PENYAKIT LENTIGO: GEJALA, PENYEBAB, DAN PENGOBATAN

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Daftar Isi

Lentigo atau Liver spots
Lentigo atau liver spots.

 

Usia bertambah tentu saja membuat kualitas permukaan kulit menjadi menurun. Bercak hitam atau kecoklatan akan muncul dan terekspos. Kondisi perubahan warna pada kulit ini dikenal dengan nama penyakit Lentigo atau liver spots. Lalu, bagaimana cara mengobati Lentigo ini?

Apakah Lentigo merupakan penyakit kulit berbahaya? Sama seperti Selulit dan Stretch Mark, Lentigo bukan merupakan penyakit kulit yang membahayakan. Berbeda bilamana, bercak Lentigo ini semakin meluas, warna pigmen semakin gelap, terasa gatal, atau sampai muncul ruam dan berdarah.

Walaupun cenderung tak berbahaya, Anda sebaiknya tetap berkonsultasi ke dokter mengenai masalah kulit ini. Hal ini bertujuan untuk mendiagnosis apakah Lentigo tersebut bisa menjadi kanker kulit atau tidak. Ada dua langkah diagnosis penyakit Lentigo. Pertama, dengan melihatnya secara visual dan kedua dengan melakukan prosedur biopsi.

Pengertian penyakit Lentigo

Lentigo adalah bintik hitam atau kecoklatan yang terekspos di daerah kulit. Biasanya muncul di bagian wajah,lengan, dan punggung tangan. Lazimnya, Lentigo berukuran 5-20 mm dengan bentuk yang tidak beraturan. Penyakit kulit ini bisa muncul secara mendadak dan berlangsung dalam waktu tahunan.

Pada umumnya, pria dewasa lansia yang mengalami Lentigo berusia 50 tahun ke atas. Mereka lebih rawan terkena penyakit ini dibandingkan anak-anak muda yang memiliki kondisi kulit yang lebih prima.

 

Gejala Lentigo

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, masalah kulit lentigo ini ditandai dengan kemunculan bintik-bintik berwarna hitam atau cokelat di area tubuh.

Anda bisa segera periksakan ke dokter jika terjadi perubahan pada bintik-bintik, bilamana:

  • Warna pigmen semakin gelap.
  • Memiliki bentuk yang tidak beraturan.
  • Memiliki kombinasi warna yang tidak biasa.
  • Ukurannya membesar secara cepat.
  • Gatal, muncul ruam, atau berdarah.

Perubahan ini mungkin saja tanda-tanda dari kanker kulit melanoma.

 

Penyebab Lentigo

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab penyakit Lentigo. Salah satunya, lewat paparan radiasi ultraviolet yang berlangsung secara terus menerus. Terlebih, bila Anda memiliki salah satu kondisi seperti ini.

  • Memiliki kulit yang cerah
  • Sering terkena sinar matahari
  • Menggunakan tanning bed
  • Sudah menjalani fototerapi atau terapi radiasi
  • Mengalami sindrom tertentu yang diturunkan

 

Jenis Lentigo

Dari sekian banyak jenis Lentigo, terdapat jenis Lentigo yang paling general, yakni Lentigo Simpleks. Adapun penyebab Lentigo Simpleks belumlah diketahui. Sebab, jenis Lentigo ini tidak terkait gangguan medis. Melainkan muncul sejak lahir atau timbul pada saat usia dini. Rata-rata ukurannya pun tak terlampau besar, 5-15 mm.

Berbeda dengan jenis Lentigo berikut yang muncul disebabkan oleh faktor tertentu.

  • Solar lentigoSolar lentigo muncul diakibatkan oleh paparan sinar matahari dengan radiasi ultraviolet terus-menerus. Sehingga, sel pigmen kulit yang disebut melanosit menjadi sangat aktif. Walhasil, produksi melanin semakin cepat. Sehingga, membuat kulit menjadi lebih gelap.
  • Ink spot lentigoLentigo yang muncul pada orang kulit putih. Hal ini diakibatkan terpaan sinar matahari berlebihan saat berjemur. Ink spot lentigo biasanya memiliki bentuk titik hitam.
  • Radiation lentigoLentigo ini dipicu akibat dari seringnya tindakan medis berupa radioterapi. Lazimnya pada pengobatan kanker.
  • PUVA lentigoLentigo yang muncul akibat dari pengobatan psoralen dan ultraviolet A (PUVA). Terapi ini dipakai untuk pasien psoriasis dan eksim.
  • Sun bed lentigoLentigo yang datang dari paparan sinar ultraviolet dari alat tanning bed dalam periode waktu yang lama.
  • Adapun Lentigo yang disebabkan karena kelainan bawaan, antara lain:
    • Sindrom Peutz-Jeghers. Munculnya bintik hitam kecil di wajah anak-anak.
    • Sindrom Noonan. Lentigines yang terbentuk akibat sindrom ini dan muncul di berbagai bagian tubuh yang berbeda.
    • Sindrom Bannayan-Riley-Ruvalcaba. Sindrom ini menjadi penyebab munculnya bintik hitam gelap pada tubuh.
    • Sindrom xeroderma pigmentosum. Sindrom ini mengakibatkan penderita lebih sensitive bila terpapar sinar ultraviolet dari matahari.

