Bahaya Penyakit Radang Prostat (Prostatitis), Dapat Picu Komplikasi Lho!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

radang prostat

Bahaya Radang Prostat – Bagi kaum laki-laki mungkin tidak asing dengan kata prostat. Prostat merupakan kelenjar eksokrin pada sistem reproduksi mamalia jantan, termasuk manusia. Fungsi utama kelenjar prostat ialah mengeluarkan serta menyimpan serupa cairan yang menjadi dua per tiga bagian dari sperma. Kelenjar prostat tidak sama antara satu spesies ke spesies lainnya dalam hal anatomi, fisiologi, dan juga kimia.

Sahabat Pandawa, penting halnya untuk mengetahui tentang prostat beserta masalahnya. Ada banyak sekali masalah yang dapat menyerang kelenjar prostat, salah satunya adalah penyakit radang prostat.

Pada kesempatan kali ini, Klinik Pandawa akan menjelaskan seputar penyakit radang prostat seperti pengertian radang prostat, gejala radang prostat, penyebab radang prostat, bahaya komplikasi radang prostat, dan juga pengobatan radang prostat. Simak terus artikel ini ya, Sahabat Pandawa, untuk penjelasan lebih detailnya mengenai radang prostat atau prostatitis.

 

Pengertian Prostatitis

Prostatitis atau penyakit radang prostat adalah infeksi yang terjadi ketika prostat dan daerah sekitarnya meradang. Prostat itu seukuran biji kenari. Kelenjar prostat terletak di antara kandung kemih dan pangkal penis. Tabung yang memindahkan urin dari kandung kemih ke penis (uretra) mengalir melalui pusat prostat Anda. Uretra juga memindahkan cairan semen dari kelenjar reproduksi ke penis.

Beberapa jenis infeksi dapat memengaruhi kelnjar prostat, salah satunya radang prostat. Beberapa laki-laki dengan penyakit prostatitis tidak mengalami gejala & indikasi sama sekali, sementara yang lain melaporkan banyak, termasuk rasa sakit yang hebat. Apabila kelenjar prostat terjadi pembengkakan serta peradangan maka akan muncul rasa nyeri di area panggul, nyeri ketika buang air kecil, dan nyeri ketika ejakulasi.

 

Gejala Prostatitis

Penyakit radang prostat atau yang dikenal juga dengan prostatitis mempunyai beberapa gejala dan tanda-tanda yang bisa dirasakan oleh pengidapnya. Untuk itu, penting untuk Sahabat Pandawa mengetahui gejalanya sebelum semakin parah. Gejala penyakit radang prostat adalah sebagai berikut:

  • Demam
  • Menggigil
  • Aliran urine melemah
  • Urine berbusa serta berbau busuk
  • Terdapat darah di dalam urine dan sperma
  • Frekuensi buang air kecil meningkat
  • Nyeri ketika buang air kecil, buang air besar, ataupun ejakulasi
  • Nyeri di bagian perut, pangkal paha, testis, penis, perineum (area antara pangkal testis dan anus), ataupun punggung bawah

 

Penyebab Prostatitis

Penyebab penyakit prostatitis terbagi menjadi beberapa jenis. Di antaranya adalah prostatitis bakteri akut, prostatitis bakteri kronis, Chronic prostatitis/chronic pelvic pain syndrome (CP/CPPS), dan juga Asymptomatic inflammatory prostatitis.

1. Prostatitis bakteri akut

Prostatitis bakteri akut terjadi akibat infeksi bakteri pada kelenjar prostat. Jenis bakteri yang memicu prostatitis sama dengan bakteri penyebab infeksi saluran kemih serta penyakit menular seksual, yaitu:

  • Esherichia coli
  • Pseudomonas
  • Neisseria gonorrhoeae
  • Chlamydia trachomatis

 

2. Prostatitis bakteri kronis

Tipe bakteri penyebab penyakit prostatitis bakteri kronis sama dengan prostatitis bakteri akut. Berbeda dengan penyakit prostatitis akut, prostatitis bakteri kronis berkembang cukup lambat dalam waktu beberapa bulan. Prostatitis bakteri kronis bisa pula dipicu oleh penyakit lain seperti TBC (tuberkulosis), penyakit ginjal, HIV, dan juga sarkoidosis.

 

3. Chronic prostatitis/ chronic pelvic pain syndrome (CP/ CPPS)

Meskipun belum diketahui dengan jelas faktor apa yang menyebabkan CP/CPPS, tetapi terdapat dugaan bahwa penyakit ini berkaitan dengan berbagai faktor berikut:

  • Stres
  • Cedera di area saraf dekat prostat
  • Trauma fisik di prostat atau area sekitarnya, contohnya akibat benturan
  • Memiliki riwayat infeksi saluran kemih
  • Sindrom kelelahan kronis
  • Irritable bowel syndrome

 

CP/CPPS adalah jenis penyakit prostatitis yang cukup sering terjadi. Berbeda dengan jenis penyakit prostatitis lain, pada CP tidak ditemukan adanya infeksi bakteri.

 

4. Asymptomatic inflammatory prostatitis

Mirip dengan CP/CPPS, penyebab asymptomatic inflammatory prostatitis juga belum diketahui dengan pasti.

 

Bahaya Komplikasi Prostatitis

Keluhan awal yang dirasakan oleh penderita penyakit prostatitis biasanya adalah berupa demam, sakit pinggang, sakit otot, kedinginan, bengkak di pangkal paha, nyeri ketika buang air kecil, serta sakit pada area sendi..

Komplikasi lanjutan umumnya seperti infeksi saluran kemih. Seringkali dijumpai rasa nyeri ketika ejakulasi saat berhubungan seksual, terdapat darah di dalam sperma, serta turunnya fungsi seksual.

Risiko paling tinggi ialah kanker prostat. Kanker dapat menyerang kelenjar prostat sehingga sel-sel tumbuh secara tidak normal dan juga tidak terkendali. Dalam beberapa waktu terakhir ini, kanker prostat cukup ganas karena menyerang banyak pria di Amerika Serikat.

 

Pengobatan Prostatitis di Klinik Pandawa Jakarta

Sekarang, Sahabat Pandawa telah mengetahui tentang penyakit prostatitis dan juga gejala beserta penyebabnya. Jika Sahabat Pandawa merasakan terdapat gejala prostatitis yang muncul pada diri Anda maka sesegera mungkin periksakan keluhan Anda ke dokter spesialis kulit dan kelamin.

Klinik Pandawa memiliki dokter spesialis kulit dan kelamin yang profesional dan juga telah berpengalaman dalam menangani berbagai pasien dengan keluhan radang prostat atau prostatitis. Sudah banyak pasien yang berhasil disembuhkan dan merasa puas dengan pelayanan Klinik Pandawa.

Jika Sahabat Pandawa memerlukan info lebih lanjut maka Sahabat Pandawa bisa berkonsultasi secara online dengan dokter kami secara GRATIS di nomor 0821-1141-0672/021-62313337 (telepon/SMS/WA) atau klik konsultasi.

 

 

 

Referensi: Healthline/ Alodokter/ Kompas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *