Dikenal dengan Darah Manis, Ini Dia Penyakit Prurigo

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Prurigo adalah penyakit darah manis

 

Sahabat Pandawa pernah mengalami bentol atau bintik yang terasa gatal di tangan, kaki, atau bokong sekalipun tiap kali gigitan serangga? Bila iya, bisa jadi Sahabat Pandawa mengalami darah manis atau dalam dunia medis disebut prurigo. Istilah darah manis tentu Sahabat Pandawa tahu. Julukan ini kerap kali diberikan pada orang yang kulitnya rentan gatal-gatal hingga memiliki bekas luka yang susah hilang. Sementara prurigo adalah kondisi kulit berupa bintik-bintik yang sangat gatal dan bila digaruk akan meninggalkan luka berbekas yang sulit hilang. Penyebab dari darah manis ini pun banyak salah satunya bisa disebabkan oleh gigitan serangga.

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak penjelasannya dibawah ini.

Apa itu Darah Manis?

Seperti yang sudah sekilas dibahas di atas, darah manis atau prurigo adalah bentol atau bintil-bintil yang biasanya muncul pada kulit lengan bawah, kaki, dahi, maupun bokong. Bentol ini dapat membuat kulit terasa sangat gatal, terutama di malam hari atau saat Sahabat Pandawa menggunakan pakaian yang bahannya dapat memicu gatal.

Tentu sulit rasanya menahan godaan untuk tidak menggaruk kulit yang gatal. Akan tetapi menggaruk malah akan menimbulkan luka lecet. Lama kelamaan, hal ini dapat membuat kulit jadi tampak lebih gelap dibandingkan kulit di sekitarnya. Muncullah bekas luka yang hitam serta sulit untuk hilang, atau yang biasa diketahui dengan istilah darah manis.

Penyebab Prurigo

Pemicu darah manis sejatinya belum diketahui secara pasti. Pasalnya, gangguan kulit ini bisa muncul setelah Sahabat Pandawa terus menerus menggaruk area kulit yang gatal hingga menimbulkan beberapa luka lecet.

Ahli medis menduga bila kondisi ini disebabkan oleh penebalan ujung saraf kulit. Dimana ketika Sahabat Pandawa menggaruk, saraf-sarag kulit ini menjadi makin sensitive dan memicu gatal-gatal. Infeksi luka bisa menjadi parah dan meninggalkan bekas luka yang sulit dihilangkan.

Namun, ada yang bisa Sahabat Pandawa perhatikan penyebab prurigo adalah:

  1. Gigitan Serangga. Walaupun ini tidak terjalin dengan cara langsung, rasa gatal oleh gigitan nyamuk ataupun serangga yang lain bisa mengakibatkan sensasi mau menggaruk hingga gatalnya hilang. Alih- alih menyurutkan gatal, kondisi ini malah bisa menimbulkan peradangan yang lebih akut hingga meninggalkan sisa cedera pada kulit.
  2. Orang yang sedang banyak pikiran atau stress cenderung tidak dapat mengendalikan diri, salah satunya saat muncul keinginan untuk menggaruk kulit yang gatal. Sahabat Pandawa tidak sadar saat menggaruk kulit terus-terusan sampai memunculkan infeksi yang akut.
  3. Gangguan kesehatan tertentu. Informasi dari Asosiasi Dermatologi British, ada 80 persen orang yang terkena darah manis ternyata juga menderita asma, demam, eksim, dermatitis herpetiformis, atau gangguan kesehatan lainnya. Sayangnya, hal ini masih bersifat atopik alias tidak diketahui jelas penyebabnya.
  4. Kehamilan dan menopause. Tidak seimbangnya hormon yang dirasakan oleh wanita yang sedang hamil atau memasuki fase menopause bisa menjadi pemicu munculnya prurigo, dimana jika timbul pada wanita hamil dalam bahasa medis disebut dengan prurigo gestasional. Pada perempuan hamil, prurigo umumnya menghilang setelah persalinan.

 

Ciri-ciri Prurigo

Ciri-ciri dan tanda darah manis bisa diamati pada kondisi kulit. Berikut ini beberapa ciri-ciri yang bisa dikenali:

  1. Gejala utama adalah terbentuknya benjolan yang keras dan sangat gatal (nodul) pada kulit.
  2. Benjolan biasanya memiliki ukuran dari yang sangat kecil hingga sekitar setengah inci.
  3. Benjolan l biasanya memiliki bagian atas yang kasar dan kering. Kemunculan benjolan berkisar dari beberapa hingga ratusan.
  4. Benjolan paling sering muncul di lengan luar, bahu, dan kaki. Benjolan  juga bisa muncul di leher dan tubuh. Sedangkan kehadiran benjolan di wajah dan telapak tangan tergolong jarang.
  5. Benjolan mungkin tampak lebih terang atau lebih gelap warnanya daripada kulit di sekitarnya. Jaringan parut dapat terjadi setelah benjolan mulai sembuh.

Tanda-tanda darah manis, dapat melanda orang dengan usia berapa pun namun paling kerap pada usia dewasa antara usia 20-60 tahun. Pengidap akan sangat mengkhawatirkan penampilannya karena nodul, dan kulit yang terasa sangat gatal dapat mengganggu tidur atau aktivitas sehari-hari. Bila dibiarkan, penyakit darah manis ini dapat menyebabkan pengidapnya mengalami stres dan depresi.

Diagnosis Prurigo

Kondisi medis ini perlu diwaspadai jika kulit terasa sangat gatal dan kemunculan nodul pada kulit. Sebagian perkara, dokter bisa merujuk untuk melaksanakan biopsi kulit guna mencari ciri-ciri darah manis seperti saraf yang menebal di kulit.

Apabila diagnosis sudah ditentukan, pengecekan lain seperti cek darah dan cek fungsi hati dan ginjal mungkin direkomendasikan untuk menghilangkan penyebabnya.

 

Pencegahan yang bisa dilakukan

Sahabat Pandawa yang terkena penyakit prurigo dapat mencegah dan mengurangi gejala dengan perawatan di rumah dengan sederhana. Gunakan bahan atau pakaian yang tidak menyebabkan iritasi kulit. Hindari pakaian yang terlalu ketat dan pembersih kulit yang terlalu keras.

Kami merekomendasikan penggunaan air dingin atau panas bersama dengan sabun tanpa pewangi, yang tersedia di apotek.

Keringkan tubuh dengan menyentuhnya bagian yang gatal. Potong kuku agar kulit tidak terluka jika Sahabat Pandawa secara tidak sengaja menggaruk bagian yang gatal.

Sahabat Pandawa juga dapat mengompres daerah gatal dengan kain lembut yang dibasahi dengan air dingin. Sementara itu, kurangi makanan pedas, kafein, juga alkohol berlebihan untuk menghindari gatal-gatal meningkat parah.

Pengobatan di Klinik Pandawa

Setelah tau ciri-ciri prurigo adalah seperti yang telah disebutkan di atas. Segera konsultasikan pada dokter ahlinya. Pengobatan penyakit darah manis didasarkan pada hasil tes dan diagnosis dokter. Bila Sahabat Pandawa butuh informasi dan pengobatan lebih lanjut silakan konsultasikan dengan dokter kami secara online atau melalui nomor 0821-1141-0672/ 021-62313337 SMS / WA/ telepon. Segala rahasia medis terjamin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Kami yang Berpengalaman