PENYAKIT KULIT DERMATITIS : PENYEBAB, GEJALA, KOMPLIKASI, DAN PENGOBATAN

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

 

Penyakit Kulit Dermatitis
Sebagai bagian terluar tubuh yang menerima berbagai paparan dari lingkungan, kulit dapat dengan mudah mengalami gangguan atau penyakit

 

Apakah kamu pernah mengalami kondisi tidak nyaman akibat gatal-gatal, dan ruam merah pada kulit atau pada kepala? Banyak penyebab yang bisa membuat kulit terasa gatal. Bahkan gatal-gatal pada kulit tersebut sering kita sepelekan. Ternyata,  dapat berpotensi membahayakan untuk kita sendiri.

Sebagai bagian terluar tubuh yang menerima berbagai paparan dari lingkungan, kulit dapat dengan mudah mengalami gangguan atau penyakit. Penyakit kulit ini dapat muncul secara tak terduga, dan banyak orang menganggap penyebabnya selalu berkaitan dengan kebersihan tubuh yang kurang baik. Padahal, ada banyak faktor yang bisa menyebabkan munculnya penyakit kulit. Seperti penyakit kulit yang pernah kita dengar, yakni Dermatitis.

Dermatitis adalah peradangan pada kulit yang menyebabkan kulit memerah dan gatal. Dalam kasus yang lebih serius, kulit yang terkena dermatitis bisa sampai melepuh, mengeluarkan cairan dan mengelupas.

 

Penyebab Dermatitis

Berdasarkan pemicu gejalanya peradangan kulit atau dermatitis bisa disebabkan oleh faktor genetik seperti asma, alergi atau riwayat keluarga dengan eksim dan pengaruh lingkungan, seperti bahan kimia dan perubahan suhu ekstrim. Sehingga penting untuk menjaga sekaligus memperhatikan kondisi lingkungan.

 

Gejala Dermatitis

Dermatitis diketahui dapat dialami oleh semua umur, dari bayi hingga orang dewasa. Adapun gejala yang dapat diketahui kamu terkena dermatitis antara lain;

  • Timbul ruam-ruam merah
  • Gatal pada kulit atau pada kepala
  • Kulit mengering dan mengelupas
  • Mengeluarkan cairan

 

Jenis Penyakit Kulit Dermatitis yang Perlu Diketahui

  1. Dermatitis atopik

Dermatitis atopik sendiri merupakan jenis gangguan kulit yang paling umum. Kondisi dermatitis ini biasanya terjadi pada masa kanak-kanak, dan sering kali akan membaik seiring tumbuh kembang atau setelah dewasa nanti.

Dermatitis atopik menyebabkan kulit gatal-gatal, kering, dan pecah-pecah. Peradangan kulit ini biasanya muncul pada tangan, kaki, pergelangan kaki dan tangan, leher, dada bagian atas, lipatan mata, bagian dalam sikut dan lutut. Ketika digaruk, kulit menjadi lecet dan membengkak. Inilah yang sering dianggap sebagai eksim kering oleh kebanyakan orang Indonesia.

Bagi kebanyakan orang yang punya riwayat alergi lebih rentan memiliki eksim atopik, seperti orang dengan alergi makanan atau asma. Alergi adalah penyebab utama eksim pada anak-anak kecil. Ada juga beberapa pemicu yang diketahui dapat menyebabkan eksim atopik, seperti sabun, deterjen, stres, kelembaban rendah, alergi musiman, serta cuaca yang dingin.

  1. Dermatitis kontak iritan

Dermatitis kontak iritan (DKI) terjadi ketika kulit alami kontak dengan bahan-bahan mengandung iritan, seperti kandungan asam, cairan pemutih, cairan pembersih, kerosene, juga deterjen. Eksim jenis ini sering menyerang para pekerja industri, terutama mereka yang bekerja di industri pertambangan, manufaktur, sumber daya alam ataupun pelayanan medis sekalipun.

Gejala yang lebih sering ditimbulkan oleh dermatitis kontak iritan yakni kulit terasa perih, panas, dan gatal. Dermatitis kontak iritan sering muncul sebagai kulit kering atau kulit yang retak, ini mengapa banyak orang yang sering menyebut dermatitis ini sebagai eksim kering. Pada beberapa kasus, dermatitis kontak iritan dapat menyebabkan bintil lepuhan yang bisa pecah terbuka menyebabkan kerak sehingga sering disebut sebagai eksim basah.

  1. Dermatitis kontak alergi

Dermatitis kontak alergi bermula saat kulit alami reaksi alergi setelah terjadinya kontak dengan zat asing sehingga menyebabkan gatal-gatal dan iritasi. Penyebab umum dermatitis kontak alergi sendiri biasanya meliputi emas/nikel atau bahan metal lainnya yang biasa ada pada perhiasan, zat pewangi, sarung tangan lateks, bahan kosmetik, hingga tumbuhan poison oak atau poison ivy.

