GANGGUAN KULIT STRETCH MARK : GEJALA, PENYEBAB, DAN PERAWATAN

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Stretch Mark
Guratan yang mulanya berwarna merah, merah muda, atau ungu ini lama kelamaan akan berubah menjadi warna putih atau kelabu

 

Selain selulit yang menjadi masalah kulit ada pula penyakit kulit Strecth Mark yang sama-sama bisa menurunkan rasa kepercayaan diri. Stretch Mark, atau juga dikenal dengan istilah striae, merupakan kondisi pada kulit di mana muncul garis-garis beruntai pada kulit. Stretch mark dapat terjadi pada kulit di bagian perut, pinggul, bokong, atau paha. Biasanya dapat kita jumpai di ibu hamil atau orang obesitas.

Banyak orang yang berasumsi bila Stretch Mark akan muncul hanya karena faktor kegemukan saja, tapi sebenarnya banyak faktor yang memengaruhi. Menurut University of Michigan Health System, sebanyak 50 sampai 90 persen wanita memiliki Stretch Mark. Ada kemungkinan Anda juga memiliki Stretch Mark. Jadi, Stretch Mark tak melulu dimiliki mereka yang obesitas, melainkan banyak orang juga berpotensi untuk mengalaminya.

 

Apa Itu Stretch Mark?
Stretch mark sendiri merupakan guratan- guratan yang nampak pada kulit bagian tubuh di mana terletak lemak terkonsentrasi, seperti di payudara, perut, lengan atas, bokong, dan paha. Stretch Mark pun bisa dialami oleh siapa saja, baik pada wanita maupun pada kaum pria. Untungnya, guratan di kulit ini bisa dihilangkan.

Guratan yang mulanya berwarna merah, merah muda, atau ungu ini lama kelamaan akan berubah menjadi warna putih atau kelabu, tergantung pada warna kulit.

 

Tanda-tanda Stretch Mark
Sebelum Stretch Mark terbentuk, kulit akan menipis dan muncul garis atau guratan kemerahan, kadang disertai dengan rasa gatal-gatal. Garis dan guratan  akan berubah menjadi warna putih yang kemudian bisa hilang dalam hitungan bulan atau tahun. Sedangkan warna merah pada kulit muncul karena lapisan pada dermis yang menipis sehingga membuat pembuluh darah di bawahnya muncul dan tampak ke permukaan kulit.
Garis dan guratan menjadi putih setelah pembuluh darah mengerut. Jika Anda memiliki Stretch Mark, segeralah konsultasikan dengan dokter kami.

 

Seberapa Umum Stretch Mark ?
Tidak semua orang akan mengalami Stretch Mark. Kondisi Stretch Mark hanya dialami oleh orang yang kulitnya sedikit mengandung kolagen atau protein yang membuat kulit menjadi lentur. Stretch Mark umumnya terjadi karena tubuh Anda tumbuh lebih cepat dari perkembangan elastisitas kulit. Ketika kulit meregang dengan cepat akibat anggota tubuh mengembang dan bertambah berat badan, lapisan tengah kulit (dermis) akan menipis sehingga lapisan di bawahnya muncul ke permukaan kulit.

 

Apa Saja Penyebab dan Kondisi Munculnya Stretch Mark ?
Beberapa hal penyebab dan kondisi munculnya Stretch Mark antara lain :

  • Terdapat riwayat keluarga yang memiliki riwayat Stretch Mark
  • Kehamilan
  • Berat badan meningkat secara dratis
  • Masa pubertas, yaitu akibat perubahan dan pertumbuhan yang pesat pada tubuh dan kulit
  • Implan payudara atau bokong yang terlalu besar.
  • Penggunaan atau konsumsi suplemen hormon yang berlebihan.
  • Penyakit genetik langka, seperti penyakit Cushing, Sindrom Marfan, dan Sindrom Ehlers-Danlos

 

Bagaimana Cara Mencegah Stretch Mark ?
Stretch Mark adalah kondisi umum yang tidak selalu dapat dicegah. Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar Stretch Mark tidak berkembang yaitu :

  • Menjaga berat badan yang ideal
    Stretch Mark paling sering disebabkan karena pertambahan berat badan yang secara cepat. Oleh sebab itu, menjaga bobot tubuh Anda dalam kondisi stabil alangkah baiknya. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, lakukanlah  secara bertahap. Usahakan agar berat  tidak berkurang lebih dari setengah kilogram per minggunya.
  • Pola makan sehat
    Makanan sehat dan segar bisa menjaga kulit tetap sehat sehingga dapat mencegah terjadinya Stretch Mark. Biasakan untuk mengonsumsi makanan yang kaya dengan vitamin C, E dan  protein.
  • Pertambahan berat badan selama kehamilan
    Penambahan berat badan wanita saat hamil bervariasi, umumnya akan berkisar antara 10 – 12,5 kg. Anda akan lebih berisiko mengalami Stretch Mark jika berat badan Anda bertambah saat hamil di atas rata-rata.

 

Cara Menghilangkan Stretch Mark di Klinik Estetika Pandawa
Klinik Pandawa, salah satu klinik estetika dan skin care terbaik yang ada di Jakarta. Klinik Pandawa melayani berbagai macam masalah penyakit kulit salah satunya adalah Stretch Mark.
Selain itu, Klinik Pandawa bisa mengatasi masalah penyakit kulit Stretch Mark secara cepat dan efektif dengan berbagai perawatan seperti terapi laser, nano fraksional venus versa, chemical peeling, PRP dan serum khusus untuk penghilang Stretch Mark. 

Semua pasien dengan berbagai keluhan dan kelainan kulit seperti Acne scar, Hiperpigmentasi, Stretch Mark dan lain-lain  akan dilayani oleh para dokter ahli dan profesional. Secara rinci, Dokter akan membantu menjelaskan dan merekomendasikan treatment apa saja yang disesuaikan dengan kondisi kulit dan kelainan kulit yang dialami pasien. Kami memiliki banyak pasien dengan kasus Stretch Mark, penuaan dini seperti keriput, kulit kendur, pigmentasi dan lain-lain. Kebanyakan pasien puas dan sembuh dengan pelayanan medis dan perawatan yang diberikan.

Apabila sedang mengalami masalah kulit strecth mark yang membandel, jangan ragu untuk berkonsultasi online (gratis) bersama dokter ahli Kami dengan klik konsultasi atau Anda juga bisa menghubungi 0821-1141-0672/ 021-62313337  whatsapp / SMS / telp. Kami siap melayani. Segala rahasia medis terjamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Spesialis Kami