Sakit Saat Berhubungan Seksual? Kenali Gejala Dispareunia

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Sakit Saat Berhubungan Seksual? Kenali Gejala Dispareunia

sakit saat berhubungan

Apakah Anda pernah merasakan sakit saat berhubungan seksual? Kemungkinan Anda mengalami Dispareunia. Sakit saat berhubungan seksual pasti sangat mengganggu dan tidak menyenangkan. Kondisi ini, umumnya dialami oleh wanita, walau pria juga bisa mengalami dispareunia. Hal ini pula menyebabkan masalah pada hubungan Anda dan pasangan. Lalu faktor apa sih yang bisa menjadi penyebab dispareunia ini? dan bagaimana penanganan yang tepat bagi penderitnya? Simak terus artikel di bawah ini, ya!

Dispareunia terjadi disebabkan oleh masalah pada struktur di bagian selangkang hingga masalah psikologis pasangan. Banyak wanita merasakan sakit saat berhubungan seksual dengan pasangannya. Dispareunia sendiri dapat terjadi pada sebelum, selama hingga sesudah berhubungan intim. Kondisi ini juga menyebabkan pengidapnya merasakan rasa nyeri dan tekanan pada organ vitalnya.

 

Gejala Dispareunia

Gejala dari kondisi ini yang timbul berbeda-beda pada setiap pengidapnya. Untuk wanita sendiri, gejala ini mungkin akan terasa di luar permukaan daerah organ intim, hingga area yang lebih dalam, yaitu panggul. Tanda-tanda atau gejala yang dirasakan oleh seseorang yang mengidap dispareunia antara lain:

  1. Merasakan nyeri hanya saat penetrasi.
  2. Merasakan sakit seperti rasa panas atau pun nyeri.
  3. Merasakan sakit setiap penetrasi dilakukan, bahkan ketika Miss V dimasukkan oleh tampon.
  4. Rasa sakit yang terjadi ketika melakukan dorongan saat berhubungan intim.
  5. Rasa sakit yang terjadi setelah melakukan hubungan intim, walaupun tidak terasa sakit saat sedang melakukannya.
  6. Perasaan sakit seperti denyutan yang dapat berlangsung hingga berjam-jam setelah melakukan hubungan intim.

 

Penyebab Dispareunia

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab  dari dispareunia pada seseorang. Pasalnya penyebab rasa sakit tersebut dapat berbeda pada setiap orang. Ada yang mengalami rasa sakit saat Mr P masuk, ada juga yang mengalaminya ketika mengalami dorongan yang dalam. Kondisi emosional yang kurang bagus juga dapat memengaruhi banyak jenis hubungan intim yang menimbulkan rasa sakit.

Selain di atas, berikut beberapa hal yang menjadi penyebab dispareunia:

  • Kurang Pelumas. Hal ini, umumnya terjadi akibat kurang pemanasan atau foreplay. Selain itu, juga disebabkan oleh penurunan kadar estrogen pada seseorang.
  • Pengaruh obat-obatan.
  • Cedera atau iritasi. Bisa saja karena mengalami cedera, seperti kecelakaan, bekas pembedahan panggul, dan luka saat melahirkan.
  • Infeksi saluran kemih
  • Vaginismus, kondisi ini karena adanya kejang otot pada dinding vagina sehingga menyebabkan penetrasi terasa menyakitkan

 

Rasa sakit saat berhubungan yang parah

Kemungkinan rasa sakit yang parah disebabkan oleh penetrasi yang terlalu dalam dan dapat lebih buruk pada posisi tertentu. Kondisi lain yang menjadi penyebab dispareunia yang berhubungan dengan rasa sakit yang parah adalah:

  1. Penyakit dan kondisi seseorang dapat menyebabkan dispareunia, seperti penyakit radang panggul, endometriosis, wasir, hingga kista ovarium.
  2. Operasi atau perawatan medis. Seperti operasi panggul, termasuk histerektomi. Kondisi ini dapat menyebabkan hubungan intim terasa menyakitkan.

 

Faktor Emosional

Kondisi emosional seseorang mempengaruhi aktivitas seksual, sehingga mungkin menyebabkan rasa sakit. Kondisi tersebut berhubungan dengan masalah psikologis, seperti kecemasan, depresi, hingga rasa takut untuk berhubungan intim. Meski demikian, sulit untuk mengatakan apabila faktor-faktor emosional berhubungan dengan dispareunia. Dalam beberapa kasus, kondisi ini mungkin saja menyebabkan orang tersebut terus ingin menghindari berhubungan intim sehingga timbul rasa sakit saat berhubungan.

Dalam kebanyakan kasus, dispareunia akan berlalu dengan sendirinya. Namun tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri ketika Anda mengalami miss V sakit saat berhubungan. Pemeriksaan medis oleh dokter ahli bertujuan mendeteksi kemungkinan adanya penyakit serius di balik vagina sakit saat berhubungan seks. Bila memang ada gangguan medis yang menjadi penyebabnya, penanganan pun bisa dilakukan dengan tepat.

 

Penanganan di Klinik Pandawa

Jika Anda merasakan tanda-tanda seperti di atas, sebaiknya jangan diremehkan. Cepat konsultasikan kepada dokter ahli untuk menghindari kondisi yang lebih parah. Klinik Pandawa spesialis kulit dan kelamin terbaik Jakarta bisa jadi solusi nya.

Fasilitas pelayanan yang diberikan antara lain penyakit andrologi, penyakit ginekologi, penyakit bedah, serta penyakit kulit dan kelamin. Anda dapat memeriksakan pada dokter ahli dan melakukan cek laboratorium untuk tes penyakit kelamin Anda.

Klinik pandawa didukung dan dilayani oleh para dokter ahli dan berpengalaman khususnya Penyakit kelamin. Dibantu oleh para asisten yang berpengalaman, alat-alat medis pemeriksaan dan pengobatan yang lengkap dan canggih, termasuk laboratorium terpercaya.

Segera hubungi layanan konsultasi kami untuk informasi dan pengobatan lebih lanjut, di nomor 0821-1141-0672/ 021-6231-3337 (WA/TLP/SMS). Kami dengan senang hati melayani Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Kami yang Berpengalaman