KONDILOMA AKUMINATA (KUTIL KELAMIN) : GEJALA, BAHAYA, KOMPLIKASI, DAN PENGOBATAN

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

 

penyakit kutil kelamin
Jangan sepelekan penyakit kutil kelamin, karena bisa memicu terjadinya kanker di alat vital Anda.

 

Bukan hanya kencing nanah dan sipilis, penyakit kutil kelamin (Kondiloma akuminata) juga berbahaya terhadap kesehatan Anda. Penyakit menular seksual ini bisa menyebabkan kanker penis bagi pria bila didiamkan. Pada wanita, kutil kelamin (Kondiloma Akuminata) muncul di vulva, labia, daerah antara alat kelamin eksternal dan anus, saluran anus, dan leher rahim. 

Seks bebas, berganti pasangan, dan penyakit  menular seksual merupakan tiga elemen yang tak bisa dipisahkan. Imbasnya, penderita kutil kelamin pun meningkat drastis termasuk kutil di penis bagi pria.

Aktivitas seksual yang tidak sehat menjadi salah satu faktor risiko yang menyebabkan penyakit kutil ini mudah menular. Pria yang menyukai ‘jajan’ di luar sangat berpotensi terkena penyakit ini. Parahnya lagi, kutil kelamin akan bisa menular kepada sang istri.

Penyebab kutil kelamin yakni human papillomavirus (HPV). Virus ini membuat kutil muncul di berbagai bagian tubuh, termasuk pada penis pria dan vagina wanita.

Tak main-main, dari sekian banyak tipe virus HPV, tipe 6 dan tipe 11-lah yang menjadi penyebab penyakit kelamin ini. Akibatnya, pertumbuhan kutil akan menyerupai jengger ayam pada penis sehingga sangat mengganggu.

Bahkan berdasarkan penelitian yang ada, hampir 100% penyakit ini disebabkan oleh HPV. Penularannya terjadi melalui kontak langsung dari si penderita ke bagian tubuh orang lain. Termasuk melalui hubungan seksual.

 

Gejala Penyakit Kutil Kelamin 

Sebenarnya, apa yang dimaksud Kutil kelamin (Kondiloma akuminata) ? Sesuai dengan namanya, dimana ada benjolan kecil yang muncul di area kelamin, baik  pria maupun wanita.

Lalu siapa yang berpotensi terkena? Pria dewasa dapat dengan mudah terkena penyakit kutil kelamin. Sebab, bila Anda aktif secara seksual, maka serangan virus HPV dapat dengan mudah menjangkiti Anda.

Biasanya, kutil ini memiliki ukuran bentuk yang kecil. Sehingga tak mudah dideteksi dan dilihat secara kasat mata. Yang menjadi salah satu indikatornya adalah rasa gatal yang berlebihan, sensasi panas seperti terbakar, nyeri dan perdarahan ketika berhubungan intim.

 

Bahaya Penyakit Kutil Kelamin

Biasanya, kutil yang tumbuh di bagian tubuh lain kerap diabaikan karena tidak menimbulkan dampak yang berarti. Namun jika kutil tumbuh di bagian kelamin, Anda patut waspada. Hal ini lantaran bisa menyebabkan beragam komplikasi penyakit berbahaya lainnya yang dapat mengancam jiwa.

Penyakit kelamin Kondiloma Akuminata, bisa memicu terjadinya kanker, seperti kanker vulva, kanker anus, kanker penis, serta kanker mulut dan tenggorokan. Infeksi HPV Genital juga erat dikaitkan dengan kanker serviks pada wanita.

Pada ibu hamil, penyakit ini dapat menyebabkan masalah selama kehamilan. Ketika kutil membesar, ibu hamil akan kesulitan dalam buang air kecil. Tak hanya itu, kutil pada labia juga akan mengurangi kemampuan jaringan untuk merenggang saat proses melahirkan.  Sementara, kutil besar pada vulva dapat menyebabkan pendarahan saat proses mengejan.

Bayi yang terlahir dari ibu yang memiliki kutil kelamin (Kondiloma Akuminata) juga akan mengalami masalah kutil pada tenggorokan. Selain itu, kondisi ini juga merusak kondisi psikis penderitanya. Sebab, penderita Kondiloma Akuminata akan merasa malu untuk mengakui bahwa dirinya merupakan orang yang aktif melakukan hubungan intim dengan beberapa pasangan.

 

Komplikasi Penyakit Kutil Kelamin

Penyakit Kutil kelamin memang perlu diidentifikasi sejak dini. Sebab, jika sudah terlanjur terinfeksi, cara menghilangkan kutil kelamin bukanlah perkara mudah. Bahkan penyakit kutil kelamin akan terus menjalar dan menyebabkan kanker penis.

Tak cuma itu, penyakit ini juga menimbulkan komplikasi yang cukup serius. Bila Anda tak peduli dan mencermatinya, bisa saja Anda terinfeksi dan menjadi orang yang menularkan kepada pasangan.

Adapun beberapa komplikasi kutil kelamin yang sering ditemui, diantaranya ;

  • Memunculkan kanker di daerah penis, mulut dan tenggorokan.
  • Untuk wanita, bisa membuat gangguan saat kehamilan.
  • Ibu dengan penyakit kutil kelamin berisiko menularkan infeksi kutil di tenggorokan kepada sang bayi.

 

Cara Menangani Penyakit Kutil Kelamin Di Klinik Pandawa

Bila Anda terkena penyakit Kutil Kelamin jangan ragu untuk datang ke Klinik Pandawa. Karena klinik ini merupakan salah satu klinik terbaik dalam menangani pasien Kutil Kelamin. Sudah banyak pasien Kutil Kelamin yang berhasil disembuhkan dan kembali beraktivitas seperti sedia kala.

Klinik Pandawa memiliki dokter ahli dan berpengalaman dalam menangani pasien Kutil Kelamin dan penyakit menular seksual lainnya. Jadi, Anda tak perlu ragu untuk mendapatkan penanganan yang terbaik dan terpercaya.

Apabila membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis ke dokter kami melalui bit.ly/2VdMqLL atau menghubungi 0821-1141-0672/ 021-62313337  whatsapp / SMS / telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.