Punya Bercak Putih di Wajah? Ketahui Penyebabnya dan Begini Cara Ampuh Mengatasi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Penyebab Bercak Putih di Wajah Memang Ganggu Ini Cara Mengatasinya

penyebab bercak putih di wajah

Perubahan warna pada kulit sering sekali terjadi, terutama pada bagian wajah. Hal tersebut bisa saja terjadi karena kulit dan wajah sering terpapar sinar matahari langsung. Adapun noda wajah yang biasanya muncul seperti noda kecokelatan, hitam ataupun bercak putih yang dikira panu. Sepintas, kebanyakan dari kita pasti menganggap bahwa bercak putih di wajah sebagai penyakit panu. Namun nyatanya itu kurang tepat, karena ada banyak penyebab bercak putih di wajah.

Apapun penyebabnya bercak putih di wajah akan membuat kita tidak percaya diri untuk tampil di depan umum. Namun, Sahabat Pandawa tidak perlu khawatir, karena kami akan memberikan penjelasan tentang cara mengatasi bercak putih di wajah. Langkah terbaik untuk mengatasi hal tersebut adalah mengobatinya sesuai dengan penyebabnya.

 

Bercak putih di wajah

Bercak-bercak putih yang membuat belang di kulit, termasuk di wajah, dikenal sebagai bercak hipopigmentasi, yaitu kondisi di mana kulit tampak lebih terang atau putih, karena kekurangan pigmen melanin. Kondisi ini dapat dipengaruhi oleh banyak hal, mulai dari infeksi, iritasi, luka, hingga kondisi autoimun.

 

Penyebab Bercak putih di wajah

1. Panu atau tinea versicolor. Dimana kelainan kulit jenis ini disebabkan oleh pertumbuhan jamur. Panu biasanya ditandai dengan bintik-bintik berwarna merah muda dan putih yang tampak bersisik atau kiring.
Sebagai salah satu penyebab bercak putih di wajah, panu biasanya disertai dengan keluhan gatal yang mengganggu. Panu lebih rentan dialami oleh orang yang banyak berkeringat, memiliki kulit berminyak, tinggal di daerah yang lembap.

2. Vitiligo. Dimana kondisi autoimun yang memicu timbulnya kelainan kulit berupa hilangnya pigmentasi kulit dan dapat timbul di berbagai area tubuh termasuk wajah. Awalnya bercak putih di wajah akan timbul dalam ukuran kecil dan semakin lama semakin luas. Hal ini umumnya baru muncul gejala di rentan usia 20-an.

3. Sun spot. Sunspot atau juga dikenal dengan istilah hipomelanosis gutata idiopatik merupakan kelainan kulit yang terlalu sering terpapar sinar matahari. Gejalanya berupa bercak putih di wajah, lengan, maupun tungkai.
Keluhan ini tak menimbulkan rasa gatal atau nyeri, dan sama sekali tidak berbahaya. Sunspot tergolong sulit dihilangkan sehingga bisa sangat mengganggu penampilan orang yang mengalaminya.

4. Milia merupakan penyebab bercak putih di wajah yang berukuran kecil, dan sedikit menonjol. Gangguan ini dapat terlihat sebagai benjolan-benjolan kecil di wajah, yang berwarna lebih putih dari kulit di sekelilingnya. Namun, pada sebagian orang juga dapat berkembang di bagian mulut.

5. Pityriasis Alba, merupakan penyebab bercak putih di wajah, yang umumnya terjadi pada anak atau orang dewasa dengan alergi.
Bercak yang ditimbulkan oleh pityriasis alba umumnya bercorak putih atau merah muda, berbentuk bulat atau oval, dan terletak di daerah dagu atau pipi. Penyakit ini bisa terbilang ringan, karena tak menimbulkan keluhan yang berarti.

6. Kerusakan kulit. Cidera bakar, baret, meradang, atau iritasi dapat menimbulkan kerusakan jaringan kulit. Area kulit yang rusak tersebut, mungkin akan kehilangan pigmentasi, sehingga akan tampak sebagai bercak putih. Kondisi ini dikenal juga sebagai hipopigmentasi pasca inflamasi.

 

Cara mengatasi bercak putih di wajah

Cara penanganannya pun berbeda-beda dan dilihat dari penyebab bercak putih di wajah. Untuk memastikan dan aman, tentu Sahabat Pandawa perlu konsultasikan pada ahlinya.

Munculnya bercak putih di wajah bukanlah suatu penyakit atau gangguan yang serius, namun tetap dibutuhkan perawatan khusus. Kunjungi dokter spesialis kulit untuk mengecek kulit Sahabat Pandawa, terutama bila bintik atau bercak putih tetap meluas, setelah melakukan perawatan selama beberapa minggu. Dengan berkonsultasi dengan dokter, maka dokter akan merekomendasikan produk yang dapat mengembalikan pigmentasi kulit Sahabat Pandawa.

Selain dokter akan merekomendasi obat atau krim, tidak salahnya Sahabat Pandawa mencoba cara alternative dengan teknologi fototerapi.

Salah satu cara untuk mengatasi bercak putih di wajah adalah dengan fototerapi. Terapi bersama sinar UV-A dan narrowband UV-B (NBUVB) ini adalah salah satu modalitas terapi untuk kondisi vitiligo.

Tindakan fototerapi pada umumnya dilakukan 2 hingga 3 kali dalam seminggu, bergantung dari kondisi dan keluhan yang dialami pasien.

 

Fototerapi di Klinik Pandawa

Sebagai klinik estetika terpercaya di Jakarta, Klinik Pandawa juga melengkapi teknologi kecantikan dengan modalitas alat modern nan canggih, salah satunya dengan teknologi Sinar UV-A dan Sinar UV-B Dermalight.

Fototerapi UV yang dimiliki telah ditetapkan sebagai metode pengobatan yang terbukti dan efektif untuk benyak penyakit kulit seperti Eksim, Psoriasis, Vitiligo, Neurodermatitis dan terapeutik. Termasuk untuk mengatasi penyebab bercak putih di wajah.

Sahabat Pandawa dapat berkonsultasi online dengan dokter ahli Estetika & Skin care Kami secara gratis di nomor 0821-1141-0672/ 021-62313337 (telepon/SMS/WA) dan bisa Reservasi untuk mendapatkan penanganan pertama dari Kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Kami yang Berpengalaman