Hati-Hati Radang Testis Intai Para Pria

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Radang Testis Orchitis
Testis (buah zakar) pada pria adalah organ yang sangat penting dalam sistem reproduksi pria.

Setiap pria pasti pernah merasakan gatal pada testis (buah zakar). Testis terasa gatal pasti membuat risih dan tak nyaman. Bila kamu menganggap remeh hal ini bisa berbahaya bagi masa depan kamu. Bahkan bisa berisiko radang testis (buah zakar).

Testis (buah zakar) pada pria adalah organ yang sangat penting dalam sistem reproduksi pria. Perannya sebagai produksi sperma dan hormon testosteron tergantung dari kesehatan pada testis (buah zakar) tersebut. Testis terasa gatal sesekali tak masalah tapi akan bermasalah jika keseringan dan di waktu lama.

Gejala Umum

Testis terasa gatal banyak disebabkan oleh jamur. Jamur yang biasa berada di bauh zakar berjenis trichopyton rubrum. Jamur ini sering berada di area selangkangan, testis (buah zakar), paha dan anus. Timbulnya iritasi, ruam kemerahan dan luka lecet akibat berlebihan menggaruk kurang lebih adalah ciri-cirinya. Dikarenakan area genital lembab, maka menjadi peluang baik untuk jamur bertumbuh dan berkembang.

Kemudian, infeksi dari jamur Kandida. Bila jamur Kandida biasa hinggap di vagina wanita, pada pria juga bisa terpapar. Kontak seksual menjadi jalan alternatif bagi jamur kandida pada vagina berpindah ke kelamin pria. Akhirnya testis terasa gatal.

Baca Juga: Mengenal Penyakit Candidiasis: Penyebab dan Gejala

Selanjutnya, disebabkan karena adanya Kutu kelamin. Banyak yang tak tahu bila kutu juga bisa berada di area genital atau kelamin kita. Tak hanya membuat gatal dirambut. Kutu kelamin bisa membuat gatal berlebihan di area kelamin. Biasanya kutu kelamin bisa tertular melalui handuk, seprei, ataupun pakaian dalam.

Nah, Tak hanya membuat testis terasa gatal tetapi juga bengkak. Pasti sangat tidak nyaman, bukan?

Radang Testis atau Orchitis

Testis (buah zakar) membengkak merupakan peradangan yang dialami akibat gatal tersebut. Bahkan bahayanya dapat menyebabkan penyakit kelamin dan bisa pengaruhi kesuburan.

Radang testis yang dimaksud disebut dengan Orchitis. Peradangan testis bisa terjadi pada kedua-duanya dan dapat tiba-tiba dialami pria. Orchitis atau Radang testis bisa dipicu oleh bakteri ataupun virus. Salah satunya virus mumps yang juga menjadi penyebab-penyebab penyakit gondongan. Akibat dari infeksi virus mumps pengidap akan positif terkena radang orchitis setelah terkena penyakit gondongan.  Biasanya akan muncul 4 hingga 7 hari gondongan.

Penyebab Radang Testis (Orchitis)

Gejala Orchitis yang umum akan terjadi antara lain:

  • Rasa mual
  • Demam
  • Sakit ketika buang air kecil
  • Gatal dan bengkak pada bagian skrotum atau testis.
  • Buah zakar (testis) terasa sakit bila disentuh dan ketika berhubungan seksual. Bisa satu atau kedua testis sekaligus. 
  • Nyeri pada selangkangan

Dari gejala tersebut adapun penyebab lain kamu terserang Radang Testis (Orchitis) antara lain:

  • Bergonta ganti pasangan
  • Mengidap infeksi saluran kemih yang berkelanjutan
  • Tidak pernah melakukan vaksin gondong (vaksin MMR)
  • Penggunaan kateter dalam jangka waktu lama
  • Mengidap penyakit menular seksual
  • Berhubungan dengan pengidap penyakit menular seksual

Orchitis dapat dibedakan menjadi tiga jenis bila dilihat dari penyebabnya, antara lain:

Orchitis Idiopatis. Untuk Orchitis tipe ini, masih belum diketahui pasti penyebabnya.

Orchitis Bakteri. Yaitu radang testis yang disebabkan oleh bakteri E. Coli, Staphylococcus, dan Strepcoccus. Bakteri penyebab penyakit epididimitis atau peradangan saluran sperma yang terletak di belakang testis atau disebut epididimo-orkitis. Nah, hal ini yang menyebabkan munculnya orchitis atau radang testis. Biasanya terjangkit pada pria yang aktif secara seksualnya dan bisa berakibat penyakit menular seksual.

Orchitis Virus. Penyebab utama Orchitis tipe ini adalah virus. Tipe orchitis ini paling sering nyerang anak laki-laki kurang dari 10 tahun.

Komplikasi Radang Testis

Komplikasi radang testis bisa berisiko bahaya bila tak ditangani tepat dengan ahlinya. Adapun risikonya yaitu;

  • Dapat menyebabkan kemandulan bila radang testis terjadi pada keduanya.
  • Penurunan produksi hormon testosteron
  • Kambuhnya epididimitis atau peradangan saluran yang membawa sperma
  • Mengecilnya ukuran testis atau buah zakar (atrofi testis)
  • Testis terisi nanah (abses skrotum)

Itulah yang harus kamu perhatikan. Jangan sesekali menganggap remeh, karena nyawa kamu bisa jadi taruhannya. Hindari penyakit ini bisa dilakukan dengan cara tidak melakukan hubungan intim yang berisiko. Dan, jaga kesehatan kelamin agar terhindar dari infeksi menular seksual.

Bila kamu terkena Radang Testis atau Orchitis jangan ragu untuk datang ke klinik Pandawa. Klinik pandawa memiliki dokter ahli dan berpengalaman dalam menangani pasien Radang Testis dan penyakit kelamin lainnya. Jadi, kamu tak perlu ragu mendapatkan penangan yang terbaik dan terpercaya.

Apabila kamu membutuhkan informasi lengkap terkait penyakit Radang Testis, bisa konsultasi online gratis dengan dokter kami. Cukup klik tombol Whatsapp/ SMS/ Telp pada web, Kami dengan senang hati melayani. Segala rahasia medis kamu akan terjamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *