Prosedur kecantikan untuk membuat wajah cantik memiliki opsi beragam. Namun, ada dua treatment yang kerap dibandingkan, yakni prosedur tanam benang atau Thread lift dengan operasi plastik facelift.

Lalu mana yang dianggap terbaik dan terbukti aman untuk dilakukan? Apakah sama baiknya atau malah satu lebih unggul dibandingkan lainnya?

Eiit, biar fair untuk menilai mana yang lebih unggul. Silakan dilihat perbandingan tanam benang dan operasi plastik facelift dari beragam perspektif.

Komparasi tanam benang vs operasi plastik

Tanam Benang Vs Operasi Plastik

1. Kegunaan

Operasi plastik facelift adalah prosedur kecantikan melalui pembedahan di beberapa bagian wajah. Tujuannya, untuk mengurangi tanda penuaan pada kulit wajah yang mulai mengendur dan bergelambir.

Sedangkan tanam benang atau thread lift adalah metode perawatan kulit tanpa bedah dan membantu menyamarkan tanda penuaan wajah. Caranya, dengan menanamkan benang khusus yang dapat diserap tubuh.

Baca juga: Suntik Filler! Jangan Asal Kencang, Perhatikan Efek Sampingnya

Tujuan tanam benang, yakni mengencangkan area wajah yang kendur. Sehingga Anda bisa tampil lebih muda. Selain itu, pada prosedur tanam benang kulit dirangsang untuk memproduksi kolagen.

2. Prosedur

Pada operasi plastik facelift, masalah penuaan dengan kasus yang lebih parah dan rumit bisa dilakukan dengan hasil yang cukup memuaskan. Perawatan ini biasanya tak bisa dilakukan oleh prosedur lain, termasuk tanam benang.

Sedangkan tanam benang, bisa dilakukan untuk kasus penuaan yang tidak terlalu parah. Bila sudah terlalu ekstrem, tanam benang tidak akan mampu mengatasi masalah kulit wajah Anda.

3. Waktu pemulihan

Untuk recovery, atau yang lazim disebut downtime, operasi plastik facelift membutuh masa pemulihan lebih lama bahkan lebih dari tujuh hari. Sedangkan tanam benang, biasanya tak membutuhkan waktu lama dan cenderung lebih singkat.

4. Harga

Dari aspek harga, pada operasi plastic biaya yang dikeluarkan biasanya lebih mahal. Sebab, proseurnya lebih sulit dan diperlukan dokter ahli bedah kecantikan profesional untuk mengeksekusinya.

Sementara tanam benang relatif lebih murah. Karena prosedur pada tanam benang tidak sekompleks operasi plastik facelift.

5. Ketahanan hasil

Hasil yang didapat pada operasi plastik facelift lebih tahan lama, yakni 3-7 tahun. Jadi, Anda tak perlu sering-sering ke dokter kecantikan untuk mengulang prosedur yang sama.

Lain halnya dengan operasi plastik, hasil prosedur tanam benang hanya bertahan antara 6 bulan hingga 2 tahun.

Lebih baik tanam benang atau operasi plastik?

Tanam Benang Vs Operasi Plastik

Baik operasi plastik ataupun tanam benang memiliki tujuan serupa. Yakni mengencangkan wajah untuk menghilangkan efek penuaan akibat kulit yang mengendur.

Baca juga: Suntik Botolinum Toxin, Cari Tau Dulu Plus Minusnya!

Yang membedakan adalah kondisi kulit yang akan dilakukan peawatan. Bila memang sudah terlampau turun dan ekstrem silakan menggunakan operasi plastik. Tapi kalau hanya sedikit kendur, silakan menggunakan tanam benang sebagai prosedur pilihan.

Namun, bila Anda masih bingung mana yang lebih baik? Tanyakan ke dokter ahli Anda agar tidak salah melakukan perawatan dan tetap sesuai anjuran.

Lalu lihat kondisi keuangan dan kebutuhan. Prosedur mana yang memungkinkan untuk dilakukan. Jangan sampai besar pasak dari pada tiang dan Anda malah merugi demi ingin terlihat cantik.