Ini Dia Penyebab Sperma Encer Pria Wajib Tahu

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

penyebab sperma encer

 

Sahabat Pandawa pernah menemukan cairan sperma terlalu encer? Cairan sperma atau biasa disebut air mani merupakan cairan yang dikeluarkan dari penis pria saat ejakulasi. Air mani mengandung sperma yang diproduksi oleh testis dan cairan lain dari kelenjar prostat serta organ reproduksi lainnya. Normalnya, cairan tersebut bertekstur kental dan berwarna putih. Namun, sperma bisa menjadi encer dan berubah warna karena kondisi tertentu. Nah, jika Anda merasakan air mani encer cari tahu penyebab sperma encer dan cara mengatasinya.

Air mani yang encer dapat mengindikasikan rendahnya jumlah sel sperma yang berkaitan dengan ketidaksuburan. Tetapi, tak hanya permasalahan kesuburan, air mani encer juga pula disebabkan oleh hal lain yang bersifat sementara dan tidak berbahaya bagi tubuh. Yuk, simak artikel di bawah ini agar tau apa saja penyebab sperma encer, Sahabat Pandawa.

 

Penyebab sperma encer

Memiliki kualitas air mani encer normalnya ditemukan pada remaja pria atau pria tanggung yang belum matang secara seksual, sehingga para anak-anak tak perlu khawatir secara berlebih mengenai kondisi ini. Tetapi jika dibiarkan harus di periksa dengan cepat.

Tekstur air mani yang cukup cair ini juga tak jarang ditemukan pada pria dewasa. Ada beberapa penyebab sperma encer yang dapat menjelaskan kondisi air mani encer ini, diantaranya adalah

  1. Jumlah sperma rendah dalam satu kali ejakulasi

Sangat kerap ejakulasi dalam satu kali aktivitas seksual adalah pemicu paling biasa dari kondisi air mani encer. Bila Kamu lumayan aktif dengan cara seksual atau sering masturbasi, frekuensi ejakulasi Anda mempengaruhi besar pada penampilan fisik air mani Anda.

  1. Kadar sperma jauh di bawah normal

Situasi ini dikenal dalam medis dengan ogliospermia, yang mengacu pada jumlah air mani di bawah 15 juta sel per milimeter air mani. Terkada, kekurangan zat besi bisa menjadi faktor pemicu yang paling mungkin dari kondisi ini.

  1. Kekurangan fruktosa

Kekurangan atau defisit fruktosa dimana kondisi akibat buruknya kebiasaan makan Anda sehari-hari, atau bila Anda terlalu keras berolahraga, yang menimbulkan air mani Anda mempunyai tekstur terlalu cair dan corak bening.

  1. Ejakulasi di dalam

Memiliki nama lain retrogade ejaculation, merujuk pada salah satu kondisi pemicu ketidaksuburan pria. Bila Anda mengidap ejakulasi terbalik, air mani yang keluar akan sangat sedikit atau bahkan tidak keluar sama sekali setelah ejakulasi. Pada biasanya situasi ini tidak membutuhkan bantuan medis profesional. Meski begitu, karena hal ini menyulitkan seorang pria untuk punya anak, dokter akan menangani kondisi ini dengan meresepkan obat-obatan.

 

Cara Mengatasi Sperma Encer

Selanjutnya berikut tips untuk menangani air mani encer dan membantu tingkatkan kualitas sperma, antara lain:

  • Mengatur pola makan dan hidup sehat
    Mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi, utamakan makanan yang mengandung zinc, seperti kacang-kacangan dan daging rendah lemak. Alasannya, zinc memiliki peran penting dalam menstabilkan materi genetik dalam sperma. Untuk memperbaiki pola hidup, rutinlah berolahraga, serta hentikan kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol.
  • Menjaga berat badan ideal
    Obesitas diketahui dapat memengaruhi kualitas dan jumlah sperma. Penelitian menunjukkan bahwa pria yang memiliki berat badan berlebih lebih berisiko untuk mengalami penurunan kualitas dan jumlah sperma. Sebab itu, lindungi berat badan ideal agar pula membantu memperbaiki kualitas air mani Anda.
  • Hindari paparan zat beracun
    Zat-zat beracun yang ada pada polusi dan zat kimia tertentu bisa memengaruhi kualitas air mani. Sebab itu, jika Anda memiliki risiko pekerjaan yang terpapar zat kimia tertentu, disarankan mengenakan alat pelindung diri untuk mengurangi risiko masuknya racun ke dalam tubuh.

 

Dalam banyak permasalahan, pergantian pada konsistensi sperma bersifat sementara dan dapat ditangani dengan beraneka ragam pemeliharaan serta penyembuhan. Air mani encer yang ditimbulkan oleh jumlah sperma yang rendah tidak selalu memerlukan pengobatan.

Tetapi biasanya untuk menangani penyebab sperma encer, penanganannya berdasarkan penyebab yang mendasari rendahnya jumlah produksi sperma. Jika disebabkan adanya infeksi, maka perlu pengobatan dengan antibiotik. Perawatan hormon juga dapat disarankan jika ketidakseimbangan hormon yang menjadi penyebabnya. Jika diagnosis menunjukkan adanya varikokel, maka tindakan operasi akan diperlukan.

 

Kapan harus ke dokter?

Bagi pasutri yang tengah mendambakan momongan, ada banyak perawatan tersedia untuk mengatasi penyebab sperma encer dan meningkatkan jumlah produksi sperma. Berkonsultasilah ke dokter untuk mendiskusikan pilihan perawatan terbaik untuk Anda sesuai diagnosis kondisi Anda dan pasangan. Jadi, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter untuk mengatasi penyebab sperma encer yang terjadi secara terus menerus.

Klinik Pandawa juga turut memberikan layanan kesehatan andrologi bagi Sahabat Pandawa yang memiliki masalah seputar reproduksi, kulit dan kelamin.

Segera hubungi layanan konsultasi dokter online kami tanpa dipungut biaya dan dapatkan informasi lebih lanjut melalui nomor 0821-1141-0672 (WA/TLP/SMS).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Kami yang Berpengalaman