Kenali Penyakit Tinea Cruris yang Menyebabkan Rasa Gatal Pada Penis

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Daftar Isi

penyakit tinea cruris

Rasa gatal yang dialami oleh setiap pria pastinya membuat risih. Biasanya ini akan mengakibatkan tumbuhnya jamur pada kulit yang lembab, hangat, dan berkeringat, seperti selangkangan. Selain selangkangan, penyakit tinea cruris dapat menyebar ke paha, bokong, hingga dubur, tetapi jarang timbul di skrotum atau penis. Kenali lebih dalam apa itu penyakit tinea cruris, gejala dan penanganannya. Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

 

Apa itu Tinea Cruris?

Tinea cruris yang umumnya disebut jock itch merupakan peradangan fungi ataupun jamur yang menjangkiti kulit di bagian paha dalam, dekat kemaluan, serta pinggul bagaikan pemicu timbulnya ruam bercorak merah yang biasanya berbentuk lingkaran dan terasa gatal.

Tumbuhnya jamur pada kulit menjangkiti banyak orang yang banyak mengeluarkan keringat, semacam olahragawan, tetapi banyak diderita pula oleh banyak orang yang mengalami kegemukan. Pengidap ini bukanlah pengidap yang serius, namun sering menimbulkan rasa gatal yang mengganggu dan membuat tidak nyaman.

 

Gejala Tinea Cruris

Penyakit tinea cruris memiliki gejala pertama yang muncul ditandai kulit berwarna merah menyebar dari lipatan pangkal paha sampai paha bagian atas yang berbentuk setengah lingkaran. Pangkal paha hendak merasakan sedikit gatal pada tahap awal peradangan, tetapi bila tidak lekas ditangani, situasi akan memburuk serta memunculkan rasa gatal yang tidak tertahankan.

Ruam umumnya timbul di kedua pangkal paha serta menjangkiti lipatan di sekelilingnya, serta mempunyai garis pinggir yang kecil dan terasa gatal ataupun dibakar, dan akan membuat kulit yang terkena menjadi bersisik atau terkelupas.

 

Penyebab 

Tumbuhnya jamur kulit ini menyebabkan semacam fungi yang dapat menyebar dari pemakaian handuk ataupun busana yang terinfeksi ataupun lewat kontak langsung dengan penderita. Tidak hanya itu, tinea cruris pula kerap diakibatkan oleh fungi pemicu tinea pedis ataupun kutu air, sebab peradangan dapat menyebar dari kaki ke pangkal paha.

Fungi sangat mudah berkembang di bagian badan yang hangat dan basah, semacam paha bagian dalam, pinggul, serta pangkal paha, dan di area yang basah diantara handuk yang kotor, lantai yang basah, dan pakaian penuh keringat. Ada beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan terjangkitnya penyakit tinea cruris, yakni:

  • Banyak berkeringat.
  • Mengidap pengidap kulit lain.
  • Kelebihan berat badan atau obesitas.
  • Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.
  • Berjenis kemaluan laki-laki, walaupun perempuan pula mungkin bisa terjangkit.
  • Memakai celana dalam yang ketat atau alat bantu atletik yang tidak dicuci setelah digunakan.
  • Menggunakan ruangan loker dan kamar mandi umum.

 

Pengobatan Penyakit Tinea Cruris

Klinik Pandawa ialah salah satu Klinik Kulit dan Kelamin terbaik di kota Jakarta menyediakan layanan untuk mengobati Penyakit Tinea Cruris. Dokter kulit yang profesional, alat-alat kesehatan yang modern, dan fasilitas yang memadai menjadikan Klinik Pandawa pilihan tepat bagi Anda yang ingin melakukan Tinea Cruris dapat datang langsung ke Klinik Pandawa Kulit dan Kelamin.

Jika Anda ingin berkonsultasi online dengan dokter kami bisa ke nomor 0821-1141-0672/021-6231-3337 (telepon/SMS/WA) atau melalui KONSULTASI ONLINE GRATIS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Kami yang Berpengalaman