Miss V Sering Gatal? Hati-hati Ini Dia 5 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

penyebab vagina gatal

Sahabat Pandawa pernah merasakan miss V Gatal? Miss V gatal memang mengganggu. Gatal di bagian area kewanitaan ini memang susah digaruk. Selain itu juga harus berhati-hati dalam menggaruk area yang sensitif ini. Jika Sahabat Pandawa merasa gatal pada vagina berlangsung selama berhari-hari dan disertai gangguan lain, segeralah temui dokter. Tetapi sebelum itu, yuk cari tahu dahulu apa penyebab vagina gatal dan cara mengatasi gatal di vagina pada artikel ini.

Timbulnya rasa gatal pada vagina dapat disebabkan oleh sesuatu yang sepele, misalnya karena penggunaan produk kewanitaan tertentu, sehingga kamu tidak perlu khawatir secara berlebihan. Tapi jangan diabaikan juga, pasalnya miss V gatal juga bisa menjadi pertanda kamu mengalami masalah kesehatan yang serius.

 

Penyebab Vagina Gatal

Sebelum mengetahui cara mengatasi gatal di vagina, Kamu sebaiknya cari tahu dulu apa penyebab gatal pada vagina. Kali ini Klinikpandawa.com akan bahan mengenai 5 penyebab vagina gatal berikut penjelasannya.

  1. Gatal pada vagina – Infeksi jamur

Miss v gatal dipicu karena adanya infeksi jamur di vagina. Biasanya, jamur yang menginfeksi vagina adalah C.albicans. Selain miss v gatal, vagina bisa menghasilkan cairan berwarna putih kekuningan dengan tekstur yang kental.

Jamur albicans ini tak cuma bisa menginfeksi alat kelamin, tapi juga bisa menginfeksi bagian tubuh yang lembap, seperti lipatan kulit, mulut, dan sebagainya.

Penanganan penyebab vagina gatal ini tentu bisa dengan memberikan obat antijamur yang dikonsumsi secara oral ataupun krim oleh dokter, tergantung dari tingkat keparahannya.

  1. Bakterial Vaginosis

Melansir Web MD, bakterial vaginosis (BV) merupakan infeksi vagina yang dapat memicu rasa gatal pada area miss V. BV sendiri timbul karena adanya ketidakseimbangan antara bakteri baik dan jahat, dan juga karena adanya perubahan pH dalam vagina.

Ciri-cirinya mirip seperti infeksi jamur vagina, tapi yang membedakan bacterial vaginosis menyebabkan kamu menghasilkan keputihan bertekstur cair, berwarna putih susu atau kuning, dan berbau menyengat. Jadi, penting untuk memerhatikan ciri-ciri keputihan agar mengetahui dengan pasti masalah vagina yang kamu alami.

  1. Dermatitis Kontak

Apakah sahabat pandawa mengalami miss V gatal dan juga munculnya kemerahan?

Kondisi itu bisa jadi karena faktor dermatitis kontak, yaitu iritasi kulit yang disebabkan oleh alergi terhadap produk tertentu.

Apabila sahabat pandawa mengalami dermatitis kontak, kemungkinan penyebab vagina gatal ini timbul karena penggunaan pengaman, tisu toilet berparfum, sabun mandi, atau alergi pada detergen pencuci pakaian.

Pada umumnya sih gatal akibat dermatitis kontak tidak terlalu parah, tapi juga tentunya sangat mengganggu.

Sehingga baiknya kamu tetap terus menjaga kebersihan organ intim dan hindari penggunaan produk kewanitaan yang memiliki wewangian, seperti pantyliner, tisu toilet, dan produk lainnya.

  1. Eksim

Penyebab vagina gatal lainnya adalah eksim. Gatalnya di area miss v disebabkan peradangan pada kulit akibat adanya eksim.

Pada umumnya keluhan eksim juga menimbulkan ruam kemerahan. Kalau terjadi pada kamu, maka hindari penggunaan sabun pembersih vagina. Tentunya hal ini akan memperburuk eksim di area vagina.

