Penyakit Ulkus Kelamin (Ulcus Molle) Bisa Menular, Waspadalah!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Penyakit Ulkus Kelamin (Ulcus Molle) Bisa Menular

Penyakit Ulkus Kelamin

Anda mungkin sering mendengar soal penyakit menular seksual yang cukup umum, misalnya HIV/IDS, Gonore, dan Sifilis. Namun di negara-negara yang berkembang masih ada satu jenis penyakit seksual menular yang masih sering ditemui, yaitu penyakit ulkus kelamin. mungkin sebagian orang masih belum tahu ulkus kelamin seperti apa. Sebenarnya, Penyakit Ulkus kelamin menular. Yuk! kita mengenal lebih jauh tentang penyakit tersebut.

 

Apa itu Penyakit Ulkus Kelamin?

Penyakit Ulkus Mole (Chancroid)  adalah infeksi bakteri yang terjadi di area genitalia, baik pada laki-laki maupun perempuan. Bakteri penyebab infeksi ini adalah Haemophilus ducreyi. Bakteri itu menyerang jaringan- jaringan di bagian luar Miss V serta penis alhasil memunculkan cedera ataupun bintil- bintil kecil. Penyakit ini juga dikenal dengan istilah kankroid.

 

Tanda-tanda dan Gejala Ulkus Kelamin

Gejala penyakit ulkus kelamin sangat beragam macamnya bagi pria maupun wanita. Biasanya, gejalanya mulai muncul satu hari sampai beberapa minggu setelah berhubungan seksual. Gejala umum dari ulkus mole adalah:

  • Gejala Pada Pria

Adanya benjolan kecil dan merah pada penis yang dapat berubah menjadi luka terbuka dalam satu atau dua hari. Ulkus( luka) bisa terbentuk pada tiap area alat kelamin, termasuk penis serta skrotum.

  • Gejala Pada Wanita

Umumnya akan muncul empat benjolan merah atau lebih pada labia, di antara labia dan anus, atau pada paha. Labia adalah lipatan kulit yang menutupi alat kelamin wanita. Setelah benjolan “matang” menjadi luka terbuka, wanita dapat mengalami sensasi terbakar atau nyeri selama buang air kecil atau besar.

 

Ciri-ciri Penyakit Ulkus Kelamin

Ada sebagian ciri khas bentol yang bisa jadi menunjukkan Anda terkena penyakit ulkus mole. Berikut rinciannya.

  • Bintil berukuran kecil sampai sedang, biasanya mulai dari 0,3 sampai 5 sentimeter.
  • Di tengah- tengah bintil terdapat ujung yang kira- kira lancip yang warnanya abu- abu kekuningan.
  • Bintil mudah berdarah, apalagi saat disentuh.
  • Muncul rasa nyeri di selangkangan (tepatnya di bawah perut, di atas paha).
  • Bila sudah parah, terjadi pembengkakan kelenjar getah bening di pangkal paha yang menimbulkan luka bernanah.

 

Apa Penyabab Ulkus Kelamin?

Ulkus Mole disebabkan oleh bakteri yang disebut Haemophilus ducreyi. Bakteri ini melanda jaringan serta menghasilkan luka terbuka yang sering- kali diucap bagaikan chancroid (kankroid) ataupun ulkus.

Luka ini muncul pada atau di dekat organ reproduktif eksternal. Kondisi ini memengaruhi baik pria maupun wanita. Ulkus bisa berdarah ataupun menghasilkan cairan menular yang bisa menyebarkan kuman sepanjang hubungan intim oral, anal, ataupun vaginal. Kankroid pula bisa menyebar dari kontak kulit ke kulit dengan orang yang terkena.

Infeksi ini ditemukan di banyak bagian dunia, seperti Afrika dan Asia barat daya. Sangat sedikit orang yang didiagnosis dengan infeksi ini di daerah lain setiap tahunnya. Kebanyakan orang di daerah lain yang didianosis dengan penyakit ini umumnya sudah melaksanakan perjalanan ke luar negara ke wilayah di mana peradangan ini lebih biasa.

 

Faktor yang Memicu Ulkus Kelamin

Penyebab penyakit Ulkus Mole dapat ditularkan melalui seks. Tidak tahu itu melalui penetrasi penis ke dalam Miss V, seks anal, ataupun seks oral. Penyakit ulkus mole juga dapat ditularkan lewat kontak fisik antara orang yang menderita penyakit ini dengan orang yang sehat. Pasalnya, bakteri Haemophilus ducreyi tinggal dalam darah ataupun larutan yang terdapat dalam luka serta bintil kecil pengidapnya.

Jika Anda aktif dengan cara intim, Kamu mungkin beresiko terserang ulkus mole ini. Jika Anda berpergian ke atau tinggal di negara yang tidak memiliki sumber daya yang memadai, Anda bisa jadi lebih berisiko daripada orang yang tinggal di tempat-tempat yang memiliki sumber daya berlimpah. Sumber daya ini meliputi:

  • Layanan kesehatan
  • Makanan
  • Tempat tinggal
  • Air bersih

 

Pengobatan Ulkus Kelamin di Klinik Pandawa

Penyakit ulkus mole harus melakukan penanganan medis jika tidak akan membahayakan kondisi kesehatan anda dan pasangan. Kondisi ini dapat sembuh jika diobati. Klinik Pandawa merupakan klinik yang bisa menangani masalah kulit Anda. Maka dari itu saat pertama kali datang, Anda yang ingin menghilangkan Jamur Kulit akan melakukan anamnesis (wawancara) dengan dokter. Kemudian dokter akan memeriksa kondisi kulit dan tahi lalat yang dimiliki.

Jika dirasa mengganggu, dokter akan melakukan tindakan menghilangkan Infeksi Jamur Kulit dengan cauterisasi. Prosesnya pun hanya berlangsung beberapa menit. Pertama, dokter akan membersihkan area sekitar tahi lalat untuk menghilangkan kuman dengan menggunakan obat antiseptik.

Kedua, setelah dibersihkan pengangkatan Infeksi Jamur Kulit dengan cauterisasi pun dilakukan secara perlahan. Setelah Infeksi Jamur Kulit sudah sempurna diangkat, salep antibiotik dioleskan untuk mencegah terjadinya infeksi di bekas luka. Setelah selesai, Anda pun sudah bisa kembali beraktivitas kembali seperti semula.

Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, maka Anda dapat berkonsultasi online dengan dokter ahli Kami secara gratis di nomor 0821-1141-0672/021-62313337 (telepon/SMS/WA) atau klik http://bit.ly/rollkonsul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Kami yang Berpengalaman