kulit yang lebih terang atau lebih gelap dari kulit di sekitarnya. Yang dikenal sebagai panu, pityriasis versicolor, atau jamur kulit (tinea).

Kondisi ini terjadi ketika jenis ragi dari Malassezia menyebabkan infeksi atau menekan sistem kekebalan tubuh anda. Apakah yang dimaksud dengan penyakit jamur kulit (tinea) ?, Apa saja gejala penyakit jamur kulit (tinea) ?, Apakah penyebab dan faktor resiko terjadinya penyakit jamur kulit (tinea) ?, Apakah bahaya atau komplikasi penyakit jamur kulit (tinea) apabila tidak segera diobati ?, Bagaimana diagnosis dan pengobatan terhadap penyakit jamur kulit (tinea) ?, Dan bagaimanakah pengobatan penyakit jamur kulit (tinea) di klinik pandawa jakarta ?

 

Apakah Yang Dimaksud Dengan Penyakit Penyakit Jamur Kulit (Penyakit Tinea) ?

Penyakit infeksi jamur kulit (tinea) adalah penyakit yang disebabkan oleh jenis jamur yang berbeda-beda. Jamur-jamur tersebut juga mempengaruhi bagian tubuh yang berbeda. Gejala infeksi jamur diberi nama berdasarkan jenis jamur yang sedang terjadi, dan dikategorikan sebagai berikut :

  • Jamur yang tumbuh pada seluruh kulit tubuh (tinea corporis)
  • Jamur yang tumbuh kulit kepala (tinea capitis)
  • Jamur yang tumbuh di kaki (jamur tinea pedis atau kurap kaki)
  • Jamur yang tumbuh di pangkal paha (tinea cruris)
  • Jamur yang tumbuh pada kuku (tinea unguium).

Penyakit jamur kulit (tinea) sering berkembang pada bagian tubuh, seperti :

  • Penyakit jamur kulit (tinea) pada kulit paha : adalah tinea atau jamur kulit yang biasanya muncul di bagian dalam paha yang sering menyebabkan sakit parah dan iritasi. Sering disertai dengan ruam merah, berbentuk seperti jamur yang menyebar di sela-sela tubuh. Dan terjadinya ruam merah pada kulit atau pembengkakan tumor serta perubahan warna kulit berbeda dari warna sekitarnya.
  • Penyakit jamur kulit (tinea) pada kulit kaki : adalah penyakit jamur yang biasanya terjadi pada jari kaki dan bagian belakang kaki. Jamur kulit (Tinea) kaki ini sering menyebabkan gatal-gatal, ruam merah, bersisik, kulit mati, terasa terbakar, lecet ringan, dan bau apek atau tidak menyenangkan. Lapisan kulit yang kering tersebut dapat mengelupas atau retak, dan sering gatal pada daerah antara jari-jari kaki.
  • Penyakit jamur kulit (tinea) pada kulit kepala : adalah gejala awal dari infeksi kulit kepala yang ditandai dengan kemerahan, pembengkakan pada kulit kepala, dan rambut rontok. Kemungkinan muncul pustula atau yang disebut rambut jamur sarang lebah, yaitu jamur yang tumbuh di daerah kulit yang terkena lepuhan, yang menyebabkan bengkak kecil dan berisi nanah. Beberapa orang mungkin mengalami bengkak atau kulit rapuh, disertai dengan adanya cairan pada kulit kepala. Hingga dapat menyebabkan demam atau pembesaran kelenjar getah bening.
  • Penyakit jamur kulit (tinea) yang berwarna : penyakit jamur ini sering menimbulkan tanda-tanda dan menyebabkan beberapa orang merasa sedikit geli dan banyak berkeringat. Infeksi jamur memiliki banyak warna yang berbeda dan disertai bintik-bintik kecil, bersisik merah muda, coklat putih, gelap dan memiliki bagian tepi yang keras. Penyakit jamur (tinea) berwarna ini biasanya terjadi pada lengan atas, dada, punggung, leher dan wajah. Pada kulit yang berwarna lebih terang atau cerah mungkin akan berbentuk bintik-bintik pucat, coklat, atau merah. Tetapi pada kulit yang lebih gelap dapat menunjukkan bintik yang lebih gelap.

 

Apa Saja Gejala Dari Penyakit Jamur Kulit (Tinea) ?

Beberapa gejala yang umumnya sering muncul antara lain :

  • Gejala umum yang sering muncul adalah gatal.
  • Kulit mengalami eksfoliasi atau mengelupas.
  • Tampak seperti sebaran cahaya, bulat dan berbentuk oval, berwarna merah, coklat, dan menyebabkan gatal-gatal.
  • Muncul plak, bersisik keras dengan pinggiran yang tajam dan sedikit melepuh.
  • Memiliki bintil merah, dan menular ke orang lain.
  • Gesekan dan menggaruk akan menyebabkan pembengkakan, robek, dan terinfeksi.

