Kunjungi Dokter Spesialis Kulit & Kelamin jika Muncul Gejala Berikut

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Dokter spesialis kulit & kelamin

Di musim wabah penyakit ini, banyak sekali virus atau bakteri yang dapat dengan mudahnya menjangkit atau menyerang individu. Tidak hanya orang sakit dan lemah sistem kekebalan tubuhnya, orang sehat dan fit sekali pun bisa juga terinfeksi berbagai penyakit. Salah satu penyakit yang terkadang menjadi masalah adalah penyakit kulit dan kelamin. Penyakit ini hanyalah bisa ditangani oleh ahlinya, yaitu dokter spesialis kulit & kelamin.

Ketika Anda merasakan ada yang aneh atau tidak beres dengan organ reproduksi ataupun organ genital lainnya, jangan tunggu waktu karena mungkin saja Anda sudah terjangkit penyakit menular seksual yang cukup berbahaya. Sesegera mungkin Anda mengunjungi dokter spesialis kulit & kelamin. Mereka sudah benar-benar paham dan menguasai tentang penyakit genital dan penyakit menular seksual.

Ada beberapa tanda serta gejala yang akan muncul ketika Anda mengalami masalah pada area kelamin. Mungkin saja beberapa gejala ini masih Anda anggap “wajar”, akan tetapi jika dibiarkan terus-menerus maka bisa menimbulkan penyakit menular seksual yang cukup serius.

Berikut tanda-tanda kalau Anda mulai terjangkit penyakit menular seksual:

  1. Gatal di Area Kelamin

Rasa gatal pada penis merupakan situasi yang biasa terjadi. Hal ini dapat disebabkan infeksi ringan. Akan tetapi, bisa saja  penis gatal juga menjadi pertanda adanya penyakit menular seksual. Penis yang gatal bisa juga disebabkan oleh berbagai macam hal lainnya, semacam infeksi jamur, reaksi alergi, pakaian dalam yang terasa terlalu ketat, kudis, sampai terjadinya gesekan pada kulit.

Sensasi gatal terkadang juga bisa jadi salah satu gejala dari infeksi menular seksual. Apabila diakibatkan oleh gonore ataupun kencing nanah, indikasi yang muncul antara lain seperti keluarnya cairan berwarna putih, kuning, ataupun hijau dari saluran penis, diikuti rasa nyeri serta perih ketika buang air kecil. Jika disebabkan oleh klamidia, indikasinya berupa keluarnya cairan berwarna putih dari penis disertai rasa nyeri. Sifilis dan herpes genital pun dapat terjadi gatal pada penis.

 

  1. Nyeri ketika Buang Air Kecil

Sakit atau nyeri ketika buang air kecil dapat menjadi indikasi adanya masalah pada saluran kemih Anda yang juga pertanda penyakit menular seksual. Keadaan ini dapat terasa seperti adanya sensasi nyeri, tak nyaman perih di saluran keluarnya urine, kandung kemih, di belakang tulang kemaluan, ataupun prostat.

Apabila sakit ketika buang air kecil terjadi pada awal ataupun ketika buang air kecil, hal ini kemungkinan menandakan adanya masalah pada saluran kemih dari kandung kemih ke luar tubuh (uretra). Sedangkan nyeri setelah buang air kecil, dapat mengindikasi adanya sesuatu yang tidak beres pada area kandung kemih ataupun prostat.

Rasa sakit ketika buang air kecil lebih kerap dialami oleh wanita ketimbang pria. Apabila dialami pria, masalah ini cenderung terjadi pada pria yang sudah berumur ketimbang mereka yang masih dalam usia muda. Mereka yang mengalami sakit ketika buang air kecil kemungkinan pula memiliki frekuensi buang air kecil yang lebih sering.

 

  1. Sakit saat Berhubungan Intim

Rasa sakit ketika berhubungan seksual bisa dialami oleh pria maupun wanita. Sakit saat berhubungan seks bisa menjadi salah satu tanda terjangkit penyakit menular seksual. Penyebab rasa sakit ini dapat beragam. Rasa sakit ketika berhubungan seks dapat terjadi hanya sesaat, namun dapat pula terjadi secara berulang dalam waktu yang relatif lama.

Dalam berbagai kasus, rasa sakit saat berhubungan intim umumnya disebabkan oleh kurangnya cairan pelumas yang membuat vagina menjadi kering. Faktor lain yang dapat pula menyebabkan masalah ini adalah seperti iritas di alat kelamin, terkena infeksi kelamin (sifilis, gonore, herpes, dsb), dan efek samping dari prosedur operasi di sekitar area genital.

 

  1. Nyeri saat atau Setelah Ejakulasi

Rasa nyeri atau sakit dapat terjadi karena terjangkit penyakit menular seksual. Contohnya gonore, terkadang penyakit ini bisa menyebabkan sensasi terbakar ataupun rasa nyeri saat ejakulasi yang tajam dan menusuk. Begitu juga dengan herpes.

Apabila Anda menduga telah terjangkit penyakit menular seksual, sangat penting untuk secepat mungkin mengunjungi dokter spesialis kulit & kelamin ataupun klinik kulit dan kelamin.

 

  1. Cairan Kelamin Berbau Busuk

Terkadang cairan kelamin bisa berbau busuk, baik pria maupun wanita. Ini adalah salah satu ciri penyakit menular seksual. Namun, biasanya masalah ini seringkali dialami oleh kaum wanita. Vagina yang berbau tidak sedap bisa terjadi karena beberapa hal seperti infeksi penyakit menular seksual seperti trichomoniasis, vaginosis bakterialis, ataupun faktor lainnya.

Trichomoniasis terjadi akibat infeksi parasit bernama Trichomonas vaginalis yang merupakan salah satu penyakit menular seksual. Penjangkitan penyakit trichomoniasis bisa menular lewat hubungan antara penis dengan vagina ataupun antarvagina. Penyakit ini terkadang tidak memiliki gejala, akan tetap bisa menular ke pasangan seks penderitanya. Vagina yang beraroma busuk dengan ciri bau amis adalah salah satu indikasi trichomoniasis.

 

Segera Hubungi Dokter Spesialis Kulit & Kelamin di Klinik Pandawa Jakarta

klinik pandawa

Jika Anda mengalami gejala serta tanda-tanda penyakit menular seksual di atas, jangan tunggu lama lagi. Segeralah melakukan kunjungan ke dokter spesialis kulit & kelamin karena masalah tersebut bisa berbahaya jika dibiarkan.

Anda dapat mengonsultasikan permasalahan seputar kelamin di Klinik Pandawa Jakarta. Klinik Pandawa mempunyai dokter spesialis kulit dan kelamin yang sudah berpengalaman dalam mengatasi berbagai macam penyakit menular seksual seperti sifilis, gonore, herpes, dan sebagainya.

Untuk informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan konsultasikan dengan dokter spesialis kulit & kelamin kami. Hubungi kami di 0821-1141-0672/ 021-62313337 WhatsApp / SMS / telepon. Segala rahasia medis terjamin keamanannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Kami yang Berpengalaman