SULIT BUANG AIR KECIL JANGAN DISEPELEKAN, INI PENYEBABNYA!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Sulit buang air kecil
Sulit buang air kecil dapat mengenai siapa saja, tidak peduli jenis kelamin serta umur.

 

Pernahkah kamu merasakan sangat ingin buang air kecil tetapi harus menunggu beberapa saat sampai urine keluar dari alat kelamin? Bisa jadi Kamu lagi hadapi sulit buang air kecil. Bila urine tidak sanggup dibuang dari tubuh, maka urine ini malah dapat menimbulkan peradangan pada organ tubuh serta pada kesimpulannya menimbulkan komplikasi.

Sulit buang air kecil dapat mengenai siapa saja, tidak peduli jenis kelamin serta umur. Apabila Kamu kerap mengalaminya, maka jangan tunda lagi untuk cek ke dokter. Bila tidak lekas diatasi, keadaan ini bisa merangsang peradangan pada organ- organ vital yang lain, semacam ginjal dan juga kandung kemih.

 

Kenali Indikasi Ataupun Ciri- Ciri Sulit Buang Air Kecil

Keadaan ini wajib diwaspadai serta tidak boleh dibiarkan sebab bisa memunculkan peradangan serta komplikasi ke organ- organ badan yang lain semacam ginjal serta kandung kemih. Terlebih, bila Kamu hadapi sebagian gejala semacam:

  • sulit buang air kecil berlangsung berhari- hari.
  • Terasa sakit dikala mau buang air kecil.
  • Urine berwarna keruh.
  • Terdapat darah dalam air pipis.
  • Keluar cairan dari kemaluan.
  • Demam serta muntah.

 

Apa Saja Pemicu Utama Sulit Buang Air Kecil?

Secara umum, pemicu sulit buang air kecil diakibatkan oleh terdapatnya kelainan struktur ataupun otot yang mempengaruhi fungsi kandung kemih. Tetapi, karena bentuk saluran kencing laki- laki serta perempuan berbeda, maka pemicu sulit buang air kecil pada keduanya juga pasti akan berbeda.

Berikut ini sebagian penyebab sulit buang air kecil pada laki- laki, di antara lain:

  1. Prostat bengkak
    Bersamaan bertambahnya umur, kelenjar prostat laki- laki akan membesar serta membentuk benjolan. Perihal ini sesungguhnya normal terjalin. Tetapi bila kelenjar prostat terus membesar serta tidak terkontrol, uretra (saluran terakhir yang membuang urine) akan terhimpit serta menimbulkan dinding kandung kemih menebal. Dampaknya, laki- laki sulit menghasilkan urine dari kandung kemih. Apalagi, Kamu bisa alami inkontinensia urin alias ngompol, sebab sulit mengatur kandung kemih untuk menahan buang air kecil. Kamu boleh jadi berpikir kalau prostat yang bengkak merupakan pertanda kamu kanker. Tetapi tenang dulu. Perihal ini seringnya diakibatkan oleh tumor jinak pada prostat( benign prostatic hyperplasia).
  2. Infeksi saluran kemih
    Tiap sistem saluran kemih dapat terserang peradangan. Tetapi, kandung kemih serta uretra merupakan 2 bagian yang sangat kerap terserang peradangan kuman ataupun virus. Pada saat kandung kemih ataupun uretra terinfeksi ataupun membesar, maka saluran berkemih hendak tertekan serta terhimpit. Tidak hanya menimbulkan urine sulit keluar, perihal ini pula menyebabkan:
    • Muncul hasrat mau buang air kecil terus- terusan
    • Kencing terasa panas
    • Nyeri pada anus
    • Air kencing keruh
    • Kencing berdarah
    • Air kencing berbau menyengat
  1. Gangguan saraf
    Diabet tipe 2 yang tidak lekas diatasi dapat membuat Kamu hadapi susah buang air kecil. Alasannya, gula darah tinggi bisa mengganggu saraf pada beberapa bagian badan, termasuk saraf kandung kemih. Keadaan ini diucap dengan neuropati diabetik.

Ketika saraf kandung kemih hadapi kerusakan, maka sistem pembuangan urine Kamu pasti bakal terhambat. Hal ini berlaku pula untuk permasalahan gangguan saraf yang lain semacam HIV, multiple sclerosis, cacat tabung saraf, sampai tumor otak.

