PENYAKIT TRICHOMONIASIS : GEJALA, FAKTOR RISIKO, KOMPLIKASI, DAN PENGOBATAN

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
berbagai komplikasi berbahaya akibat infeksi menular ims trichomoniasis
Trikomoniasis disebabkan oleh parasit Trichomonas vaginalis, yang menyebar dengan hubungan seksual.

 

Trikomoniasis ialah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh parasit Trichomonas vaginalis. Trikomoniasis menular via hubungan seksual. Selain hubungan seksual, berbagi pakai alat bantu seks dengan penderita trikomoniasis juga bisa menularkan penyakit ini. Penyakit trikomoniasis sering kali tidak memunculkan gejala. Meski tanpa gejala, seseorang yang menderita trikomoniasis konsisten bisa menularkannya terhadap orang lain.

Penyakit ini merupakan yang paling umum dari kelompok infeksi menular seksual (IMS). Infeksi ini tidak fatal tetapi dapat memicu komplikasi, seperti ketidaksuburan, infeksi jaringan kulit vagina (selulitis) pada wanita. Pada pria, menyebabkan tersumbatnya uretra.

 

Gejala Trikomoniasis 

Trikomoniasis sering kali tidak memiliki gejala yang dirasakan. Center For Disease Control and Prevention melaporkan bahwa hanya 30 persen orang dengan trikomoniasis melaporkan memiliki gejala.

Dalam sebuah penelitian, 85 persen wanita yang terkena dampak tidak memiliki gejala apapun. Meski demikian, banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya telah terinfeksi parasit ini sehingga tidak melakukan perawatan apa pun.

 

Gejala dan Tanda pada Wanita

  • Keputihan yang tidak umum. Adalah Keputihan yang bertekstur lembut hingga sedikit berbusa. Warnanya biasanya kuning, hijau atau abu-abu. Gejala ini biasanya timbul dalam waktu seminggu setelah terpapar.
  • Vagina gatal. Wanita dengan trikomoniasis mungkin juga mengalami gatal di sekitar ataupun dalam vagina. Rasa gatal kadang kala timbul dan menyebar luas. Rasa gatal malah dapat terjadi di lipatan labia (bibir vagina)
  • Vagina luka atau iritasi. Jikalau area vagina Anda terasa gatal yang berlebihan dan kamu menggaruknya, ini dapat menyebabkan radang atau luka terbuka yang menyakitkan dan mungkin sulit untuk disembuhkan. Pada situasi yang lebih lanjut, trikomoniasis dapat timbul seperti benjolan merah di bawah kulit. Ini dapat memicu area vagina kamu kian gatal, tapi kamu patut berupaya membendung diri untuk tidak menggaruk.
  • Nyeri perut bawah. Jikalau trikomoniasis telah masuk dalam stadium lanjut, biasanya terjadi 20 hari atau lebih setelah terpapar, benjolan merah dapat mulai menyebar di komponen dalam dinding vagina. Hal ini disebabkan oleh parasit yang kian berkembang. Benjolan ini dapat menyebabkan relasi seksual yang menyakitkan dan juga sakit perut komponen bawah. Nyeri perut ini biasanya mereda satu atau dua hari setelah perawatan.

 

Gejala dan Tanda pada Pria 

  • Rasa sakit, bengkak dan kemerahan di area ujung penis
  • Keluarnya cairan putih dari penis
  • Nyeri saat kencing atau setelah ejakulasi
  • Sering buang air kecil dari biasanya

 

Penyebab Trikomoniasis

Trikomoniasis disebabkan oleh parasit Trichomonas vaginalis, yang menyebar dengan hubungan seksual. Parasit ini juga dapat menular melalui berbagi pakai alat bantu seks yang tidak dibersihkan terutamanya dulu.

Risiko trikomoniasis akan meningkat pada seseorang yang:

  • Acap berganti-ganti pasangan seksual.
  • Tak menggunakan kondom ketika berkaitan seksual.
  • Pernah menderita trikomoniasis.
  • Pernah menderita penyakit menular seksual.

 

Parasit ini tidak dapat menular via seks oral, seks anal, kecupan, dudukan kloset, atau berbagi pakai alat makan. Jangka inkubasi dari parasit ini belum dapat diatur secara pasti, tapi biasanya sekitar 5 hingga 28 hari.

 

Faktor Risiko Terkena Trikomoniasis

Ada banyak faktor risiko untuk penyakit ini:

  • Memiliki beberapa pasangan seksual
  • Pernah mengalami infeksi menular seksual
  • Tidak menggunakan kondom

 

Tidak memiliki faktor risiko tidak menandakan Anda terbebas dari penyakit ini. Tanda-tanda ini hanya sebagai referensi. Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis untuk informasi selengkapnya.

 

Komplikasi Trikomoniasis

Bila tidak ditangani, trikomoniasis bisa menimbulkan komplikasi serius, lebih-lebih pada ibu hamil. Komplikasi yang bisa terjadi ialah bayi terlahir prematur atau terlahir dengan berat badan rendah, dan penularan trikomoniasis ke bayi ketika persalinan.

Di samping itu, trikomoniasis yang terjadi pada wanita bisa membuat penderitanya lebih rentan terkena infeksi HIV.

 

Pengobatan Trichomoniasis di Klinik Pandawa Jakarta

Baiknya bila kamu mengalami hal seperti di atas, konsultasikan kepada dokter ahlinya, agar tidak salah dalam menjalani pengobatanan. Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik spesialis penyakit kelamin terbaik di Jakarta. Fasilitas pelayanan medis yang diberikan antara lain penyakit andrologi, penyakit ginekologi, penyakit bedah, penyakit kulit dan kelamin.

Klinik pandawa didukung dan dilayani oleh para dokter ahli dan berpengalaman di penyakit kelamin khususnya penyakit trikomoniasis. Dibantu oleh para asisten yang berpengalaman, alat-alat medis pemeriksaan dan pengobatan yang lengkap dan canggih, termasuk laboratorium, USG dan rontgen.

Klinik pandawa mengutamakan pelayanan medis yang berkualitas dengan standar nasional. Prinsip profesionalitas, berintegritas, transparan, keterbukaan dan jujur dalam melayani pasien adalah life style klinik pandawa. Perihal biaya berobat di klinik pandawa sangatlah relatif murah dan terjangkau bagi semua lapisan sosial ekonomi dibanding klinik dan rumah sakit sekitar jakarta. Garansi kami buat pelayanan dan kulitas pelayanan yang memuaskan dan menyenangkan bagi pasien adalah hal utama.

Klinik Pandawa Jakarta memiliki banyak pasien dengan penyakit menular seksual dengan berbagai penyebab dan komplikasi. Ada banyak pasien yang telah disembuhkan dan merasa puas dengan pelayanan kami.

Apabila membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut, silahkan berkonsultasi online gratis dengan dokter kami di link bit.ly/2VdMqLL atau hubungi  melalui whatsapp / SMS / telp 0821-1141-0672. Kami dengan senang hati melayani. Segala rahasia medis akan terjamin.

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Spesialis Kami