 

Cara Mencegah Lentigo

Bila Anda ingin menjaga kulit dan senantiasa sehat, cara mencegah Lentigo ini bisa dipraktekkan. Diantaranya:

  • Pakailah pakaian yang rapat. Gunakan pakaian yang menutupi tungkai dan lengan. Tak lupa, pakai topi lebar untuk memproteksi wajah dari sinar matahari.
  • Hindari sinar matahari pukul 10.00-14.00. Kerasnya sinar ultraviolet dengan terpaan sinar matahari yang intens bisa membuat kulit menjadi bermasalah.
  • Pakai tabir surya (sunblock). Oleskan tabir surya, untuk melindungi dari sinar UVA (gelombang ultraviolet panjang) dan UVB (gelombang ultraviolet pendek). Pilihlah tabir surya dengan SPF minimal 30, dan oleskan tiap 2 jam sekali.

 

Cara Penanganan Lentigo

Masalah gangguan kulit seperti lentigo ini memang sering membuat tak percaya diri. Menghilangkan atau menyamarkannya bisa menjadi solusi. Cara menangani gangguan kulit ini dengan beberapa treatment yang bisa dicoba, antara lain; 

  • Obat-obatan. Salah satunya adalah menggunakan krim pencerah kulit yang dapat memudarkan bintik-bintik secara bertahap.
  • Cryotherapy. Prosedur ini dilakukan untuk menghancurkan kelebihan pigmen tersebut dengan memberikan nitrogen cair atau bahan pendingin lainnya ke area lentigo hingga beku.
  • Laser (IPL). Terapi ini bertujuan untuk menghancurkan sel-sel penghasil melanin (melanosit) tanpa merusak permukaan kulit.
  • Chemical peelJenis pengobatan ini dilakukan dengan menggunakan zat kimia bersifat asam, sehingga lapisan kulit terluar akan terkelupas dan kulit baru akan terbentuk untuk menggantikan kulit yang terkelupas.
  • Dermabrasi dan mikrodermabrasi. Dermabrasi dimana teknik pengelupasan kulit menggunakan alat khusus dengan permukaan kasar untuk menghilangkan lapisan kulit terluar. Sementara, prosedur mikrodermabrasi menggunakan kristal kecil untuk membersihkan lapisan kulit terluar. Mikrodermabrasi memiliki efek samping lebih ringan dibanding dermabrasi.

 

Pengobatan Menghilangkan Lentigo di Klinik Estetika Pandawa?

Klinik Estetika Pandawa merupakan salah satu klinik estetika dan skin care terbaik di Jakarta. Klinik ini menangani beragam masalah penyakit kulit secara profesional. Salah satunya, mengobati Lentigo yang mengganggu.

Seperti diketahui, Lentigo merupakan masalah kulit yang bisa menurunkan tingkat percaya diri bagi wanita. Solusinya, Lentigo bisa dihilangkan melalui Klinik Pandawa dengan pengobatan terapi laser, nano fraksional venus versa, chemical peeling, PRP dan serum khusus penghilang Lentigo.

Bila Anda ingin mengetahui lebih lengkap? Silakan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Kami untuk menentukan perawatan lebih cocok untuk masalah kulit Anda.

Berbagai keluhan dan kelainan kulit seperti Acne Scar, Hiperpigmentasi, Selulit, Stretch Mark dan lainnya akan ditangani ahlinya. Pasien bisa lebih nyaman untuk berkonsultasi dan dapat memilih berbagai macam model treatment.

Dokter akan membantu menjelaskan dan merekomendasikan treatment apa saja yang disesuaikan dengan kondisi kulit dan kelainan kulit yang dialami pasien.

Kami memiliki banyak pasien dengan kasus Lentigo, Stretch Mark, Penuaan dini, Kulit kendur, Pigmentasi dan lainnya. Hasilnya, banyak pasien mengaku puas dengan pelayanan medis dan perawatan yang Kami berikan.

Apabila membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis ke dokter kami melalui bit.ly/2VdMqLL atau menghubungi 0821-1141-0672/ 021-62313337 whatsapp / SMS / telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Kami yang Berpengalaman