Namun apabila kondisi gatalnya terus menerus dan semakin parah, sebaiknya tanyakan pada dokter mengenai pilihan pengobatan yang tepat.

Nyatanya saat mengalami miss V gatal maka hubungan dengan suami juga bisa terhambat. Ada rasa sakit atau nyeri yang menghantui dan membuat perempuan jadi takut untuk berhubungan intim.

  1. Infeksi menular seksual (IMS)

Penyebab vagina gatal selanjutnya datang sebagai gejala dari infeksi menular seksual. Kondisi itu dimulai dari herpes kelamin, chlamydia, gonorrea, hingga kutu pubis. Penyakit menular ini ditandai miss v gatal seperti terbakar saat berhubungan intim, buang air kecil, aroma tak sedap, dan terjadi luka.

Agar miss v gatal nya tidak semakin berkembang, maka sebaiknya kamu segera hubungi dokter untuk mendapatkan rangkaian tes dan uji laboratorium untuk diagnosis penyakit kelamin.

Apabila hasil tes terbukti positif, dokter pun akan memberikan antibiotik dalam bentuk oral atau suntik dan obat-obatan antivirus untuk kasus herpes kelamin.

  1. Trikomoniasis

Penyebab vagina gatal selanjutnya oleh karena adanya parasit Trichomonas. Parasit ini dapat ditularkan secara seksual dan biasanya menginfeksi pria maupun wanita. Untuk pria, tanda infeksi trikomoniasis bisa saja tak terlihat, tetapi pada wanita, tanda-tanda infeksi mungkin akan muncul, salah satunya adalah miss v gatal dan iritasi.

  1. Masa Menopause

Saat menopause tidak hanya ditandai dengan berhentinya menstruasi saja, tetapi juga menurunnya hormon estrogen pada wanita. Penurunan estrogen ini bisa memicu dinding vagina mengering dan menipis sehingga menjadi penyebab vagina gatal. Gatal di area Miss V akibat menopause tidak dapat disembuhkan.

Alternatif lainnya adalah dengan menjalani terapi hormon. Akan tetapi, terdapat efek samping dari terapi hormon, karenanya konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu sebelum menjalani terapi hormon.

  1. Alergi

Tidak semua penyebab vagina gatal disebabkan oleh penyakit atau organisme tertentu, alergi akan suatu hal juga dapat memicu rasa gatal di area kelamin. Sabun, deterjen, tisu, dan sebagainya dapat mengiritasi vagina apabila tidak cocok digunakan kulit Kamu.

Iritasi tersebutlah yang menyebabkan miss v gatal. Kamu bisa mengatasinya dengan mengetahui penyebab alergi kamu. Setelah mengetahuinya, hindari benda yang menimbulkan alergi tersebut.

 

Cara mengatasi gatal pada vagina

Beberapa cara mengatasi vagina gatal adalah dengan tidak menggunakan pakaian dalam yang tak menyerap keringat, hindari penggunaan vaginal douche atau penyemprot vagina, hindari menggunakan sabun/ wewangian pada vagina, menggunakan pengaman, tetap jaga kelembapan vagina agar kering dan tetap bersih. Untuk lebih pastinya kamu juga perlu penanganan langsung dari ahlinya.

 

Kapan harus ke dokter?

Apabila Sahabat Pandawa mengalami miss v gatal selama berhari-hari atau pernah mengalami infeksi vagina, segera lakukan konsultasi ke dokter ahli. Penanganan miss v gatal juga disesuaikan pula dengan penyebab vagina gatal yang kamu alami.

 

Penanganan gatal pada vagina di Klinik Pandawa 

Bila sahabat pandawa merasa miss v gatal tak lekas hilang dan mengalami perubahan pada miss v, segera kunjungi klinik kulit dan kelamin terbaik. Klinik pandawa terpercaya mengatasi penyakit kulit dan kelamin dan penyebab vagina gatal termasuk penyakit menular seksual.

Segera lakukan pengobatan dan informasi lebih lanjut dengan berkonsultasi online gratis bersama dokter kami melalui konsultasi atau menghubungi 0821-1141-0672/ 021-62313337 whatsapp / SMS / telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Kami yang Berpengalaman