Ini Lho Penyebab Gatal di Selangkangan dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

penyabab gatal di selangkangan

Sahabat Pandawa, tentu pernah mengalami gatal-gatal di tubuh. Tapi bagaimana dengan gatal di selangkangan? Tentu mau menggaruk pun pasti ribet dan malu. Hal ini jadi mengganggu aktivitasmu sehari-hari. Area selangkangan yang gatal tersebut, awalnya tampak kemerahan atau mengelupas atau bersisik. Apalagi bila semakin lembap, rasa ingin menggaruk pun makin tinggi. Lalu, seperti apa sih penyebab gatal di selangkangan ini? Dan bagaimana cara mengobati gatal di selangkangan dengan ampuh? Yuk, kita simak artikel di bawah ini.

 

Beberapa Penyebab Gatal di Selangkangan

Penyebab Gatal di selangkangan – Kurang menjaga kebersihan alat kelamin

Selangkangan menjadi salah satu area tubuh yang selalu tertutup. Pasalnya, area bawah ini sering ditutupi dan dikenakan lebih dari satu lapisan pakaian sehingga membuat udara di bagian selangkangan jauh lebih hangat di bandingkan dengan bagian tubuh lainnya.

Bila Sahabat Pandawa tidak telaten menjaga kebersihan area vital akan membuat area tersebut berkeringat dan lembap. Selain itu, adanya rambut kemaluan membuat keringat, sel kulit mati, dan kuman rentan mudah berkembang. Hal inilah yang menjadi penyebab gatal di selangkangan.

 

Iritasi

Gesekan kulit antara paha dan selangkangan saat Sahabat Pandawa berlari maupun berjalan dapat memicu kulit paha menjadi sensitif dan meradang. Bila kamu menggosok atau menggaruk daerah yang gatal, hal tersebut akan menyebabkan peradangan pada lapisan luar kulit sehingga membuat kulit menjadi kemerahan, ruam seperti luka bakar, gatal-gatal dan bahkan bersisik.

Ruam kemerahan akibat iritasi ini juga otomatis membuat kamu tidak nyaman saat memakai gaun, rok, atau celana. Terutama jika pada saat itu cuaca sedang panas-panasnya. Apabila dibiarkan dan tak segera tangani, kulit yang basah akan makin lembap oleh karena keringat sehingga membuat lecet makin parah.

 

Penyebab Gatal di Selangkangan – Infeksi Jamur

Penyebab gatal di selangkangan selanjutnya bisa terjadi karena ulah dari jamur tinea cruris. Seperti yang tadi disebutkan, area selangkangan menjadi salah satu lokasi paling strategis jamur berkembang biak dengan cepat karena berada di tempat lembap dan hangat. Kondisi ini menjadi hal umum penyebab gatal di selangkangan.

Tinea cruris sendiri merupakan infeksi dermatofit atau penyakit yang disebakan jamur pada daerah selangkangan yang biasa dikenal sebagai kurap. Pada dasarnya jamur penyebab kurap ini secara natural tinggal dan berada di jaringan kulit, rambut, dan kuku yang mati. Dalam banyak kondisi, keberadaan jamur ini tidak berbahaya. Tetapi di sisi lain, jamur ini dapat berkembang biak dengan sangat cepat dan menyebabkan infeksi ketika area yang tinggali mereka sangat hangat dan lembap.

 

Kutu Kelamin                                   

Penyebab gatal di selangkangan selanjutnya adalah karena adanya kutu. Bila Sahabat Pandawa mengalami rasa gatal, iritasi dan muncul bintik putih kecil di rambut kemaluan bisa jadi Kamu terkena kutu kelamin.

Memiliki nama lain Phthirus Pubis serangga ini merupakan parasit kecil yang hidup di rambut kasar manusia termasuk rambut kemaluan. Kutu kelamin ini bila dilihat dengan bantuan kaca pembesar menyerupai seperti kepiting kecil, berukuran 1 hingga 2 milimeter yang berwarna kekuningan atau kecokelatan.

Jika kamu mengalami kutu kelamin, maka kamu akan selalu merasakan gatal di selangkangan yang parah. Rasa gatal ini bisa makin terasa pada malam hari dimana kutu lebih aktif dan memakan darah manusia. Kutu kelamin pun bisa memicu luka pada area vital serta ditandai abu-abu biru kecil yang dikenal sebagai macula cerulae.