 

Apakah Penyebab Dan Faktor Resiko Terjadinya Penyakit Jamur Kulit (Tinea) ?

Penyebab penyakit kulit jamur (tinea) bukanlah cacing, tetapi sejumlah kecil jamur yang hanya bisa dilihat di bawah mikroskop yang dikenal dengan dermatofit (tinea). Jamur malassezia furfur popular, Trichophyton, Microsporum dan Epidermophyton. Penyakit yang menyebabkan jamur tinea biasanya terlihat sangat kecil dan hanya terlihat di bawah mikroskop, memiliki kemampuan untuk berkembang di lingkungan yang hangat dan lembab. Seseorang yang mengalami perubahan hormon pada tubuh akan membuat sistem kekebalan tubuh melemah dan rentan terhadap jamur kulit, dibandingkan dengan kondisi pada normalnya.

Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi jamur (infeksi tinea) yaitu pada :

  • Sering terjadi pada orang dewasa muda,remaja, atau anak-anak
  • Tinggal atau hidup di lingkungan yang lembap atau ramai
  • Melakukan kontak fisisk dengan orang yang terinfeksi atau dengan hewan yang sakit
  • Berbagi barang sehari-hari seperti pakaian, selimut, handuk
  • Melakukan aktifitas olahraga yang melibatkan kontak kulit langsung
  • Menggunakan pakaian yang ketat dan tidak nyaman
  • Sistem kekebalan tubuh yang lemah
  • Pernah terinfeksi jamur sebelumnya lebih beresiko
  • Tinggal di tempat yang hangat dan lembap seperti kolam renang dan ruang ganti publik
  • Sering berbagi barang pribadi seperti handuk, pakaian, dan barang-barang olahraga.
  • Sering melakukan kontak fisik seperti menyentuh atau terkena jilatan hewan atau jamur pada kulit binatang .

 

Apakah Bahaya Atau Komplikasi Penyakit Jamur Kulit (Penyakit Tinea) Apabila Tidak Segera Diobati ?

Bahaya atau komplikasi pada penyakit jamur kulit (penyakit tinea) apabila tidak segera diobati, maka akan menyebabkan tanda-tanda infeksi bakteri, seperti :

  • Rasa sakit yang meningkat semakin parah, bengkak, kemerahan, atau terasa terbakar
  • Bercak merah yang semakin menyebar dan parah dari daerah yang terinfeksi
  • Keluarnya cairan dari daerah yang terinfeksi
  • Meningkatnya suhu tubuh atau demam tinggi yang semakin parah
  • Kulit menjadi ruam merah dan semakin menyebar tanpa pengobatan.

 

Bagaimana Diagnosis Dan Pengobatan Terhadap Penyakit Jamur Kulit (Penyakit Tinea) ?

Dokter akan memberikan diagnosa suatu penyakit dengan bertanya tentang riwayat medis anda. Termasuk apakah anda pernah mengalami penyakit jamur kulit (tinea) sebelumnya. Lalu melakukan tes atau pemeriksaan fisik untuk mendapatkan hasil yang akurat terhadap penyakit jamur kulit (tinea).

Perihal pengobatan penyakit jamur kulit (tinea) ini membutuhkan penanganan dan pengobatan yang tepat dari dokter yang profesional serta terlatih pada bidangnya. Pengobatan secara medis tidak dapat dilakukan sendiri tanpa pengawasan dokter, oleh karena itu dibutuhkan pemeriksaan dan pengujian lebih lanjut terhadap penyakit agar didapatkan hasil yang akurat dan penanganan yang tepat.

 

Bagaimanakah Pengobatan Penyakit Jamur Kulit (Tinea) Di Klinik Pandawa Jakarta ?

Kami klinik pandawa yang berada dijakarta pusat memiliki banyak pasien dengan penyakit jamur kulit (tinea) disertai berbagai komplikasi dan penyebab. Klinik Pandawa juga memiliki dokter ahli dan berpengalaman dalam menangani penyakit jamur kulit (tinea) ataupun penyakit kulit dan kelamin lainnya. Banyak pasien yang telah berhasil disembuhkan dan menyatakan puas dengan pelayanan medis yang kami berikan. Biaya berobat di klinik pandawa juga relatif terjangkau dan murah. Fasilitas yang dimiliki oleh klinik pandawa antara lain semua ruangan full AC, parkir luas dan gratis, tersedia  laboratorium, apotik, rontgen dan USG, memiliki alat medis modern termasuk alat laser. Apabila anda membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut, silahkan anda bisa berkonsultasi online gratis dengan dokter kami melalui klik tombol Whatsapp / SMS / Telp pada tombol web. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis anda akan terjamin.


Disclaimer: “Hasil pengobatan mungkin tidak persis sama karena tergantung situasi dan kondisi pasien”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *