Jangan Panik, Yuk Kenali Penyakit Kulit Psoriasis dan Jenisnya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Daftar Isi

penyakit kulit psoriasis

 

Sahabat Pandawa pernah mendengar penyakit kulit psoriasis? Kondisi ini merupakan di mana ketika kulit mengalami kemerahan, bercak, dan kerak seperti sisik keperakan yang tentu sangat gatal. Umumnya, kerak ini muncul pada bagian siku, lutut, kulit kepala, dan bagian punggung bawah. Namun, tidak menutup kemungkinan kerak-kerak tersebut juga akan muncul di area tubuh lainnya. Kemunculan gangguan kulit ini sangat mengganggu dan membuat percaya diri menurun.

Lalu seperti apa penyakit psoriasis ini? Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

 

Apa itu Psoriasis?

Psoriasis merupakan penyakit autoimune kronis yang menyerang kulit sang pengidap. Penyakit peradangan pada kulit yang bersifat kronis (jangka panjang). Gangguan kulit ini membuat penderitanya mengalami pergantian kulit yang telalu cepat dan mengganggu.

Pada pengidap proses pergantian kulit ini dapat terjadi hanya dalam beberapa hari saja. Karena itu, sel-sel kulit tak punya waktu untuk lepas. Proses berlebihan ini mengarah pada penumpukan sel-sel kulit.

Penyakit kulit psoriasis biasanya berkembang pada persendian, seperti siku dan lutut. Mereka dapat terjadi di mana saja pada tubuh, termasuk:

  • Tangan
  • Kaki
  • Leher
  • Mencatut
  • Wajah

Jenis psoriasis yang kurang umum mempengaruhi kuku, mulut, dan area di sekitar alat kelamin.

Menurut sebuah penelitian, biasanya dikaitkan dengan beberapa kondisi lain, termasuk:

  • diabetes tipe 2
  • penyakit radang usus
  • penyakit jantung
  • radang sendi psoriatik
  • Kegelisahan
  • Depresi

 

Jenis-jenis Psoriasis

Ada lima jenis gangguan kulit ini ini, antara lain:

  1. Psoriasis Plak. Jenis psoriasis plak ini adalah yang paling umum. Ini menyebabkan bercak merah dan meradang yang menutupi area. Bercak ini sering ditutupi dengan sisik yang tebal atau plak keputih-putihan. Plak ini biasanya ditemukan di area siku, lutut dan kulit kepala.
  2. Psoriasis Gutate. Gejala pada psoriasis gutate menyerupai bintik ruam seperti tetesan air dan biasanya muncul pada tubuh bagian atas, lengan, kaki dan kulit.
  3. Psoriasis Pustular. Penyakit kulit ini lebih sering terjadi pada orang dewasa. Ini menyebabkan lepuh putih, berisi nanah dan area yang luas dari kulit yang meradang. Psoriasis pustular biasanya terlokalisasi pada area tubuh yang lebih kecil, seperti tangan atau kaki, tetapi bisa meluas.
  4. Psoriasis Terbalik / Inverse Psoriasis. Gangguan kulit jenis ini menyebabkan area kulit merah, mengkilap, meradang. Bercak-bercak psoriasis terbalik berkembang di bawah ketiak atau payudara, di pangkal paha, atau di sekitar lipatan kulit di alat kelamin.
  5. Psoriasis Eritrodermik. Erythrodermic psoriasis adalah jenis psoriasis yang parah dan sangat jarang. Bentuk ini sering menutupi sebagian besar tubuh sekaligus. Kulit hampir tampak terbakar matahari. Sisik yang berkembang sering mengelupas pada sebagian besar atau lembaran. Tidak jarang seseorang dengan jenis psoriasis ini mengalami demam atau menjadi sangat sakit. Jenis ini dapat mengancam jiwa, sehingga individu harus segera mengunjungi dokter.

 

Ciri dan Tanda-tanda

Gejala psoriasis berbeda dari orang ke orang dan tergantung pada jenis psoriasis. Area psoriasis bisa sekecil beberapa serpihan pada kulit kepala atau siku, atau menutupi sebagian besar tubuh.

Gejala psoriasis plak yang paling umum meliputi:

  • bercak merah, terangkat, meradang kulit
  • timbangan keputihan-keputih-perak atau plak di tambalan merah
  • kulit kering yang bisa pecah dan berdarah
  • rasa sakit di sekitar tambalan
  • sensasi gatal dan terbakar di sekitar bercak
  • tebal, kuku diadu
  • menyakitkan, sendi bengkak

Tidak setiap orang akan mengalami semua gejala ini. Beberapa orang akan mengalami gejala yang sama sekali berbeda jika mereka memiliki jenis psoriasis yang kurang umum.

