Gatal di Kelamin, Cari Tahu Penyebabnya dan Cara Penanganan yang Tepat

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Penyebab Gatal Pada Kelamin Dapat Bermacam-macam

penyebab gatal pada kelamin

Sahabat Pandawa pernah merasakan gatal pada kelamin? Pasti rasanya tidak nyaman dan menyusahkan karena berada di daerah sensitive. Rasa ingin garuk pun harus diam-diam karena rasanya tidak sopan dan malu ingin menggaruk area ini. Sahabat Pandawa pun tidak tahu apa penyebab gatal pada kelamin, apa karena salah memilih bahan celana dalam atau karena keringat. Tapi memang ada yang perlu diperhatikan, bila gatal pada kelamin bisa menjadi pertanda dari masalah atau penyakit serius. Karena itu pun Sahabat Pandawa harus mengetahui apa saja yang bisa menjadi penyebab gatal pada kelamin. Mari simak terus penyebab gatal pada kelamin wanita dan pria yang bermacam-macam dan cara mengatasinya, di bawah ini.

Sahabat Pandawa bisa mencari tahu apa saja kemungkinan penyebab gatal pada kelamin di artikel ini. Meski begitu, Sahabat Pandawa tetap membutuhkan pernyataan khusus dan diagnosis tepat dari dokter ahlinya. Karena apabila Sahabat Pandawa mengasal menebak penyebabnya dan mencoba sembarang obat, maka yang ada akan berisiko masalah kesehatan lain yang lebih serius.

 

Cari Tahu Penyebab Gatal Pada Kelamin 

Gatal pada kelamin wanita dan pria secara umum tidak terlalu berbeda, kecuali untuk beberapa penyebab tertentu.

Wanita

Gatal pada area kewanitaan atau gatal di vagina, bisa jadi merupakan ciri-ciri dari terjadinya infeksi jamur, bakteri, atau kondisi lainnya. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab gatal:

  • Krim atau cairan pembilas vagina.
  • Tingkat estrogen yang tidak stabil pada wanita menjelang menopause atau menstruasi.
  • Pembalut saat haid. Di akibatkan karena Sahabat Pandawa terlalu lama tidak mengganti pembalut atau memang dari bahan pembalut itu sendiri.
  • Cairan kimia atau alkohol dari sabun atau produk pembersih tubuh lain.
  • Keputihan tak normal. Keputihan tak normal bisa merupakan gejala penyakit, dimulai dari infeksi jamur hingga kanker serviks. Biasanya ditandai dengan cairan keputihan yang cenderung berwarna kekuningan, bau menusuk, dan lebih banyak dari biasanya.
  • Pakaian (termasuk pakaian dalam) yang terlalu ketat, atau berbahan tidak menyerap keringat. Apalagi bila pakaian itu baru dibeli dan langsung dipakai akan bisa memunculkan iritasi sehingga bisa menjadi penyebab gatal pada kelamin.
  • Penyakit menular seksual adalah infeksi menular seksual yang tersebar akibat adanya hubungan intim. Adapun gejala penyakit kelamin ini memiliki ciri antara lain, munculnya ruam atau lepuhan dan rasa nyeri di area kemaluan seperti chlamydia, kutil kelamin, dan herpes kelamin.
  • Kudis. Dimana kondisi ini ditandai dengan munculnya rasa gatal berlebih pada kulit, terutama pada malam hari, disertai dengan timbulnya ruam bintik-bintik menyerupai jerawat atau lepuhan kecil bersisik. Hal ini disebabkan oleh karena adanya tungau yang bersarang di kulit.
  • Kondisi kulit seperti eksim dan psoriasis. Seringkali, eksim dan psoriasis membuat kulit gatal, merah dan kering, bahkan pecah-pecah dan kasar. Eksim dapat terjadi pada bagian tubuh kamu manapun.
  • Stres.

 

Pria

Tak hanya gatal pada kelamin wanita dan pria pun bisa muncul di area penis, diikuti oleh tanda-tanda lain, seperti rasa terbakar atau rasa tidak nyaman lainnya. Beberapa pemicu yang biasa ditemui, antara lain:

  • Infeksi jamur, seperti tinea cruris atau kurap. Infeksi jamur yang mengenai kulit di daerah alat kelamin, selangkangan, dan pantat. Hal ini lantaran area-area tersebut merupakan tempat yang lembab dan hangat.
  • Penyakit menular seksual. Adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, jamur, atau parasit yang ditularkan dari satu orang ke orang lainnya melalui hubungan intim. Penyakit ini juga disebut sebagai penyakit kelamin.
  • Kudis. Dimana kondisi gangguan kulit ini mudah menular, baik secara kontak langsung atau tidak. disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabiei.
  • Kutu kelamin. Adalah serangga parasit yang ditemukan di area kemaluan atau alat kelamin manusia. Kutu kelamin ini membuat rasa gatal dan sebentar-sebentar ingin menggaruk dan biasanya hinggap di kemaluan.
  • Pakaian dalam yang terlalu ketat atau berbahan tidak menyerap keringat.
  • Reaksi alergi.
  • Reaksi iritasi.
  • Balanitis. Adalah peradangan yang timbul pada ujung kepala penis (glans penis) dan kulit yang melingkupinya dan biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, jamur maupun penyebab lainnya. Balanitis ditandai dengan adanya pembengkakan dan kemerahan pada kepala penis.
  • Dermatitis seperti dermatitis simpleks, seboroik, dan atopik

 

Mengatasi dengan Tepat

Cara menanganinya pun disesuaikan dengan penyebab gatal pada kelamin wanita dan pria. Bila gatal pada kelamin terasa mengganggu, jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter, dengan pemeriksaan fisik yang lengkap dan tes medis seperti tes urine, bisa diketahui penyebab dasarnya dan dipastikan pengobatan yang sesuai.

Jika mengalami infeksi jamur, maka dibutuhkan obat antijamur. Jika gatal pada kelamin terjadi karena infeksi bakteri seperti gonore pada penyakit menular seksual, maka dibutuhkan antibiotik. Hal ini pun baiknya harus dibawah pengawasan dokter.

 

Tes Penyakit Kelamin

Bila diperlukan Sahabat Pandawa harus mencoba tes penyakit kelamin, karena untuk memastikan indikasi-indikasi kuman-kuman penyakit kelamin. Bila dari hasil tes tersebut Sahabat Pandawa terindikasi salah satu penyakit kelamin, maka pengobatan gatal pada kelamin wanita dan pria dapat segera ditangani.

 

Pengobatan Gatal Pada Kelamin Wanita dan Pria di Klinik Pandawa

Bila Sahabat Pandawa merasakan gatal pada kelamin terus menerus, sebaiknya jangan disepelekan. Segera kunjungi klinik Pandawa klinik khusus kulit dan kelamin terbaik di Jakarta. Dengan dokter dan tenaga medis yang berpengalaman dan ahli, Klinik Pandawa memberikan penanganan pertama dalam hal penyebab gatal pada kelamin wanita dan pria maupun penyakit kelamin yang Sahabat Pandawa derita.

Segera hubungi layanan konsultasi dokter online kami tanpa dipungut biaya dan dapatkan informasi lebih lanjut melalui nomor 0821-1141-0672 (WA/TLP/SMS).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Kami yang Berpengalaman