 

Dermatitis kontak

Penyebab gatal di selangkangan selanjutnya bisa disebabkan oleh Dermatitis kontak, yang mana membuat pengaruh bagian tubuh manapun termasuk pangkal paha. Adapun dermatitis kontak terdiri dari dua jenis, yaitu alergi dan iritasi. Dermatitis kontak alergi muncul pada orang-orang yang sensitif terhadap zat tertentu yang tidak berbahaya. Kondisi ini bisa terjadi pada saat seseorang mengalami kontak dengan sabun, shampo, dan bahkan deterjen.

Sedangkan dermatitis kontak iritasi adalah ketika kulit mengalami iritasi dari suatu zat meskipun tidak memiliki alergi terhadap zat tertentu. Iritasi dapat bervariasi mulai dari keringat, urin, kotoran, kosmetik, hingga perhiasan (biasanya dengan tindikan) dan pakaian ketat bisa juga jadi penyebab gatal di selangkangan. Pada umumnya gatal akibat dermatitis kontak ini tidak begitu parah, hanya saja dapat mengganggu.

 

Intertrigo

Penyebab gatal di selangkangan selanjutnya karena peradangan di kulit atau intertrigo yang muncul di antara lipatan kulit. Hal ini disebabkan oleh bakteri dan jamur yang seharusnya tak berada di kulit. Area yang paling risiko seperti ketiak, leher, pangkal paha, lipatan bawah payudara, serta area vital.

Peradangan kulit ini bisa makin buruk oleh banyak faktor seperti kelembapan, cuaca panas, kurangnya sirkulasi udara (misal, mengenakan pakaian yang terlalu sempit), hingga gesekan kulit dengan kulit atau kulit dengan pakaian.

 

Penyebab Gatal di Selangkangan – Herpes Genital

Penyebab gatal di selangkangan juga bisa disebabkan oleh virus herpes. Herpes genital atau herpes kelamin ini merupakan salah satu infeksi menular seksual. Di mana di kasus ini dapat menyebabkan area kelamin bengkak, terasa panas, mengalami peradangan dan memerah hingga rasa nyeri di selangkangan.

Terkadang selain gatal akan muncul lentingan atau bentol berisi cairan bening. Apabila Bentol berisi cairan ini pecah makan menyebabkan nyeri dan luka yang menyakitkan. Herpes kelamin sendiri memiliki sifat kambuhan. Jika Kamu pernah mengalami ini maka kamu bisa jadi mengidap herpes genital lagi.

 

Penyakit menular seksual

Selain herpes kelamin, penyebab gatal di selangkangan bisa jadi oleh akibat penyakit menular seksual. Hubungan seksual yang taka man bisa memicu penyakit kelamin yang menular dan banyaknya dari penyakit ini memberikan sensasi gatal di selangkangan. Seperti penyakit gonore, trikomoniasis ataupun sifilis.

Rasa gatal di selangkangan ini dapat berkembang menjadi rasa nyeri dan terbakar. Apabila Sahabat Pandawa mengalami selangkangan gatal disertai gejala lain dari penyakit kelamin, seperti vagina/ penis gatal, nyeri saat buang air kecil, keputihan berbau menyengat, dan sakit saat berhubungan intim, segera hubungi dokter ahlinya.

 

Cara Mengobati Gatal di selangkangan di Klinik Pandawa

Penyebab gatal di selangkangan memiliki banyak pemicunya. Begitu juga dalam cara mengobati gatal di selangkangan. Sebelumnya, untuk mengatasi atau mencegah kamu bisa untuk tidak menggaruknya, karena semakin di garuk akan membuat iritasi yang lebih parah. Kemudian, kamu juga bisa memastikan menjaga alat vital kamu tetap bersih dan kering atau tidak lembap. Hindari juga memakai pakaian atau busana double atau ketat yang menghambat sirkulasi udara yang masuk.

Bilamana Sahabat Pandawa masih menggalami gatal di selangkangan dan makin parah, jangan ragu untuk konsultasikan pada dokter ahlinya.

Klinik Pandawa, terpercaya mengatasi penyakit kulit dan kelamin serta infeksi menular seksual salah satunya dengan gejala gatal di selangkangan yang dapat berbahaya bila tak cepat ditangani.

Apabila Sahabat Pandawa membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut maka bisa melakukan KONSULTASI ONLINE GRATIS dengan dokter kami melalui layanan konsultasi. Sahabat Pandawa juga dapat menghubungi kami melalui nomor 0821-1141-0672/ 021-62313337 Whatsapp / SMS/ telp. Segala rahasia medis terjamin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Kami yang Berpengalaman