Kebanyakan orang dengan psoriasis mengalami “siklus” gejala. Kondisi ini dapat menyebabkan gejala parah selama beberapa hari atau minggu, dan kemudian gejalanya dapat hilang dan hampir tidak terlihat. Kemudian, dalam beberapa minggu atau jika diperburuk oleh pemicu psoriasis yang umum, kondisinya mungkin kembali meningkat. Kadang-kadang, gejala psoriasis hilang sepenuhnya.

Ketika Sahabat Pandawa tidak memiliki tanda-tanda aktif dari kondisi ini, Sahabat Pandawa mungkin dalam “remisi.” Itu tidak berarti gangguan kulit ini tidak akan kembali, tetapi untuk sekarang Anda bebas gejala.

 

Penyebab

Gangguan kulit ini dikenal sebagai penyakit menahun akibat gangguan kekebalan tubuh atau autoimun, yakni terjadinya penebalan kulit di berbagai tempat di tubuh seperti muka dan kulit kepala dan sel-sel kulit mati diproduksi secara berlebih.

Penyebab gangguan kulit ini sampai sekarang oleh para dokter dan ahli kesehatan belum diketahui secara persis. Namun diprediksi terjadi pelepasan substansi-substansi imunitas tubuh sebagai dampak peningkatan aktivitas sel- sel imun pada kulit yang merangsang produksi dari sisik.

Gangguan kulit ini diduga disebabkan karena autoimun tubuh menyerang sel-sel kulit yang sehat. Namun, ada pula penyebab lainnya, antara lain:

  • Adanya pengaruh lingkungan dan faktor gen;
  • Faktor keturunan;
  • Adanya infeksi tenggorokan;
  • Cedera pada kulit;
  • Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol; dan
  • Mengonsumsi obat-obatan tekanan darah tinggi serta obat antimalaria.

 

Apakah Psoriasis Menular?

Psoriasis tidak menular. Anda tidak dapat menularkan kondisi kulit dari satu orang ke orang lain. Menyentuh lesi psoriatik pada orang lain tidak akan menyebabkan Anda mengalami kondisi ini.

Penting untuk dididik tentang kondisi ini, karena banyak orang berpikir psoriasis menular.

 

Pencegahan Psoriasis

Pencegahan gangguan kulit ini tidak diketahui secara pasti. Namun, penderita gangguan kulit inibisa melakukan pencegahan agar tidak menyebar dan semakin sulit disembuhkan. Beberapa cara pencegahan itu adalah:

  • Menjaga kebersihan dan kesehatan kulit serta kulit kepala. Saat terasa gatal, hindari menggaruk dan mengupas kerak pada kulit. Hindari juga menggunakan benda-benda tajam dalam aktivitas sehari-hari seperti pisau atau gunting untuk menghindar terkena goresan.
  • Menjaga kelembaban tubuh dengan menggunakan pelembab serta mengurangi berada di ruangan yang kering dan dingin. 
  • Menghindari konsumsi minuman beralkohol. Konsumsi alkohol berlebih dapat mengakibatkan psoriasis semakin menyebar. 
  • Menjaga kesehatan dengan rutin berolahraga dan mengontrol berat badan. Selain untuk menjaga kesehatan, hal ini juga berfungsi untuk menghindari stres akibat terkena psoriasis.

 

Penanganan Psoriasis di Klinik Pandawa

Walaupun tidak dapat menular, penyakit kulit psoriasis harus ditangani sejak dini sebelum berlarut lama dan parah. Bila Sahabat Pandawa mengalami gangguan kulit seperti ciri-ciri di atas, segeralah konsultasikan kepada Kami.

Ditangani oleh Dokter Ahli yang professional di Klinik Pandawa, juga alat-alat kesehatan yang modern, dan fasilitas yang memadai menjadikan Klinik Pandawa pilihan tepat bagi Sahabat Pandawa yang ingin berobat.

Bila Sahabat Pandawa butuh informasi dan pengobatan lebih lanjut silakan konsultasikan dengan dokter kami secara online atau melalui nomor 0821-1141-0672/ 021-62313337 SMS / WA/ telepon. Segala rahasia medis terjamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Kami yang Berpengalaman