Blog Details

Image

Remaja Harus Tahu Cara Mengatasi Keputihan Gatal

Mengatasi keputihan gatal pada usia remaja memang hal yang wajib diketahui. Setiap wanita punya pengalaman yang berbeda soal keputihan.

Keputihan normalnya tidak memiliki bau yang menyengat dan berwarna putih bening. Namun, beberapa remaja memiliki keluhan keputihan dengan volume yang berlebih, warna yang gelap hampir kecoklatan, kehijauan, atau kemerahan, bahkan ada sebagian remaja yang mengalami keputihan yang disertai dengan rasa gatal.

Baca juga: Benjolan di Bibir Kemaluan

Tidak hanya wanita dewasa atau wanita yang sudah menikah, keputihan juga bisa dialami oleh remaja. Berikut beberapa penyebab dan cara mengatasi keputihan gatal pada remaja:

Perubahan Hormon

Remaja yang masuk masa pubertas akan mengalami perubahan hormon. Hal inilah yang menyebabkan keputihan pada remaja sebelum menstruasi.

Kelelahan dan Stres

Pada usia remaja merupakan masa aktif. Banyaknya kegiatan dan sering menghabiskan waktu beraktivitas dengan jadwal yang padat membuat mereka sering merasa kelelahan dan stres. Hal ini yang menyebabkan keputihan pada usia remaja.

Anemia atau Kekurangan Darah Merah

Kebiasaan mengkonsumsi junk food membuat asupan gizi tidak tercukupi bagi tubuh. Hal ini lah yang membuat seorang remaja mengalami anemia lalu keputihan.

Nah, bagi remaja yang mengalami keputihan, Anda tidak perlu khawatir karena hal ini termasuk hal yang wajar dan normal. Anda mulai merasa tidak nyaman karena mengalami keputihan hingga terasa gatal?

Berikut cara mengatasi keputihan gatal pada remaja:

Bersihkan daerah Miss V

Bersihkan daerah Miss V dengan cara yang benar, yakni dengan membersihkan dari arah depan ke arah belakang. Merupakan poin penting bagi remaja untuk bisa membersihkan area Miss V dengan benar.

Keringkan Miss V Sebelum Memakai Celana Dalam

Jangan lupa untuk selalu mengeringkan Miss V sebelum memakai celana dalam usai membilas setelah buang air kecil maupun setelah buang air besar. Gunakan tisu toilet ataupun handuk lembut hingga kering.

Gunakan Celana Dalam Berbahan Katun

Sebaiknya pilih dan kenakan celana dalam berbahan dasar katun. Fungsinya agar kelembaban area miss V tetap terjaga.

Hindari Menggunakan Produk  pembersih dan Pengharum Kewanitaan

Produk pembersih kewanitaan sangat tidak disarankan apalagi untuk remaja. Produk pembersih kewanitaan yang berada di pasaran mengandung parfum dan bahan kimia yang berbahaya bagi miss V. 

Sering Ganti Pembalut Saat Haid

Ganti pembalut setidaknya 4-5 kali per hari di masa haid. Menurut penelitian, setiap 3 jam pertumbuhan kuman menjadi lebih banyak.

Gunakan Pantyliner

Gunakan Pantyliner saat dibutuhkan untuk pengobatan penyakit keputihan Sama seperti pembalut, ganti pantyliner setidaknya 3 kali dalam sehari.

Konsumsi Yoghurt

Yoghurt mengandung banyak bakteri baik di dalamnya yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Mengkonsumsi yoghurt akan mengembalikan tingkat pH asam di area Miss V.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi keputihan gatal pada remaja. Jika Anda mengalami keputihan gatal, segera konsultasikan diri ke dokter ginekologi jakarta di Klinik Utama Pandawa.

Klinik Utama Pandawa memiliki dokter ginekologi yang profesional dan berpengalaman di bidangnya. Klinik Utama Pandawa juga dilengkapi dengan alat kesehatan yang modern dan lengkap.

Butuh konsultasi seputar kesehatan kelamin dan kulit? yuk konsultasi dengan dokter online sekarang di Klinik Utama Pandawa ke nomer nomor 0821-1141-0672 / 0811-1057-7718 atau Klinik tautan Konsultasi di Sini, sekarang.

Baca Juga : Infeksi Saluran Kemih Pada Wanita

https://www.youtube.com/watch?v=6o1x7PPKpQc

Klinik Utama Pandawa telah terdaftar & terakreditasi sebagai lembaga resmi untuk pelayanan kesahatan.

Copyright © 2024 Klinik Utama Pandawa, All rights reserved.
Disclaimer Privacy Policy Cookie Policy