Penyebab Noda Hitam (Freckles) di Wajah Terasa Gatal?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Penyebab Noda Hitam
Salah satu penyebab kita tidak percaya diri ada flek hitam yang ada di kulit wajah padahal sudah makeup setebal-tebalnya biar muka mulus dan cantik. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui gangguan penyebab Noda hitam (Freckles) di wajah terasa gatal. Apa saja penyebab noda hitam? Yuk, simak ulasan pada artikel ini.

Apa Itu Noda Hitam (Freckles)?

Noda hitam (Freckles) adalah Flek hitam (Freckles) merupakan sebutan untuk kumpulan pigmen alami, ataupun melanin, yang berisi melanosome. Flek hitam di wajah bisa terlihat walaupun bisa pula timbul pada bagian tubuh lain, semacam tangan serta pundak. Bintik- bintik ini hendak mengarah gampang dilihat dan mudah timbul pada orang dengan warna kulit cerah.

Gejala Noda Hitam

Noda hitam pada kulit akan terlihat semacam bintik ataupun bintik noda berwarna cokelat jelas yang merata. Noda hitam akan memudar seiring berkurangnya intensitas paparan cahaya mentari. Sebaliknya, sangat banyak terpapar cahaya mentari bisa menimbulkan inflamasi ataupun disebut sunburn freckles.

Noda hitam umumnya tidak berbahaya untuk kesehatan dan umumnya tidak beresiko kanker. Tetapi, pada kasus yang jarang, noda hitam atau flek hitam bisa menjadi pertanda dari penyakit xeroderma pigmentosum dan neurofibromatosis. Bercak gelap yang sulit dibedakan dengan kondisi kanker kulit pula beresiko, contohnya melanoma. Oleh sebab itu, ada baiknya mewaspadai bintik ataupun titik bercak tersebut. Segera temui dokter kulit untuk mengidentifikasi serta memperoleh diagnosis yang tepat.

Gangguan Penyebab Noda Hitam di Wajah

Gangguan penyebab noda hitam ini muncul karena meningkatnya produksi melanosome dalam pigmen, paling utama sehabis terpapar oleh cahaya matahari. Pigmen merupakan melamin yang memastikan corak pada kulit, mata, rambut, dan bagian khusus dalam telinga orang. Bagian kulit yang mempunyai banyak melanosome akan berwarna lebih hitam dibanding kulit sekelilingnya. Noda hitam bisa meningkat hitam sehabis terhampar cahaya mentari, alhasil pemakaian tabir surya amat dianjurkan buat orang dengan kecondongan ini.

faktor geografis juga menjadi pemicu terlihatnya kelainan kulit. Banyak orang yang hidup di sekitar garis khatulistiwa cenderung mempunyai lebih banyak pigmen bagaikan jawaban badannya terhadap cahaya matahari. Proses ini menghasilkan kulit mereka lebih biasa bercorak cokelat hitam. Hal ini dipengaruhi oleh karakteristik pigmen yang bisa meresap cahaya mentari, sekalian menghalau radiasi UV.

Noda hitam juga bisa terjadi karena bawaan genetik. Orang- orang dengan kulit terang serta mempunyai rambut blonda ataupun merah merupakan yang kerap hadapi situasi ini. Bercak gelap pula dapat timbul pada orang- orang berumur. Bercak- bercak ini diketahui dengan julukan liver spot ataupun sun spot.

 

Fakta yang menjadi gangguan penyebab noda hitam, yaitu:

  • Usia

penyebab bercak gelap timbul di wajah yang pertama adalah karena usia yang terhitung sudah tidak muda lagi. Perihal ini diakibatkan sebab kulit yang kehilangan elastisitasnya, alhasil rentan kepada bercak- bercak hitam serta sel- sel yang rusak sejalan dengan bertambahnya usia. Bercak gelap yang timbul sebab umur diucap pula dengan lentigine. Buat menghindarinya, kalian bisa memakai krim anti- penuaan semenjak umur 3 puluhan.

  • Peradangan

peradangan juga bisa menyebabkan seseorang mengalami timbulnya bercak gelap di wajah. Tidak hanya itu, luka yang terjadi pada kulit, semacam jerawat, eksim, reaksi alergi ataupun situasi kulit yang lain pula bisa menyisakan bintik hitam. Maka dari itu, terbentuknya kendala bercak gelap di wajah tercantum perihal yang bisa diwajari.

