Kenali Syringoma, Tumor Jinak Pada Kulit

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

syringoma

Kulit Anda banyak ditumbuhi bintik-bintik pada area sekitar mata, kelopak mata atau di bawah mata? Mungkin saja itu syringoma.

Tumbuhnya bintik-bintik di wajah ini seringkali menyebabkan rasa risih karena dapat menganggu penampilan wajah Anda. Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Untuk lebih mengetahui tentang syringoma, mari kita simak pembahasan berikut ini.

 

Definisi Syringoma

Syringoma adalah tumor jinak adenoma yang memiliki bentuk berupa benjolan-benjolan kecil dan padat pada permukaan kulit di sekitar mata, pipi, leher, dada, perut, kaki, tangan atau di sekitar alat kelamin yang berbentuk bintik keras dan umumnya berjumlah lebih dari satu.

Tumor Adenoma adalah tumor yang umumnya terjadi di sekitar jaringan kelenjar epitel, yakni selaput tipis yang menutupi kelenjar, organ, atau struktur lain di dalam tubuh. Contoh adenoma yang sering terjadi pada pasien adalah adenoma paratiroid, adenoma basofilik, adenoma saluran empedu, adenoma eosinofilik, dan adenoma hati.

Secara klinis, syringoma biasanya terlihat sebagai benjolan dengan ukuran 1-3 mm. Warna benjolan tersebut bisa mirip dengan warna kulit, akan tetapi bisa juga terlihat kekuningan, coklat, putih, atau kemerahan. Benjolan tersebut seringkali menyerupai daging akan tetapi tidak memiliki potensi menjadi kanker.

Benjolan ini biasanya tidak menimbulkan rasa gatal atau nyeri. Akan tetapi benjolan syringoma ini dapat juga menimbulkan rasa gatal, terutama ketika penderitanya berkeringat, akan tetapi kasus seperti ini jarang terjadi.

Walaupun tidak membahayakan, benjolan ini dapat mengganggu penampilan jika muncul dalam jumlah yang cukup banyak. Benjolan ini umumnya muncul berkelompok pada kulit dan tersebar pada beberapa bagian tubuh. Penyakit ini dapat terjadi pada siapa saja, namun biasanya anak remaja dan wanita yang lebih umum mengalaminya.

Biasanya perbedaan antara syringoma dengan kutil yang juga tumbuh di permukaan kulit adalah pada bentuknya. Syringoma memiliki bentuk lebih pipih, lebih lebar dan memiliki warna yang mirip dengan warna kulit dan kadangkala menyebabkan rasa gatal pada sebagian kasus.

 

Klasifikasi Syringoma

Pada umumnya penyakit ini dapat diklasifikasikan kedalam dua bentuk klinis, namun adapula yang membaginya menjadi tiga kelompok yaitu:

  1. Syringoma Periorbital (Periorbital Syrigoma)
  2. Syringoma Eruptif ( Eruptive Syringoma, Eruptive Hidradenoma, Disseminated Syringoma )
  3. Varian lain seperti bentuk linier unilateral atau distribusi nevoid, terbatas linear, terbatas pada scalp, terbatas pada vulva, terbatas pada ekstremitas distal, lichen planus-like ( tipe lichen planus ), milia like ( tipe-milia ).

Bentuk klinis yang paling sering ditemui adalah bentuk periorbital. Benjolan periorbital ini muncul pada periorbita inferior/kelopak mata bagian bawah. Penyakit jenis ini lebih banyak terjadi pada wanita dibandingkan dengan pria. Usia penderita penyakit jenis ini biasanya usia pubertas, meskipun penyakit ini dapat terjadi pula pada usia dekade dua atau tiga.

