PENYEBAB DAN BAHAYA TIMBULNYA PENYAKIT VERUCA DI KULIT

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

 

Penyakit kutil kulit
Veruka vulgaris (Kutil Kulit) atau common warts adalah kutil jinak pada kulit dan mukosa yang disebabkan oleh human papilloma virus (HPV)

 

Kutil adalah pertumbuhan kecil dengan tekstur kasar yang dapat muncul di mana saja di bagian tubuh. Dapat terlihat seperti lepuh padat atau kembang kol kecil. Kutil disebabkan oleh virus dalam keluarga human papillomavirus (HPV). Munculnya kutil tergantung pada lokasi tubuh dan ketebalan kulit. Orang dengan sistem kekebalan yang lemah lebih cenderung memiliki kutil.  

 

Apa Itu Penyakit Veruca?

Veruka vulgaris (Kutil Kulit) atau common warts adalah kutil jinak pada kulit dan mukosa yang disebabkan oleh human papilloma virus (HPV). Dapat muncul di mana saja pada bagian kulit, tetapi seringkali muncul pada jari, tangan dan lengan. Mayoritas pasien dengan veruka vulgaris adalah anak-anak sampai dengan dewasa muda.

Infeksi HPV diperoleh dari kontak langsung dengan individu yang terkena atau dari lingkungan (misalnya, dari lantai yang terkontaminasi di tempat-tempat seperti mandi seperti kolam renang). Kulit yang rusak atau basah merupakan penyebab utama terjadinya infeksi. Virus dapat bertahan hidup di luar tubuh untuk jangka waktu yang lama, mungkin berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

 

Apa Saja Gejala Penyakit Veruca?

Salah satu tanda dari penyakit kutil kulit ini adalah ditemukannya satu benjolan atau lebih pada permukaan kulit dengan warna sedikit kemerah-merahan. Tetapi, benjolan pada kulit atau kutil tersebut semakin lama dapat bertumbuh hingga menjadi lebih besar. Veruca (kutil kulit) atau benjolan pada kulit dapat tumbuh di bagian tubuh manapun. Namun, kutil atau benjolan tersebut lebih sering ditemukan di area punggung, tangan, dan jari tangan.

Terkadang penyakit veruca (kutil kulit) ini tidak menimbulkan gejala apapun. Meskipun begitu terkadang juga menimbulkan rasa nyeri pada tangan, kaki, dan area di bawah kuku hingga dapat merusak kuku. Dan pada anak-anak nyeri tersebut sering muncul pada area wajah atau leher.

Berikut ini adalah tanda dan gejala yang dapat ditimbulkan oleh penyakit veruca (kutil kulit) menurut jenisnya, yaitu:

  • Benjolan dengan permukaan kasar. Ukuran benjolan ini berkisar mulai 1 mm hingga 1 cm dan dapat tersebar pada bagian tubuh manapun, namun lebih sering menemukannya pada area tangan dan lutut.
  • Kutil yang berbentuk panjang dan ramping. Biasanya dapat tumbuh dan tersebar di bagian wajah, bibir, dan kelopak mata.
  • Benjolan yang mengkilap dan menjadi bulat. Benjolan ini dapat tumbuh hingga bagian dalam kulit dan berkembang menjadi kapalan. Biasanya, kutil ini sering tumbuh pada bagian tubuh yang menahan beban atau berat badan, seperti telapak kaki.
  • Benjolan dengan ukuran 1 – 5 mm. Jumlah benjolan ini dapat mencapai angka ratusan dan dapat tersebar di seluruh bagian tubuh, benjolan ini biasanya terjadi pada area wajah, tangan dan tulang kering.

 

Jenis penyakit kutil yang paling umum dapat dilihat sebagai berikut :

  • Kutil Plantar (verruca vulgaris)

Kutil Plantar dapat muncul di bagian pangkal kaki. Memiliki permukaan yang keras, terangkat, kasar dan mungkin tampak seperti cauliflower. Kutil plantar dapat terjadi di bagian tubuh mana saja, tetapi paling umum tumbuh pada jari, siku, lutut, dan area dengan kulit yang rusak. Pembekuan pembuluh darah sering terlihat pada kutil umum plantar sebagai bintik kecil yang gelap yang dikenal sebagai kutil biji.

Veruka (Kutil kulit) yang menyakitkan sering muncul di kaki, telapak kaki, dan tumit. Tumbuh di kulit karena berat badan yang mendorong ke telapak kaki. Kutil plantar biasanya memiliki titik hitam, pusat kecil yang dikelilingi oleh jaringan putih yang keras. Kutil Plantar sangat sulit untuk dibersihkan.

  • Kutil pesawat, atau veruka plana.

Kutil pesawat berbentuk bulat, datar, dan halus. Berbentuk kekuningan, kecoklatan, atau berwarna kulit. Dikenal juga sebagai kutil datar, mereka tumbuh paling sering di daerah yang terkena sinar matahari. Dan cenderung tumbuh dalam jumlah yang lebih besar, antara 20 hingga 100.