  • Faktor Genetik

pigmentasi juga dapat dipengaruhi sebab faktor keturunan. Disebutkan bahwa pemicu timbulnya bercak gelap merupakan faktor genetik dengan persentase dekat 20 hingga 70 persen. Tidak hanya itu, aspek ras pula mempengaruhi tampaknya becak gelap itu. Bercak gelap biasa ditemukan pada seorang yang ialah generasi hispanik serta kalangan kulit bercorak hitam.

  • Ketidakseimbangan Hormon

beberapa hormon juga dapat jadi pemicu bercak gelap atau noda hitam, semacam hormon estrogen, progesteron, dan pigmen stimulating hormon. Gangguan penyebab noda hitam ini biasa terjadi pada perempuan yang lagi berbadan dua alhasil bercak gelap gampang timbul di area wajah paling utama kala memasuki trimester ketiga kehamilan.

  • Kurang Asupan Vitamin

Vitamin menjadi salah satu konsumsi penting untuk melindungi kesehatan kulit wajah. Seseorang yang badannya kekurangan vitamin lebih gampang mengalami timbulnya bercak gelap pada wajah. Maka dari itu, selalu pastikan badanmu memperoleh konsumsi vitamin B12, K, dan vitamin E lewat kapsul ataupun makanan khusus supaya bisa menghindari timbulnya bercak gelap.

  • Pengguna Kosmetik

Tahukah kamu apabila kosmetik yang digunakan setiap hari juga bisa menyebabkan timbulnya bercak gelap di wajah? Kandungan bahan kimia tertentu yang ada didalamnya dapat memicu melanocyte, alhasil mengakibatkan produksi pigmen berlebih. Tidak hanya itu, beberapa bahan yang terdapat di kosmetik bisa mengakibatkan fotosensitivitas, yang membuat kulit wajah jadi lebih sensitif kepada cahaya mentari walaupun berada di dalam ruangan seharian.

Pencegahan Noda Hitam

sebagian orang yang mempunyai bercak gelap mempunyai opsi buat menempuh treatment laser sebagai upaya menghilangkan bercak- bercak tersebut. Tidak hanya treatment laser, pemilik bercak gelap bisa memakai kosmetik buat menyembunyikan bercak- bercak yang dirasa mengusik performa.

Kapan Harus Ke Dokter?

Lalu, jika Anda mengalami keluhan bintik cokelat di wajah (freckles) bias langsung berkonsultasi di Klinik Estetika Pandawa. Kemudian, dokter akan mendiagnosa dan merekomendasikan tindakan yang tepat untuk penanganan noda hitam yang ada di wajah tersebut. Sebagai solusi, treatment skin laser dipilih untuk menghilangkan noda tersebut.

Treatment skin laser ini berlangsung cukup singkat. Meski, tergantung seberapa besar area noda hitam yang ada di wajah. Nantinya, setelah perawatan bintik-bintik cokelat mulai memudar. Kulit pun jadi lebih bersih dan bebas jerawat.

Tindakan skin laser untuk menghilangkan noda hitam (freckles) biasanya dilakukan beberapa kali. Untuk melengkapinya, penggunaan krim, serum, suntik, dan obat minum juga bisa digunakan untuk hasil yang lebih optimal. Dengan treatment skin laser, Anda pun bisa kembali beraktivitas seperti semula dan tidak ada kemerahan pada wajah Anda.

Dari beberapa kasus menghilangkan noda hitam ini, Klinik Pandawa mampu memberikan solusi layanan terbaik di Jakarta. Proses tindakan yang cepat serta nyaman jadi jaminan kualitas di Klinik Kita.  Dokter ahli dan profesional yang dimiliki mampu membagikan treatment terbaik sesuai kebutuhan Kamu.

Apabila Anda menginginkan informasi lebih lanjut, maka Kamu bisa bertanya online dengan dokter ahli Kita secara free di nomor 0821- 1141- 0672 atau 021- 62313337( telepon/ SMS/ WA) ataupun klik konsultasi.

One Response

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *