Kenali Penyakit Melanoma Akibat Seringnya Terkena Paparan Matahari

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

penyakit kulit melanoma

Sahabat Pandawa pernah mendengar penyakit melanoma? Berhubung kita berada di wilayah khatulistiwa dan banyak terkena paparan matahari, nyatanya bisa menjadi salah satu faktor risiko seseorang terkena penyakit kulit. Banyak sumber menyebutkan, melanoma adalah salah satu jenis kanker kulit paling serius dibandingkan dengan jenis lainnya. Untuk itu, yuk mari mengenal gangguan kulit serius melanoma, agar bisa melindungi dari dari faktor risikonya. Berikut penjelasan selengkapnya.

 

Apa itu penyakit kulit melanoma?

Gangguan kulit serius ini merupakan salah satu kanker kulit yang berkembang di dalam sel melanosit. Sel melanosit sendiri merupakan sel penghasil melanin atau pigmen pemberi warna pada kulit, rambut dan bola mata manusia pada manusia.

Sama seperti kanker kulit lainnya, penyakit kulit melanoma biasanya muncul karena pertumbuhan sel abnormal dan biasanya tumbuh di bagian tubuh yang seringkali terpapar sinar matahari seperti punggung, kaki, lengan dan wajah.

Selain itu, bisa juga tumbuh di bagian tubuh lainnya seperti telapak kaki, telapak tangan, dan juga di bawah kuku.

 

Tanda-tanda Melanoma yang perlu diperhatikan

Tanda-tanda gangguan kulit serius ini seringkali ditandai dengan munculnya tahi lalat baru atau ketika terjadi perubahan bentuk dari tahi lalat yang lama. Bentuk tahi lalat yang normal umumnya mempunyai satu warna, berbentuk bulat ataupun oval, dan berdiameter kurang dari 6 milimeter. Sementara melanoma biasanya memiliki ciri-ciri:

  • Memiliki lebih dari satu warna
  • Bentuknya tidak beraturan
  • Diameternya lebih besar dari 6 mm
  • Terasa gatal dan bisa berdarah

Pasalnya ada tahi lalat yang tak seperti normal dan menjadi tanda adanya kanker. Untuk lebih mudahnya, berikut panduan ABCDE untuk mendeteksi tanda dan ciri gangguan kulit serius ini:

  • A atau asymmetrical, artinya tahi lalat berbentuk tidak beraturan
  • B atau irregular border, yaitu bentuknya tak teratur dapat berlekuk atau bergerigi
  • C atau changes in color, artinya ada perubahan warna atau warna berbeda pada beberapa tahi lalat baru yang muncul
  • D atau diameter, tumbuhnya lebih dari 6 mm
  • E atau evolving, artinya tahi lalat terus berubah dari waktu ke waktu baik dari ukuran, warna, hingga bentuk.

 

Apa yang menyebabkan penyakit melanoma?

Seperti kanker lainnya, gangguan kulit serius ini adalah kanker kulit yang tumbuh karena adanya pertumbuhan sel abnormal. Khusus untuk kanker kulit melanoma, pertumbuhan sel abnormal terjadi di melanosit. Sementara itu penyebab tumbuhnya sel abnormal tersebut tidak diketahui.

Namun ada beberapa faktor seperti lingkungan dan genetik, yang diyakini menjadi pemicu terbentuknya kerusakan pada sel melanosit tersebut. Selain itu para ahli juga meyakini jika paparan radiasi ultraviolet ikut berperan dalam munculnya penyakit ini.

 

Faktor Risiko Melanoma

Adapun beberapa aspek risiko lainnya yang dapat memicu munculnya gangguan kulit serius ini, antara lain;

  • Berkulit putih. Orang dengan kulit putih memiliki lebih sedikit melanin. Padahal melanin juga berperan sebagai pelindung kulit dari kerusakan akibat radiasi sinar matahari.
  • Paparan sinar UV berlebihan. Paparan sinar ultraviolet bisa berasal dari matahari dan juga dari lampu khusus yang digunakan untuk proses tanning atau menggelapkan kulit. Sahabat Pandawa juga perlu waspada jika pernah mengalami paparan sinar matahari berlebih hingga mengalami kulit terbakar.
  • Tinggal di dekat garis khatuliswa. Tinggal di dekat garis khatulistiwa berarti mendapat lebih banyak paparan sinar matahari. Ini lebih berisiko dibanding dengan mereka yang tinggal di dekat kutub utara atau selatan. Menggunakan produk perlindungan sinar ultraviolet bisa menjadi salah satu tips pencegahan terhadap penyakit ini.
  • Riwayat keluarga.
  • System kekebalan tubuh lemah.

 

Diagnosis Kanker Kulit Melanoma

Dokter bisa mendiagnosis penyakit kulit melanoma setelah melakukan pemeriksaan fisik. Dokter akan merujuk Sahabat Pandawa ke dokter bedah plastik bila mereka mengira Sahabat Pandawa menderita melanoma. Sehingga bila Sahabat Pandawa melihat ada perubahan pada bentuk tahi lalat, segera temui dokter.

Pada sebagian besar kasus yang ada, jaringan tahi lalat yang dianggap mencurigakan akan diangkat dengan pembedahan dan dipelajari apakah telah menjadi kanker. Proses ini dikenal dengan istilah biopsi. Sedangkan untuk memeriksa apakah gangguan kulit serius ini sudah menyebar ke bagian tubuh lainnya, prosedur biopsi nodus sentinel juga bisa dilakukan.

 

Kemunculan Kembali Melanoma

Ada kemungkinan melanoma akan kembali jika sebelumnya Sahabat Pandawa pernah menderita gangguan kulit serius ini. Bila kanker sudah menyebar dan parah, maka risiko sahabat Pandawa terkena kembali akan meningkat.

Sahabat Pandawa mungkin harus mencoba pengecekan secara teratur untuk memonitor kesehatan, terutama bila ahli penanganan kanker Sahabat Pandawa merasa bahwa ada kemungkinan besar melanoma akan muncul kembali. Cara memeriksa apakah ada tumor di kulit dan kelenjar limfe sahabat Pandawa, biasanya akan diajari oleh tim dokter yang bertugas.

 

Pencegahan yang bisa dilakukan

Sahabat Pandawa masih bisa menurunkan risiko terserang gangguan kulit serius ini dengan menghindarkan kulit agar tidak terkena paparan langsung cahaya ultraviolet, baik yang alami maupun buatan, walau kemunculan melanoma tidak selalu bisa dicegah. Salah satu pencegahan gangguan kulit serius yang mudah dilakukan adalah dengan menggunakan tabir surya dan kenakan pakaian yang lengkap untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang merusak.

Untuk meningkatkan keberhasilan penanganan dan agar bisa mendapatkan diagnosis sejak awal, Sahabat Pandawa disarankan untuk memeriksa tahi lalat dan bintik-bintik secara teratur.

Apabila membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis ke dokter kami melalui layanan konsultasi kami atau menghubungi nomor 0821-1141-0672/ 021-62313337 WA / SMS / telp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Kami yang Berpengalaman