Penyebab Penis Bau Tak Sedap Waspada Penyakit Kelamin

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

 

Penyebab Penis Bau Tak Sedap Waspada Penyakit Kelamin

Penyebab penis bau

Sahabat Pandawa, pernah mendapati penis bau tak sedap? Penyebab penis bau tak sedap bermacam-macam. Penis yang sehat seharusnya tidak mengeluarkan aroma tak sedap. Jika penis berbau apek atau pesing, mungkin karena Kamu kurang menjaga kebersihan alat vital Kamu. Terlebih, apabila keringat berlebihan ketika beraktivitas luar ruang. Namun, apabila sudah mengeluarkan aroma tak sedap, hal ini mungkin menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang perlu kamu cek ke dokter. Kalau begitu, Yuk, simak terus artikel penyebab penis bau tak sedap waspada penyakit kelamin di bawah ini, ya!

Penyebab penis bau, selain karena keringat, David Kaufman, M.D., ahli urologi dari Central Park Urology New York, makanan bisa menjadi jadi Mr. P mengeluarkan aroma tak sedap dan menyengat. Misalnya, makan makanan yang kuat rasa bawang putihnya bisa membuat keringat ditubuh menjadi beraroma bawang putih juga. Sebagian besar kondisi Penis yang bau ini umumnya tidak serius dan bisa diobati.

 

Penyebab Penis Bau

Meski begitu, ada beberapa kondisi Mr. P mengeluarkan aroma tak sedap lainnya yang mungkin perlu Kamu waspadai.

1.Smegma.

Smegma adalah bercak putih yang terbuat dari campuran sel-sel kulit mati, minyak, keringat, dan kotoran yang menumpuk menjadi “daki” disekitar lipatan kulit Penis. Smegma sering terjadi pada Penis yang tidak disunat dikarenakan kulit kulup paling rentan berkeringat.

Jika Kamu jarang membersihkan Penis, “daki” tersebut akan menjadi tempat tinggal bagi kuman dan bakteri yang dapat menjadi penyebab Penis bau. Smegma yang sudah mengering dapat menyebabkan iritasi dan peradangan infeksi pada Penis. Rutin bersihkan Penis dari smegma dengan langkah-langkah berikut:

    • Tarik kulit kulup kepala Penis ke belakang.
    • Cucilah Penis dengan air mengalir dan sabun tanpa mengandung alkohol dan pewangi.
    • Usap dan gosok kulit Penis dengan lembut.
    • Bilas bersih dan tepuk-tepuk dengan handuk halus hingga Penis dan kulup benar-benar kering.
    • Kendurkan kembali kulup Penis.

2.Infeksi saluran kencing.

Walau lebih sering menyerang wanita, bukan berarti pria tidak bisa mengalami infeksi saluran kencing (ISK). Gejala ISK pada pria yang paling umum adalah rasa sakit dan sensasi panas saat berkemih, tetapi juga bisa penyebab Penis bau menyengat. Jika tidak diobati, infeksi saluran kencing pria bisa menyebabkan peradangan pada prostat, epididimis, dan testis yang meningkatkan masalah kesuburan.

ISK dapat diobati dengan antibiotik dari resep dokter. Dokter juga mungkin menyarankan Kamu untuk memperbanyak minum air putih dan konsumsi vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh melawan infeksi.

3.Infeksi jamur pada Penis.

Tanda Kamu terkena infeksi jamur Candida salah satunya adalah mengeluarkan aroma tak sedap. Risiko pria terserang infeksi jamur pada Penis meningkat apabila lalai menjaga kebersihan Penis, terutama jika Kamu yang tidak disunat. Infeksi jamur bisa ditularkan melalui hubungan seksual dari pasangan wanita yang punya infeksi jamur juga. Jika tidak diobati, infeksi jamur candida ini dapat menyebabkan peradangan yang lebih lanjut. Segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

4.Balanitis.

Balanitis adalah peradangan yang menyerang kepala Penis yang belum disunat. Penyakit ini menimbulkan gejala seperti Penis sakit, memerah, bengkak, mengeluarkan mengeluarkan aroma tak sedap, serta terasa nyeri saat buang air kecil. Kamu rentan terkena balanitis jika:

    • Berhubungan seks tanpa kondom.
    • Jarang membersihkan Penis.
    • Ada smegma di Penis.
    • Pakai sabun dengan pewangi kimia
    • Ada infeksi kulit di Penis.

5.Penyakit menular seksual.

Penyakit menular seksual seperti gonore dan klamidia mempunyai efek yang ganda pada penis. Pertama penyakit ini sebabkan rasa sakit yang cukup intens. Berikutnya penyakit juga menyebabkan gangguan mengeluarkan aroma tak sedap dan kadang kala keluar cairan yang baunya amat pekat.

Penyakit menular seksual timbul sebab seks yang tak sehat dan sembarangan. Untuk menuntaskannya, pengobatan sepatutnya dikerjakan dengan benar sedini mungkin agar dampaknya tak semakin parah. Jika kamu masih merasa gatal pada kantung buah zakar lebih baik berobat ke dokter agar mendapatkan obat dan penanganan yang tepat.

 

Bahaya penis mengeluarkan aroma tak sedap

Mengeluarkan aroma tak sedap pada penis kerap kali dihirau kan oleh para pria. Tapi siapa sangka hal tersebut mampu memicu penyakit kelamin, infeksi menular seksual dan kemungkinan besar kemandulan bila tak ditangani dengan ahlinya.

 

Pengobatan Penyebab Penis Bau di Klinik Pandawa 

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik penyakit kelamin terbaik di Jakarta yang mampu mengatasi penyebab penis bau tak sedap dan menyengat. Fasilitas pelayanan medis yang diberikan antara lain penyakit andrologi, penyakit ginekologi, penyakit bedah, penyakit kulit dan kelamin. Klinik pandawa didukung dan dilayani oleh para dokter ahli dan berpengalaman di penyakit kulit kelamin.

Klinik Pandawa Jakarta telah mengatasi banyak pasien dengan berbagai penyebab dan komplikasi kulit dan kelamin. Ada banyak pasien yang telah disembuhkan dan merasa puas dengan pelayanan kami.

Apabila membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis ke dokter kami melalui konsultasi atau menghubungi 0821-1141-0672/ 021-62313337 whatsapp / SMS / telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Kami yang Berpengalaman