 

Penyebab Syringoma

Pada umumnya penyebab syringoma adalah penyumbatan kelenjar ekrin. Akan tetapi, penyakit ini juga dapat timbul karena faktor lain. Faktor lain yang dimaksud adalah  faktor genetik atau faktor keturunan dan kondisi medis tertentu yang menyebabkan atau mempengaruhi hiperaktivitas sel-sel penyusun kelenjar keringat pada kulit misalnya terlalu sering terkena sinar matahari.

Jika Anda mengalami masalah syringoma yang disebabkan oleh faktor keturunan maka Anda harus melakukan perawatan kulit secara rutin setiap hari. Sebaiknya Anda memakai sunblock secara teratur untuk meminimalisir efek sinar matahari sehingga mampu mencegah penuaan dini pada kulit Anda.

Selain itu, perubahan hormon juga sering berpengaruh terhadap munculnya syringoma. Oleh karena itu, penyakit ini lebih sering terjadi pada usia remaja dan pada wanita ketika menstruasi atau hamil.

 

Faktor Risiko Syringoma

Beberapa faktor yang menyebabkan seseorang lebih berisiko mengalami penyakit ini:

-Riwayat keluarga dengan syringoma (bersifat turunan)

-Sindrom Down, yaitu kelainan atau gangguan genetika yang menyebabkan penderitanya mempunyai tingkat kecerdasan yang rendah, dan kelainan fisik yang khas.

-Diabetes melitus

-Sindrom Marfan, yaitu gangguan pada jaringan ikat yang timbul akibat gangguan atau kelainan genetika.

-Sindrom Ehlers-Danlos, yaitu kelainan genetika yang menyebabkan gangguan pada kekuatan dan kelenturan jaringan pada tubuh,

 

Pengobatan Syringoma Di Klinik Pandawa

Walaupun penyakit ini adalah tumor jinak yang tidak berbahaya, namun tetap harus diatasi. Sebaiknya penyakit ini tidak dibiarkan terus tumbuh dan berkembang sehingga dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya, apalagi jika tidak dilakukan tindakan untuk mengatasinya.

Anda yang mengalami penyakit ini perlu melakukan pemeriksaan ke dokter agar memperoleh penanganan yang tepat. Hal ini diperlukan karena penyakit ini terlihat mirip dengan kelainan pada kulit lainnya seperti jerawat dan milia.

Setelah dokter melakukan diagnosis terhadap kelainan kulit tersebut dan memastikan bahwa kelainan tersebut adalah syringoma, maka dokter biasanya akan melakukan dua hal berikut untuk menanganinya, yaitu:

  1. Pemberian obat-obatan

Dokter akan memberikan obat yang harus diminum secara rutin. Obat tersebut umumnya berfungsi untuk membuat benjolan syringoma tersebut mengerut dan kemudian lepas.

  1. Tindakan Medis

Apabila langkah pengobatan dengan pemberian obat-obatan tidak berhasil mengatasi penyakit yang Anda derita dengan baik, atau jika terus terjadi keluhan secara berulang meski telah dilakukan pengobatan, maka dokter dapat melakukan tindakan yang lebih invasif, seperti operasi, laser, kauterisasi, cryotherapy, dermabrasi, atau Tindakan medis lainnya.

Klinik Pandawa sebagai salah satu klinik kulit terbaik di kota Jakarta menyediakan layanan untuk pengobatan syringoma. Dokter yang berpengalaman, alat-alat kesehatan yang modern, dan fasilitas yang memadai menjadikan Klinik Pandawa pilihan tepat bagi Anda yang ingin melakukan pengobatan. Dokter di Klinik Pandawa akan menyarankan pengobatan atau tindakan medis yang tepat untuk menangani syringoma yang Anda derita.

Anda dapat berkonsultasi online dengan dokter kami secara gratis di nomor 0821-1141-0672/021-6231-3337 (telepon/SMS/WA) atau melalui link layanan. Dapatkan promo menarik setiap bulannya untuk berbagai layanan kesehatan kulit di Klinik Pandawa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Kami yang Berpengalaman