MENGENAL PYTIRIASIS ROSEA

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Definisi Pytiriasis Rosea

Pityriasis Rosea adalah ruam yang biasanya dimulai sebagai kemerahan melingkar atau oval di dada, perut atau punggung. Pityriasis Rosea adalah penyakit kulit yang muncul sebagai ruam dan dapat berlangsung selama beberapa minggu hingga beberapa bulan, ruam ini bisa sampai 4 inci (10 cm) di seluruh tubuh. Penampakan ruam mungkin berbeda dari orang ke orang, biasanya diikuti dengan bintik-bintik kecil yang menyapu keluar dari tengah tubuh Anda dalam bentuk yang menyerupai terkulai cabang pohon pinus. Penyakit kulit ini sering kali menyerang ketika musim semi dan musim gugur, dan dapat menyerang remaja dan dewasa muda. . Pityriasis Rosea dapat mempengaruhi setiap kelompok usia. Ini paling sering terjadi antara usia 10 dan 35. Pityriasis Rosea jarang terjadi pada mereka berusia lebih dari 60 tahun. Gejala biasanya hilang sendiri dalam waktu 10 minggu. Penyakit ini dapat berlangsung lebih lama jika terjadi pada kelompok usia ini. Ruam kulit mengikuti pola yang sangat khas. Pada 3/4 kasus, satu kasus yang terisolasi berbentuk oval bersisik dan timbul pada tubuh, Khususnya pada bagian lengan atas, leher, dan paha. Pada sebagian pasien, ruam ini dapat terlihat menonjol seperti penyakit kulit lain. Hal ini bisa terlihat seperti kurap atau jenis eksem yang disebut dermatitis nummular. Ruam mulai sembuh setelah 2-4 minggu dan umumnya hilang setelah 6-14 minggu. Pityriasis Rosea umumnya akan hilang tanpa pengobatan. Gejala biasanya hilang sendiri dalam waktu 10 minggu. Namun seandainya pasien memiliki gatal tidak tertahankan, dokter kulit umumnya akan meresepkan obat untuk membantu meringankan gatal-gatal. Ruam umumnya hilang dengan sendirinya dan tanpa meninggalkan jejak. Sebagian orang dengan kulit gelap ruam berbentuk datar dan bintik-bintik coklat. Bintik-bintik ini dapat berlangsung selama berbulan-bulan.

Gejala Pytiriasis Rosea

Gejala Pityriasis Rosea biasanya dimulai dengan kemerahan, sedikit terangkat, bersisik di punggung, dada atau perut. Sebelum Pytiriasis Rosea yang muncul, beberapa orang mengalami sakit kepala, kelelahan, demam atau sakit tenggorokan. Beberapa hari sampai beberapa minggu setelah muncul, Anda mungkin melihat bintik-bintik bersisik kecil di punggung, dada atau perut yang menyerupai pola pohon pinus. Ruam dapat menyebabkan gatal-gatal, yang kadang-kadang parah. Ketika ke dokter Temui dokter Anda jika Anda mengalami gatal dan ruam secara terus menerus.

Penyebab Pytiriasis Rosea

Penyebab pasti dari Pytiriasis Rosea tidak jelas. Beberapa bukti menunjukkan ruam mungkin dipicu oleh infeksi virus, terutama oleh strain tertentu dari virus herpes. Pityriasis rosea tidak diyakini menular. Komplikasi Pityriasis Rosea mungkin termasuk gatal-gatal dan timbul bintik-bintik coklat.

Penanganan Pytiriasis Rosea

Bercak kemerahan yang muncul pada penyakit pityriasis rosea umumnya dapat sembuh sendiri dalam beberapa minggu dan meinmbulkan bercak. Tetapi tidak ada salahnya untuk memberikan pengobatan seandainya bercak juga disertai dengan gejala gatal. Penanganan yang dapat diberikan :

  1. Antihistamin
    Obat jenis antihistamin diberikan jika seandainya bercak disertai dengan rasa gatal. Obat golongan antihistamin seperti cetirizine, fexofenadine, dan loratadine bisa diberikan dengan diminum. Efek samping yang sering kali muncul adalah mengantuk, sakit kepala, dan mulut kering.
  2. Obat luar
    Penggunaan obat luar seperti bedak salisilat atau menthol dapat meredakan gejala gatal. Pemberian krim pelembab digunakan untuk mencegah luka mengering.
  3. Kortikosteroid
    Pemberian kortikosteroid dapat menjadi alternatif pilihan seandainya bercak bertahan cukup lama dan tidak dapat hilang, Obat ini memberikan efek untuk mengurangi peradangan serta mengurangi gejala gatal. Hindari penggunaan air panas, sabun, dan bahan pakaian yang kasar sebab tidak akan menyembuhkan penyakit ini dan malahan meningkatkan iritasi gatal. Usahakan untuk tidak menggaruk daerah tempat bercak sebab ini akan membuat gatal semakin parah dan gatal dapat menyebar ke bagian tubuh lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Spesialis Kami