Kenali Apa itu Rosacea: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

rosacea

Punya masalah di kulit terkadang kita tidak tahu apa yang terjadi dalam kondisi kulit bahaya atau tidak. Bisa saja yang terjadi di kulit adalah rosacea. Sebelumnya, kita harus lebih mengenal tentang apa itu rosacea, gejala, penyebab, dan pengobatannya seperti apa. Yuk, ulasan di bawah ini.

Apa itu Rosacea?

Rosacea adalah penyakit kulit yang ditandai dengan peradangan berupa ruam kemerahan pada wajah. Ruam kemerahan biasanya akan terlihat di area hidung, dagu, pipi, dan dahi. Seiring berjalannya waktu, kondisi kulit akan semakin merah dan pembuluh darah akan semakin terlihat jelas.

Terkadang, wajah juga dipenuhi dengan benjolan kecil-kecil, merah, dan berisi nanah. Namun, bentol akibat rosacea berbeda dengan jerawat atau reaksi alergi. Secara garis besar, ada empat subtipe rosacea, yaitu:

  • Erythematotelangiectatic, wajah memerah dengan pembuluh darah yang terlihat sangat jelas
  • Papulopustular, wajah mengalami kemerahan dan dipenuhi benjolan seperti jerawat yang berisi nanah
  • Phymatous, kulit menebal dan membuatnya menjadi bergelombang
  • Okuler, mata merah, iritasi, dan membuat kelopaknya menjadi bengkak.

Tanda dan gejala penyakit ini dapat muncul dan bertahan dalam beberapa minggu hingga bulan, lalu menghilang. Jika tidak segera diobati, kemerahan akan terus memburuk seiring berjalannya waktu.

Usia Berapa Bisa Terkena Rosacea?

Rosacea dapat terjadi pada siapa, saja tidak mengenal usia. Akan tetapi kondisi ini akan lebih sering terjadi pada wanita paruh baya dan orang berkulit putih. Orang Eropa Utara asli dan orang dengan kulit putih lebih beresiko terjangkit penyakit satu ini. Namun penyakit ini bis aditurunkan risikonya dengan mengurangi hal-hal yang bisa memicu kemunculannya.

 

Gejala yang Terjadi Pada Rosacea?

Rosacea memiliki penyakit yang mempunyai gejala yang cukup khas. Berikut ciri-cirinya:

  • Kulit memerah

Tanda utama rosacea adalah kemerahan pada wajah yang tidak cepat hilang terutama di bagian tengah. Kemerahan ini dapat hilang dan kembali muncul, tetapi hal ini sering menjadi gejala awal. Tidak seperti masalah kulit lainnya, kemerahan pada kulit biasanya tidak kunjung hilang setelah behari-hari atau berminggu-minggu. Bisa jadi kemerahan ini justru semakin parah.

  • Benjolan merah

Benjolan seperti jerawat yang memerah sering muncul saat seseorang terkena penyakit peradangan kulit ini. Benjolan biasanya berisi nanah dan terasa sakit jika di pegang. Biasanya kulit akan terasa seperti terbakar dan ditusuk-tusuk akibat peradangan di kulit wajah.

  • Pembuluh darah terlihat

Tidak cuma kemerahan di wajah, penyakit kulit yang satu ini juga membuat pembuluh darah menjadi kecil di wajah menjadi terlihat. Biasanya yang paling terlihat yaitu di bagian pipi dan hidung.

  • Wajah membengkak

Penyakit ini sering membuat wajah menjadi bengkak. Kondisi ini terjadi akibat tubuh kelebihan cairan dan protein yang kemudian bocor dan keluar dari pembuluh darah. Akibatnya, sistem limfatik dibanjiri oleh cairan berlebih yang menumpuk di kulit wajah.

  • Iritasi mata

Rosacea bisa membuat mata mengalami kekeringan, iritasi, dan kelopak memerah. Tidak hanya itu, mata juga sering kalo terasa berpasir sehingga membuatnya sering berair. Orang yang rosaceanya telah terkena mata pula akan mengalami sensitivitas kepada sinar. Selain itu, kista juga bisa muncul di kelopak mata sehingga pandangan sering kali kabur.

  • Kulit menebal

Pada beberapa permasalahan, rosacea bisa membuat kulit menebal dan membengkak. Kondisi ini biasanya terjadi pada hidung dan membuatnya tampak bulat dan besar. Umumnya kondisi ini lebih sering terjadi pada pria dibandingkan dengan wanita.

 

Apa Penyebab Rosacea?

Ada beberapa penyebab hal yang diduga kuat meningkatnya risiko terkena penyakit kulit ini:

  • Riwayat Keluarga
  • Bakteri Helicobacer pylori
  • Tungau Mikroskopis
  • Protein tubuh

 

Pengobatan di Klinik Pandawa

Sekarang Anda sudah tahu apa itu Rosacea, gejala, penyebab, dan pengobatan jangan khawatir. Klinik Pandawa memberikan layanan untuk membantu Kamu membaik metode menghilangkan kemerahan di wajah dari Rosacea.

Dengan menggunakan mesin laser canggih dari amerika yang sudah lolos FDA (Food and Drug Administration) atau Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat. Laser ini bekerja amat cepat serta efisien menanggulangi permasalahan kulit Rosacea. Tidak memerlukan waktu lama untuk melakukan treatment ini. Hanya sekitar 50-60 menit.

Pada awalnya pasien akan ditunjukan untuk melaksanakan diskusi serta pengecekan pada dokter ahli Kita, kemudian berikutnya dicoba pembersihan pada area Rosacea serta dicoba anastesi sepanjang 30 menit. Kemudian, dokter estetika kita akan melaksanakan tindakan laser Rosacea.

Klinik Estetika Pandawa merupakan klinik estetika dan skin care terbaik yang ada di Jakarta. Banyak pasien yang merasa puas dan sembuh setelah melakukan pemeriksaan dan pengobatan di Klinik Estetika Pandawa.

Klinik Estetika Pandawa mempunyai dokter yang ahli dalam bidang estetika dan skin care, obat- obatan serta peralatan kedokteran yang lengkap. Kami melayani pengobatan dengan menggunakan teknologi canggih dan modern. Diantaranya perawatan laser, celluma, venus versa, RF, IPL, microdermabrasi, injeksi serum, antiaging, dan lain-lain.

Apabila membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis ke dokter kami melalui bit.ly/rollkonsul atau menghubungi 0821-1141-0672/ 021-62313337 whatsapp / SMS / telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Paste your AdWords Remarketing code here
klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Kami yang Berpengalaman