 

Berikut ini pemicu sulit buang air kecil pada perempuan yang sangat umum:

  1. Retensi urin
    Retensi kemih merupakan kendala kandung kemih yang membuat perempuan susah menghasilkan ataupun mengosongkan kemih. Terdapat 3 pemicu utama retensi kemih, ialah:
    • Hipotonia kandung kemih, ataupun disebut dengan kandung kemih malas, merupakan keadaan dikala kandung kemih kehabisan kemampuan berkontraksi ataupun mengosongkan kandung kemih.
    • Prolaps vagina, ialah pada saat otot Miss V jadi kendur serta menekan uretra, terlebih lagi hingga menghambat uretra.
    • Otot di dekat uretra jadi kaku, sehingga aliran air kencing jadi terhambat serta susah dikeluarkan.
  1. Prolaps kandung kemih
    Dikala Kamu hadapi sulit berkemih dalam waktu yang lama, lekas konsultasikan ke dokter. Karena, bisa jadi Kamu hadapi prolaps kandung kemih. Prolaps kandung kemih merupakan keadaan dikala dinding vagina yang menopang kandung kemih jadi melemah. Dampaknya, kandung kemih jatuh perlahan serta menonjol ke luar vagina. Terdapat banyak hal yang dapat tingkatkan resiko Kamu terserang prolaps kandung kencing. Mulai dari tekanan pikiran sehabis melahirkan, kebiasaan mengangkut benda berat, mengejan ataupun ngeden sangat keras dikala buang air besar, ataupun menopause.
  1. Infeksi saluran kemih
    Kenyataannya, perempuan lebih kerap terserang infeksi saluran kemih daripada laki- laki. Perihal ini pula yang jadi salah satu pemicu para perempuan hadapi sulit berkemih. Virus ataupun kuman yang masuk pada saluran berkemih perempuan bisa menutup ureter ataupun kandung kemih. Dampaknya, urine yang keluar jadi sedikit, walaupun hasrat mau buang air kecil justru semakin besar.
  1. Menopause
    Perempuan yang telah merambah masa menopause kerap meringik sulit buang air kecil. Ini karena menopause membuat kandungan hormon estrogen dalam badan jadi menyusut. Sementara itu, hormon estrogen tersebut berfungsi penting untuk menguatkan otot Vagina. Dikala hormon estrogen menyusut, otot vagina jadi mengendur serta menghimpit saluran berkemih dan kandung kemih. Hingga tidak heran bila Kamu jadi lebih sulit buang air kecil menjelang ataupun dikala menopause.

 

Bahaya ataupun Komplikasi

Bahaya ataupun komplikasi dari susah buang air kecil ialah Infeksi Saluran Kemih. Sebab tanpa disadari, penyakit tersebut dapat merusak organ kelamin terus- menerus. Sehingga, penderitanya terinfeksi namun tidak ketahui dan biasanya malah jadi kronis.

Infeksi Saluran Kemih dibagi 2 tipe, ialah ISK atas dan bawah. Infeksi saluran kemih bagian bawah dinamakan sistitis. Bila melanda bagian atas, bakteri menyebar lewat saluran kencing, dan terlebih lagi keseluruh badan.

Perempuan memiliki kesempatan besar terserang infeksi saluran kemih sebab mempunyai uretra yang lebih pendek dibanding pria.

Banyak metode untuk wanita buat bebas dari infeksi saluran kemih. Salah satunya dengan membilas kelamin sehabis buang air kecil dengan benar, ialah dengan membilas kelamin dari arah depan ke belakang. Serta, untuk perempuan yang telah berkeluarga, biasakan untuk tidak menahan buang air kecil dikala berhubungan intim.

Tidak hanya itu jauhi berhubungan intim dengan orang yang memiliki riwayat penyakit kelamin semacam berkemih nanah serta sebagainya. Apabila berlangsung, hal itu menimbulkan infeksi menular seksual yang bisa membahayakan kamu serta pasanganmu.

 

Pengobatan Sulit Buang Air Kecil di Klinik Pandawa

Apabila kamu memiliki masalah dengan saluran kencing seperti sulit buang air kecil, segera periksakan ke dokter profesional. Klinik Pandawa, salah satu klinik spesialis penyakit kelamin terbaik di Jakarta. Fasilitas pelayanan medis yang diberikan antara lain penyakit andrologi, penyakit ginekologi, penyakit bedah, penyakit kulit dan kelamin.

Klinik pandawa didukung dan dilayani oleh para dokter ahli dan berpengalaman di penyakit kelamin khususnya penyakit sulit buang air kecil. Dibantu oleh para asisten yang berpengalaman, alat-alat medis pemeriksaan dan pengobatan yang lengkap dan canggih, termasuk laboratorium, USG dan rontgen.

Klinik pandawa mengutamakan pelayanan medis yang berkualitas dengan standar nasional. Prinsip profesionalitas, berintegritas, transparan, keterbukaan dan jujur dalam melayani pasien adalah life style klinik pandawa.

Perihal biaya berobat di klinik pandawa sangatlah relative murah dan terjangkau bagi semua lapisan sosial ekonomi dibanding klinik dan rumah sakit sekitar jakarta. Garansi kami buat pelayanan dan kulitas pelayanan yang memuaskan dan menyenangkan bagi pasien adalah hal utama.

Klinik Pandawa Jakarta memiliki banyak pasien dengan penyakit Sulit buang air kecil dengan berbagai penyebab dan komplikasi. Ada banyak pasien yang telah disembuhkan dan merasa puas dengan pelayanan kami.

Apabila membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis ke dokter kami melalui konsultasi atau menghubungi 0821-1141-0672/ 021-62313337  whatsapp / SMS / telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Spesialis Kami