Pada dermatitis kontak alergi, ruam kulit dapat muncul pada area yang tersentuh zat dalam waktu 24 hingga 48 jam. Gejala utamanya ditandai dengan kulit kering, memerah, melepuh, hingga pembengkakan pada mata, muka, atau selangkangan. Kemungkinan besar, dermatitis kontak inilah yang juga dikenal dengan eksim kering.

  1. Eksim Dyshidriotic

Eksim dishidrotik atau dishidrosis adalah kondisi peradangan kulit yang ditandai dengan kemunculan bintil-bintil kecil yang berisi cairan dan terasa gatal pada permukaan kulit telapak tangan dan/atau telapak kaki serta di sela-sela jari.

Peradangan ini dapat terus muncul dan berlangsung sekitar 3 minggu. Bintil-bintil berisi cairan tersebut sering dikira sebagai eksim basah. Saat lepuhan tersebut mengering, maka kulit pun akan menjadi pecah-pecah dan terasa sakit. Jika kamu menggaruk area tersebut, maka akan merasa kulit terasa lebih tebal dan kenyal. Ini yang disebut sebagai eksim kering.

Kondisi ini lebih umum terjadi pada wanita dibandingkan dengan pria. Eksim dishidrosis bisa disebabkan oleh paparan kromium (umumnya terdapat pada garam), alergi, tangan/kaki yang lembab, dan stres.

  1. Neurodermatitis

Neurodermatitis hampir sama dengan eksim dermatitis atopik. Kondisi ini menyebabkan adanya bercak tebal dan bersisik yang muncul di kulit Anda. Gangguan kulit ini biasanya sering dialami pada orang yang memiliki jenis eksim ataupun psoriasis lainnya. Masih belum diketahui apa yang menyebabkan neurodermatitis, meskipun beberapa dokter menduga stress bisa menjad salah satu pemicunya.

  1. Eksim nummular

Jenis eksim nummular biasanya menimbulkan lepuhan berbentuk lingkaran di tubuh. Dalam bahasa latin, nummular juga punya berarti sebagai koin. Eksim nummular dapat dipicu oleh reaksi terhadap gigitan serangga atau oleh reaksi alergi terhadap logam maupun bahan kimia. Kulit kering juga bisa menyebabkan eksim ini terjadi.

  1. Eksim statis

Eksim jenis statis sendiri adalah eksim yang terjadi saat cairan bocor keluar dari pembuluh darah vena dan masuk ke dalam kulit kamu. Hal ini biasanya disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah (varises). Cairan yang bocor ini bisa menyebabkan pembengkakan, kemerahan, gatal, dan nyeri pada kulit. Sehingga inilah yang lebih dikenal dengan eksim basah oleh kebanyakan orang Indonesia.

 

Komplikasi Dermatitis 

Jika tidak ditangani dengan benar, dermatitis bisa menimbulkan komplikasi, yaitu infeksi kulit. Infeksi dapat terjadi jika penderita terus-menerus menggaruk ruam pada kulit sehingga ruam menjadi basah. Kondisi ruam basah inilah menjadi kondisi ideal bagi berkembangnya bakteri dan jamur, yang dapat menyebabkan infeksi.

 

Pengobatan Penyakit Kulit Dermatitis di Klinik Pandawa

Baiknya bila kamu mengalami hal seperti di atas, konsultasikan kepada dokter ahlinya, agar tidak salah dalam menjalani pengobatan. Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik spesialis penyakit kulit terbaik di Jakarta. Fasilitas pelayanan medis yang diberikan antara lain penyakit andrologi, penyakit ginekologi, penyakit bedah, penyakit kulit dan kelamin.

Klinik pandawa didukung dan dilayani oleh para dokter ahli dan berpengalaman di penyakit kulit khususnya Dermatitis. Dibantu oleh para asisten yang berpengalaman, alat-alat medis pemeriksaan dan pengobatan yang lengkap dan canggih, termasuk laboratorium, USG dan rontgen.

Klinik pandawa mengutamakan pelayanan medis yang berkualitas dengan standar nasional. Prinsip profesionalitas, berintegritas, transparan, keterbukaan dan jujur dalam melayani pasien adalah lifestyle klinik pandawa.

Perihal biaya berobat di klinik pandawa sangatlah relative murah dan terjangkau bagi semua lapisan sosial ekonomi dibanding klinik dan rumah sakit sekitar jakarta. Garansi kami yakni kualitas pelayanan yang memuaskan bagi pasien merupakan hal utama.

Klinik Pandawa Jakarta memiliki banyak pasien dengan penyakit Dermatitis dengan berbagai penyebab dan komplikasi. Ada banyak pasien yang telah disembuhkan dan merasa puas dengan pelayanan kami.

Apabila membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis ke dokter kami melalui bit.ly/2VdMqLL atau menghubungi 0821-1141-0672/ 021-62313337 whatsapp / SMS / telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *