Mengenali Penyebab Mata Panda dan Cara Mengatasinya!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

mata panda ataupun lingkaran

Mata panda ataupun lingkaran gelap di bawah mata selalu diidentikkan dengan kurang tidur. Tetapi, kurang tidur bukan salah satunya penyebab mata panda. Orang yang kehilangan cairan tubuh, mengalami penuaan, ataupun menderita penyakit tertentu serta dapat memiliki mata panda ataupun lingkaran gelap di bawah mata.

Mata panda dapat dirasakan oleh laki- laki, perempuan, serta pada umur berapapun termasuk anak- anak. Ciri- cirinya, bagian kantong mata berwarna lebih hitam dari warna kulit wajah. Keberadaannya memberi kesan lebih tua dari usia sesungguhnya.

 

Berbagai Penyebab Mata Panda

Mata panda yang mungkin dirasa mengkhawatirkan dari faktor penampilan oleh beberapa besar kaum hawa ini, biasanya dikarenakan oleh:

  • Kurang tidur
    Saat kurang tidur, darah tidak mengalir dengan bagus. Akhirnya, darah yang terkumpul di bawah mata bisa nampak, sebab kulit di wilayah ini sangat tipis. Tidak hanya mata panda, kurang tidur juga membuat mata jadi nampak bengkak. Sebab kurang tidur bisa menimbulkan badan menjadi letih, hingga penampilan wajah juga bisa menjadi kusam serta timbul mata panda.
  • Faktor usia
    Bersamaan bertambahnya usia, kulit menjadi semakin tipis. Lambat- laun, kulit juga mulai kehabisan elestasitasnya. Disaat kondisi ini terjadi, pembuluh darah di bawah mata terus menjadi nampak nyata alhasil menimbulkan mata panda.
  • Kebiasaan menatap layar
    Melihat layar tv, pc, ataupun telepon genggam dalam waktu lama dapat mengakibatkan ketegangan pada mata. Ketegangan ini menghasilkan pembuluh darah di dekat mata membengkak. Akhirnya, kulit di dekat mata jadi hitam.
  • Genetik
    Mata panda juga dapat diturunkan dalam keluarga. Tidak hanya itu, orang yang mempunyai kulit lebih gelap juga lebih beresiko alami mata panda.
  • Dehidrasi
    Dehidrasi juga merupakan salah satu penyebab mata panda, kulit dibagian bawah mata akan terlihat cekung dan sayu, pada saat tubuh kekurangan air.
  • Kebiasaan merokok dan minum alkohol
    Style hidup yang tidak bagus, semacam kerutinan merokok serta komsumsi alkohol, juga bisa menimbulkan mata panda sebab menumpuknya cairan di dalam badan. Dampak komsumsi alkohol serta merokok lama kelamaan bisa membuat peredaran darah di kulit wajah jadi tidak lancar alhasil lingkar mata nampak lebih hitam semacam mata panda.
  • Paparan sinar matahari
    Paparan cahaya matahari bisa mengakibatkan badan memproduksi lebih banyak pigmen ataupun melamin penggelap kulit. Paparan cahaya matahari yang mengenai mata bisa menimbulkan pigmentasi di kulit dekat mata, alhasil warnanya jadi lebih hitam.
  • Alergi
    Respon alergi serta mata kering bisa mengakibatkan lingkaran hitam. Pada saat mengalami alergi, badan akan melepaskan histamin sebagai respons kepada penyebab alergi. Histamin bisa menimbulkan pembuluh darah membengkak serta jadi lebih nampak, termasuk yang terletak di bawah mata.

 

Cara Mengatasi Mata Panda
Terdapat beberapa teknik yang dapat dicoba untuk menanggulangi mata panda. Seperti berikut ini:

  • Kompres mata
    Salah satu teknik untuk menghilangkan mata panda yakni dengan membagikan kompres dingin pada mata. Triknya, balut es batu dengan kain bersih, setelah itu pejamkan mata Anda serta taruh kompres dingin itu pada mata. Mengompres dengan es batu ini dapat mengurangi perubahan warna di bawah mata secara sementara.
  • Tidur cukup
    tidur yang terallu banyak juga tidak terlalu bagus, karena hal ini pun dapat menyebabkan mata panda. Namun, yang kita ketahui bahwa waktu tidur tiap individu berbeda, namun rata-rata orang dewasa butuh tujuh hingga sembilan jam untuk beristirahat setiap malamnya.
  • Hindari merokok, kafein dan minuman beralkohol
    Tidak hanya memenuhi keperluan air, jauhi merokok, kafein, serta minuman beralkohol, sebab ketiganya dapat mengakibatkan kehilangan cairan tubuh yang membuat area di bawah mata jadi hitam.
  • Mengoleskan krim
    Untuk menangani mata panda, Anda dapat menggunakan krim yang memiliki retinol, dan vit C serta E, untuk menolong mencerahkan warna gelap di bawah mata.
  • Tutupi dengan riasan
    Mengoleskan concealer tipis- tipis di bawah mata dapat menyembunyikan mata panda. Seleksi concealer yang senada dengan warna kulit Anda.
  • Gunakan kacamata hitam
    Maanfaatkan kacamata hitam saat berkegiatan di luar ruangan pada siang hari, untuk melindungi mata dari teriknya cahaya matahari
  • Hindari menggosok mata
    Bila Anda mengalami reaksi alergi ataupun merasa gatal pada mata, hindari menggosoknya. Hindari hal yang bisa mengakibatkan timbulnya tanda- tanda alergi serta kunjungi dokter untuk memperoleh penyembuhan yang pas.

 

Apabila mata panda tidak menyambangi memudar ataupun malah memburuk sesudah melakukan penanganan di atas, sebaiknya Anda bertanya dengan dokter. Krim spesial ataupun merekomendasikian perawatan tambahan yang akan diresepkan dokter, semacam pengelupasan kulit ataupun terapi laser untuk menyembuhkan mata panda.

 

Apa itu IPL Treatment?

Pengunaan sinar lampu xenon dalam intensitas yang tinggi sebagai perawatan kulit dan meremajakan kulit adalah IPL treatment

Treatment ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat, flek dan noda hitam penuaan, kerutan dan garis halus, bekas luka, dan berbagai permasalahan kulit lainnya.

IPL Treatment adalah terapi yang sama seperti terapi laser, beberapa tanggapan orang seperti itu, Padahal, kedua perawatan IPL dan Laser memiliki cara dan alat yang berbeda.

menggunakan satu gelombang cahaya yang bersifat terkonsentrasi pada satu sel target saja itulah bagaimana Laser Treatment bekerja.

Sementara, treatmen yang memanfaatkan paduan bermacam-macam gelombang cahaya yang dapat menarget area yang lebih besar adalah cara kerja IPL Treatment. Efek samping Laser Treatment lebih tinggi daripada IPL Treatment.

Seperti yang diketahui bahwa Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik spesialis estetika dan skin care terbaik di Jakarta. Disini juga terdapat IPL treatment untuk menghilangkan mata panda yang anda keluhkan. Kami menjamin bahwa kualitas klinik ini memberikan proses tindakan yang cepat dan aman.  Treatmen terbaik akan diberikan sesuai kebutuhan anda oleh Dokter ahli dan profesional yang dimiliki.

Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, maka Anda dapat berkonsultasi online dengan dokter ahli Kami secara gratis di nomor 0821-1141-0672/021-62313337 (telepon/SMS/WA) atau klik konsultasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Paste your AdWords Remarketing code here
klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Spesialis Kami