  • Filiform warts, atau verruca filiformis

Kutil filiform berbentuk panjang dan kurus.biasanya dapat tumbuh dengan cepat di bagian  kelopak mata, leher, dan ketiak.

  • Kutil mosaik

Kutil mosaik atau bagian dari beberapa gabungan kutil plantar dalam kelompok besar. Bentuknya seperti benjolan tapi tidak seperti tahi lalat, berwarna sama dengan kulit. Kutil ini tidak mengandung nanah kecuali ketika kutil mosaik terjadi infeksi.

 

Apa Penyebab Penyakit Veruca?

Veruka vulgaris (kutil kulit) disebabkan oleh infeksi HPV (Human papiloma virus) pada epidermis. Telah diketahui penyebab terjadinya veruka vulgaris (kutil kulit) adalah sub tipe HPV 1, 2, 4, 7, 27, 29, 57 dan 63. Virus HPV menyebabkan pertumbuhan keratin yang berlebihan dan cepat, yang merupakan protein keras pada lapisan atas kulit yang menyebabkan kutil yang berbeda. Virus penyebab kutil dapat ditularkan melalui kontak langsung pada kulit, kontak dengan handuk atau sepatu. Dapat mempengaruhi sel epitel yang menyebabkan papula atau benjolan kecil yang kasar. Masa inkubasi atau pertumbuhan veruca (kutil kulit) sangat bervariasi, mulai dari satu bulan hingga lebih dari setahun.

 

Virus dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh dengan cara :

  • Menggaruk atau menggigit kutil
  • Mengisap jari yang terkena kutil (veruca)
  • Menggigit kuku yang terkena kutil di sekitarnya
  • Mencukur wajah atau kaki
  • Kulit basah atau rusak, dan bersentuhan dengan permukaan kasar veruka  meningkatkan risiko infeksi
  • Goresan atau luka di telapak kaki yang dapat menimbulkan veruka (kutil kulit) di bagian dalam yang biasa tertular di sekitar kolam renang umum. Resiko utama dapat ditularkannya kutil atau veruka jika orang tersebut memiliki sistem kekebalan yang terganggu. Ini termasuk orang dengan HIV atau AIDS, dan mereka yang menggunakan imunosupresan setelah transplantasi.

 

Bahayanya Penyakit Veruca

Komplikasi sekunder yang dapat terjadi apabila veruca (kutil kulit) tidak segera diobati, maka akan timbulnya :

  • Rasa sakit
  • Infeksi yang semakin parah
  • Penyebaran kutil pada tubuh bagian lain
  • Bekas luka yang merusak bentuk kulit tubuh dan tampilan
  • Terjadinya keloid formation atau kelainan penyembuhan luka berupa pertumbuhan berlebihan dari jaringan parut melebihi batas luka, dan melebihi waktu normal proses penyembuhan luka, sehingga menimbulkan kerusakan pada kulit
  • Psychological rasa cemas yang tinggi atau perubahan varuca (kutil kulit) yang menjadi ganas.

 

Bagaimana Diagnosis Penyakit Veruca ?

Diagnosis terhadap penyakit veruca (kutil kulit) ini didasarkan pada penampilan klinis kulit penderita. Gambaran klinis akan membantu dokter dalam menegakkan diagnosis dan menyingkirkan kemungkinan lainnya. Dalam proses diagnosis, dokter juga akan melakukan pemeriksaan yang meliputi wawancara terarah dan pemeriksaan kulit. Dokter mungkin bertanya tentang riwayat keluarga, dan mengambil beberapa jaringan untuk di tes. Dokter juga akan melakukan pemeriksaan dengan mikroskop jika diperlukan. Ingat, segeralah konsultasikan kepada dokter jika anda mengalami keluhan yang serupa dengan gejala dan tanda veruca (kutil kulit) yang telah disebutkan. Sehingga dapat mempercepat penyembuhan serta pemberian terapi yang benar, sesuai, dan tepat.

 

Penanganan Penyakit Veruca (Penyakit Kutil Kulit) di Klinik Pandawa

Klinik pandawa memiliki dokter ahli yang berpengalaman dalam melakukan pengobatan penyakit Veruca (Kutil Kulit). Klinik Pandawa memiliki fasilitas dan alat yang memadai, modern dan lengkap. Klinik Pandawa juga sudah cukup lama bertahun-tahun melayani pasien penyakit kulit dan kelamin khususnya penyakit Veruca (Kutil Kulit).

Rata-rata semua pasien puas dengan pelayanan dan pengobatan yang di lakukan oleh dokter klinik pandawa. Hampir semua pasien tidak ada yang bermasalah setelah pengobatan, dan hasil pengobatan lebih maksimal.

Apabila membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis ke dokter kami melalui bit.ly/2VdMqLL atau menghubungi 0821-1141-0672/ 021-62313337  whatsapp / SMS / telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Paste your AdWords Remarketing code here
klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Spesialis Kami