Tak Cuma Dialami Anak Kecil, Orang Dewasa Pun Bisa Terkena! Ini Dia Penyebab Cacar Air

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Sahabat pandawa mungkin sudah tidak asing lagi dengan penyakit cacar air ini. Penyakit cacar air ini bisa menyerang dan tak mengenal usia. Baik anak kecil maupun orang dewasa. Penyakit cacar ini muncul dengan ruam-ruam yang gatal, seperti lepuhan. Lantas seperti apa penyebab cacar air ini dan bagaimana mengobati cacar air yang tepat? Yuk, kita bahas bersama di bawah ini.

penyebab cacar air

Mengenal Penyakit Cacar air

Penyakit cacar air atau dalam istilah medis disebut varicella merupakan infeksi yang dipicu oleh virus bernama Varicella zoster. Bagi orang yang terinfeksi virus ini ditandai dengan munculnya ruam kemerahan berisi cairan yang sangat gatal di seluruh tubuh.

Pada kasus besar, cacar air merupakan penyakit ringan, khususnya setelah digalakkan program vaksinasi cacar air pada pertengahan tahun 1990-an. Kendati demikian, cacar air tetap dapat menimbulkan komplikasi yang lebih serius pada penderita yang memiliki sistem imun yang lemah, misalnya penderita HIV/AIDS.

 

Gejala Cacar air

Gejala cacar air seperti ruam merah di perut atau punggung. Selain itu, cacar air juga ditandai dengan beberapa gejala lain seperti:

  • Demam
  • Pusing
  • Lemas
  • Nyeri tenggorokan

Setelah ruam merah muncul, Anda akan merasa gatal. Perlu diketahui, bilamana tidak semua penderita cacar air mengalami gejala ruam yang sama. Ada yang mengalaminya di sekujur tubuh (hingga area mulut, telinga, dan bokong). Namun ada juga yang hanya pada bagian tubuh tertentu saja –seperti kulit kepala, wajah, lengan, dan kaki.

Rasa gatal yang muncul dari bintil-bintil cacar ini seringkali menimbulkan rasa tak tertahankan. Tapi sayangnya, Anda harus tetap menahan diri tidak menggaruknya. Sebab garukan pada bintil bisa membuat kulit infeksi atau memicu munculnya luka parut (scar) setelah Anda sembuh.

Untuk penderita usia remaja dan dewasa, biasanya gejala yang muncul lebih parah dibanding pada anak-anak. Orang dewasa yang mengidap penyakit cacar air juga mempunyai risiko lebih tinggi terkena komplikasi.

Jika Anda berusia di atas 12 tahun, sedang hamil, atau memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter agar mendapat penanganan tepat dan dapat mencegah terjadinya komplikasi.

Penyebab Penyakit Cacar air

Seperti yang telah disebutkan, penyebab cacar air ditimbulkan oleh virus varicella-zoster yang merupakan anggota keluarga virus herpes. Virus ini juga menyebabkan herpes zoster pada orang dewasa.

Cacar air dapat menyebar dengan sangat mudah kepada orang lain. Setelah seseorang tertular, orang tersebut akan melewati masa inkubasi selama 10-21 hari. Setelah itu akan muncul tanda kulit melepuh sampai semua lepuh berkerak. Penyakit cacar air dapat menular jika Anda menyentuh cairan dari cacar air atau jika seseorang dengan penyakit batuk atau bersin di sekitar Anda.

Sebagian besar kasus cacar air terjadi pada anak-anak di bawah 10 tahun. Penyakit ini biasanya ringan, meskipun komplikasi serius dapat terjadi. Gejala cacar air parah seringnya mengintai pada anak-anak yang sistem kekebalannya belum bekerja dengan baik.

Faktor risiko

Kapan harus mewaspadai cacar air? Waktu yang harus diwaspadai adalah 1-2 hari sebelum ruam merah muncul hingga 7 hari setelahnya atau hingga bintil benar-benar kering dan mengelupas.

Berikut adalah faktor yang dapat meningkatkan risiko Anda terkena cacar air:

  • Belum pernah kena cacar air
  • Belum mendapatkan vaksinasi cacar air, terutama ibu hamil
  • Berada dalam satu ruangan dengan penderita cacar air selama lebih dari 1 jam
  • Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah
  • Satu rumah dengan anak-anak berusia di bawah 10 tahun

Komplikasi dan bahaya

Berbahayakah cacar air? Penyakit ini memang sering dianggap tidak membahayakan jiwa. Namun ada sebagian penderita cacar air mengalami kondisi yang lebih parah. Pada beberapa kasus, bisa saja terjadi komplikasi seperti kesulitan bernapas, kulit di sekitar bintil terasa merah dan terlihat gejala infeksi. Selain itu juga dapat terjadi gejala dehidrasi seperti mulut kering dan jarang buang air kecil. Jadi jangan pernah meremehkannya.

 

Diagnosis Cacar Air

Proses diagnosis cacar air tidak harus melewati tes atau pemeriksaan darah. Diagnosis dapat dibuat dengan melihat gejala klinis seseorang. Bagi para ibu yang mengandung atau yang sedang menyusui, baiknya segera berkonsultasi dengan dokter apabila mengalami gejala cacar air.

Virus cacar air yang dialami oleh ibu hamil bisa saja memengaruhi janin yang dikandungnya dan menyebabkan kelainan pada bayi saat lahir. Diagnosis serta penanganan yang cepat dan tepat akan mengurangi risiko komplikasi.

Dokter pun akan melakukan tes pengambilan darah untuk memastikan cacar air. Pemeriksaan laboratorium sendiri untuk menunjang diagnosis varisela dengan pemeriksaan Ig G Elisa virus varicela. Bila tubuh Anda mempunyai antibodi virus cacar air, berarti Anda terlindungi dari penyakit tersebut. 

Pencegahan dan Pengobatan Cacar air

Setelah mengetahui penyebab cacar air dan gejala-gejala di atas, jangan ragu untuk segera ke klinik terdekat apabila Anda mengalaminya. Pengobatan cacar air bertujuan untuk mengurangi keparahan gejala dan penyebab cacar air yang dialami oleh pasien, dengan atau tanpa bantuan obat. Ada beberapa pengobatan mandiri yang bisa dilakukan untuk meringankan gejala, yaitu:

  • Perbanyak minum dan mengonsumsi makanan bergizi yang lembut.
  • Tidak menggaruk ruam atau luka cacar air.
  • Mengenakan pakaian berbahan lembut dan ringan.

Sebagai upaya pencegahan penyakit cacar air, dianjurkan untuk melakukan vaksinasi cacar air atau vaksin varicella. Untuk mencegah penyebaran cacar air, jangan beraktivitas di luar rumah dahulu sampai semua bintil mengering dan mengelupas.

Kurang lebih membutuhkan waktu kira-kira 10 hari setelah gejala pertama muncul dengan tidak beraktivitas. Hindari kontak dengan mereka yang belum mendapatkan perlindungan vaksinasi cacar air.

Klinik pandawa melayani penyakit penyebab cacar air baik anak-anak maupun orang dewasa. Klinik Pandawa dapat dihubungi di nomor telepon 021-62313337 atau 0821-1141-0672 (telepon/SMS/WA) dan klik layanan konsultasi untuk berkonsultasi online dengan dokter kami secara gratis seputar penyakit dan keluhan Sahabat Pandawa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Kami yang Berpengalaman