Pernah mengalami sakit pada penis yang luar biasa? Jika iya, sebaiknya Anda segera memeriksakan ke dokter spesialis. Sebab, bila didiamkan sakit penis ini bisa menyebabkan penyakit kelamin yang tidak diinginkan.

Perlu diketahui, sakit pada penis ini dapat terjadi pada bagian pangkal, batang, atau bagian kepala. Pun, buat mereka yang belum disunat bisa saja terjadi di bagian kulup penis. Sensasi seperti terbakar, rasa gatal yang berlebihan, atau berdenyut bisa muncul secara tiba-tiba.

Penyebab sakit pada penis

penyebab sakit pada penis
Penyebab sakit pada penis bisa bermacam-macam. Bisa dari penyakit menular seksual ataupun dari cedera penis yang tak disengaja pada pangkal, batang, dan kepala penis.

Tapi tahukah Anda apa yang menjadi penyebab rasa sakit pada penis? Penyakit menular seksual atau kecelakaan bisa menjadi penyebab penis sakit. Penyakit Gonore, Sifilis, atau Klamidia bisa berpotensi untuk menimbulkan nyeri pada kemaluan pria secara berkepanjangan.

Level sakit pun menentukan sakit penis apa yang diderita. Apabila nyeri tersebut terasa berat dan tiba-tiba, maka bisa dipastikan penis mengalami cedera. Namun, bila terasa nyeri dari sedang hingga akhirnya semakin parah, maka bisa diidentifikasi penyakit Anda merupakan penyakit kelamin.

Baca juga : Ragam Penyakit Menular Seksual Berbahaya yang Perlu Diketahui

Penyakit yang bisa menimbulkan sakit pada penis

penyakit sakit pada penis
Sakit pada penis bisa disebabkan oleh beberapa faktor resiko yang menyertainya. Salah satunya kanker penis yang bisa disebabkan oleh kebiasaan merokok.

Dari berbagai penyakit berikut, beberapa menjadi penyebab kencing terasa sakit pada pria seperti Balanitis, Klamidia, Gonore, dan Sifilis.

Sementara penyakit lainnya akan menyebabkan beberapa kondisi yang berbeda. Sehingga menimbulkan rasa nyeri pada penis.

1. Peyronie

Peyronie adalah pembengkakan yang terjadi akibat lembaran tipis parut, atau disebut juga dengan plak. Kondisi ini membentuk sepanjang bagian atas atau bawah pada batang penis. Imbasnya, Anda akan kesulitan ketika ereksi. Sebab, parut yang terbentuk berada di samping jaringan.

Yang lebih menyakitkan lagi, penis Anda akan menekuk ketika ereksi. Otomatis, pendarahan di dalam penis pun akan terjadi ketika Anda menekuknya atau membenturkannya. Hal inilah yang menyebabkan penyakit Peyronie muncul.

Sementara penyebab lainnya yang bisa membuat Peyronie menggejala adalah gangguan jaringan ikat, radang pada sistem limfatik atau pembuluh darah Anda.

2. Priapismus

Penyakit Priapismus dipastikan akan membuat sakit pada penis dan menimbulkan rasa nyeri. Tak Cuma itu, priapismus juga menyebabkan ereksi yang berkelanjutan.

Maksudnya, Anda akan tetap ereksi walau tidak menginginkan seks. Kondisi ini akan sangat berbahaya karena bisa membuat alat vital Anda rusak secara permanen dan tak sanggup ereksi.

Biasanya, penyakit priapismus terjadi pada anak lelaki berusia 5 sampai 10 tahun. Sementara pada laki-laki dewasa di usia 20 hingga 50 tahun.

Jadi, saat Anda mengalami ereksi berkepanjangan ini diharapkan langsung melakukan pengobatan. Sebab, jika tak segera ditangani Anda berisiko tak mampu ereksi di masa depan. Berikut ini yang dapat menyebabkan priapismus:

  • Efek samping obat untuk ereksi
  • Efek samping obat untuk depresi
  • Adanya gangguan pembekuan darah
  • Adanya gangguan kesehatan mental
  • Memiliki kelainan darah, seperti leukemia atau anemia sel sabit
  • Efek samping mengkonsumsi alkohol
  • Efek samping mengkonsumsi obat ilegal
  • Terdapat cedera penis atau gangguan sumsum tulang belakang

3. Balanitis

Balanitis adalah infeksi pada kulup atau kepala penis. Penyebabnya, kebersihan kepala penis yang kurang terjaga. Balanitis terjadi pada laki-laki atau anak laki-laki yang belum disunat yang kurang peduli pada bagian kulup atau kepala penis.

Solusinya, untuk terhindar dari Balanitis segeralah melakukan sunat. Sehingga Anda tidak terinfeksi jamur atau alergi yang bisa datang dari sabun atau parfum.

Baca juga : Daripada Terkena Parafimosis, Sudah Sunat Saja!

4. Penyakit menular seksual

Penyakit menular seksual juga bisa menyebabkan sakit pada penis. Penyebaran penyakit kelamin ini disebabkan oleh seks tidak sehat, gonta-ganti pasangan, dan sebagainya. Berikut jenis penyakit infeksi menular tersebut:

5. Infeksi saluran kencing

Infeksi saluran kencing lazimnya terjadi pada perempuan, namun laki-laki juga berpeluang terinfeksi. Adapun infeksi yang disebabkan bakteri ini bisa menyebar dan menginfeksi saluran kencing. Berikut kondisi yang menjadi penyebab infeksi saluran kencing:

  • Penis yang tidak disunat
  • Kekebalan tubuh yang rendah
  • Terdapat penyumbatan saluran kencing
  • Hubungan seksual lewat anal seks
  • Terjadi pembesaran prostat
  • Berhubungan seks dengan orang yang terjangkit penyakit ini

6. Cedera

Mendapat cedera pada bagian penis sehingga membuat rasa nyeri yang tak tertahankan. Berikut kondisi yang bisa menyebabkan sakit pada penis:

  • Mengalami kecelakaan mobil
  • Tak sengaja terbakar
  • Aktivitas seks yang kasar

Baca juga : Infeksi Jamur Pria Bisa Timbulkan Radang Kepala Penis

7. Fimosis dan parafimosis

Fimosis adalah kondisi kulup penis terlalu ketat sehingga tidak dapat ditarik menjauh dari kepala penis. Sedangkan parafimosis adalah kondisi ketika kulup Anda menarik kembali pada kepala penis, namun tidak bisa kembali pada posisi semula.

Pada kondisi parafimosis, Anda akan mengalami kesulitan buang air kecil. Bahkan bila tidak ditangani segera bisa menyebabkan kematian.

8. Kanker

Untuk kanker penis memang sangat berbahaya. Penyakit ini tentu saja akan menyebabkan sakit penis yang hebat. Berikut ini faktor resiko yang menyebabkan kanker penis:

  • Memiliki kebiasaan merokok
  • Pria yang tidak disunat
  • Memiliki infeksi HPV (Human Papillomavirus)
  • Tak menjaga kebersihan kepala penis dan kulup (buat pria yang tidak disunat).