7 Tanda-Tanda Penuaan Dini dan Cara Mencegahnya!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

tanda-tanda dan cara mencegah penuaan dini

Aktivitas yang padat dan menyita waktu kadang membuat kita kurang memperhatikan pola hidup sehat dan perawatan kulit. Apalagi bagi masyarakat perkotaan yang bermobilitas tinggi. Nggak heran masalah-masalah kulit dan tanda-tanda penuaan dini pun muncul lebih cepat. Sehingga akhirnya kamu pun baru cari cara mencegah penuaan dini agar terbebas dari segala masalah kulit.

Memang tidak ada yang salah kalau kamu memang mencari cara mencegah penuaan dini, tapi sebelum itu cari tau dulu apa saja ciri dan tanda-tanda penuaan dini di bawah ini.

Sahabat pandawa tahu, bila semakin bertambahnya umur maka otomatis tubuh juga akan mengalami proses penuaan yang terjadi alami. Nah, terjadinya penuaan dini ini apabila kemunculannya terjadi pada usia dibawah 35 tahun. Dan setiap proses pada tiap individu memang bisa berbeda-beda.

 

Tanda-tanda Penuaan Dini

Dari berbagai sumber terpercaya, ada beberapa tanda penuaan dini yang bisa kamu perhatikan, diantaranya seperti;

Adanya garis halus

Pasalnya, garis halus nggak bisa sepenuhnya hilang sebab kondisi seperti ini akan berangsur-angsur ada seiring dengan bertambahnya usia. Tapi, kalau kamu yang berusia muda dan sudah mulai muncul garis halus, bisa jadi itu tanda penuaan dini.

Garis halus merupakan gejala awal terbentuknya kerutan. Garis halus ini seringnya muncul ketika tersenyum atau smile-line dan dahi. Untuk mengurangi kemunculan garis halus terutama di usia 20an, kamu butuh berbagai cara mencegah penuaan dini secara alami selain pemakaian skincare, diantaranya seperti:

  • Mengonsumsi air mineral 2 liter atau 8 gelas air putih setiap hari
  • Memijat wajah dengan gerakan melingkar
  • Mengonsumsi makanan kaya omega 3 dan antioksidan
  • Menggunakan face wash alami dari perpaduan madu dan susu
  • Mengonsumsi buah dan sayuran
  • Menggunakan masker putih telur

Kerutan di area mata

Sudah terlihat kerutan di sekitar mata? Waspadalah karena ini bisa jadi tanda-tanda penuaan dini. Kerutan yang muncul pada area ini, tepat di bagian bawah mata disebabkan oleh perubahan gaya hidup yang tak sehat, seperti begadang.

Nah, bisa dikatakan kulit di sudut luar mata ini menjadi tempat paling rentan mengalami perubahan, karena teksturnya yang super halus. Sementara itu, berkurangnya produksi kolagen di kulit juga diyakini menjadi salah satu pemicu munculnya kerutan di area tersebut.

 

Terdapat flek hitam

Tanda-tanda penuaan dini selanjutnya yaitu adanya flek atau noda hitam kecokelatan di area wajah. Di dunia medis sendiri, flek hitam bisa muncul akibat produksi melanin di kulit yang semakin meningkat. Noda hitam atau flek ini bukanlah satu-satunya freckles, melainkan hanya salah satu dari jenis freckles yang ada.

Walau permasalahan kulit yang satu ini dapat dialami oleh segala usia, namun ada beberapa aspek yang memicu risiko munculnya tanda-tanda penuaan dini yang satu ini kian meningkat. Misalnya seperti sering terpapar sinar matahari dan radiasi ponsel, faktor genetik, dan kulit wajah yang putih.

 

Kulit menjadi kering

Kulit kering sebenarnya kondisi yang sangat umum terjadi akibat tubuh kekurangan cairan. Namun, bila sahabat pandawa sudah merasa memenuhi kebutuhan cairan tubuh per hari dan terus mengalami kulit kering, bisa jadi kamu memang mengalami tanda-tanda penuaan dini.

Berkurangnya hormon yang diproduksi tubuh seiring dengan penambahan usia, membuat kulit wajah terlihat kering dan kehilangan kelenjar minyaknya.

Oleh sebab itu, sewaktu memasuki usia 25 tahun ke atas, banyak beauty advisor sebuah brand kecantikan yang merekomendasikan customer nya untuk memakai produk dengan kandungan anti-aging, atau menggunakan produk untuk melembapkan kulit.

 

Tanda-tanda penuaan dini kulit makin kusam

Kulit kusam bisa terlihat kalau kamu selalu merasa kelelahan atau sedang panas-panasan. Tak jarang kamu pun butuh produk seperti face mist untuk terus membuat wajah tampak lebih fresh seharian.

Tapi selain dari kelelahan dan, pada kenyataannya, kulit kusam juga bisa menjadi tanda-tanda penuaan dini. Terutama jika kamu memiliki kondisi seperti itu dalam waktu yang lama, bahkan setelah penggunaan produk perawatan kulit.

Kulit kusam ini, termasuk salah satu masalah kulit yang sulit diatasi, karena diperlukan kesabaran serta perhatian lebih.

 

Tanda-tanda penuaan dini pipi menurun

Biasanya, ketika tanda-tanda penuaan dini, ciri lainnya akan muncul di pipi. Pipi yang tadinya berisi atau bervolume mulai ada tampilan keriput. Volume pipi berisi itu seakan-akan kosong, sehingga bentuknya menurun.

 

Kulit akan sulit sembuhkan saat terluka

Perpustakaan Nasional Amerika Serikat menyebutkan, kulit yang menua lebih rentan terhadap cedera dan bisa sampai empat kali lebih lambat untuk disembuhkan. Sehingga, kulit lebih tipis dan lebih rapuh tanpa banyak lapisan lemak pelindung.

Selain itu, pembuluh darah rapuh di bawah kulit bisa pecah lebih mudah karena itu sewaktu terluka maka kulit akan butuh waktu lama untuk disembuhkan.

 

Cara Mencegah Penuaan Dini

So, sudah tahu kan apa saja tanda-tanda penuaan dini yang terjadi pada kulit? Kalau begitu ini saatnya buat kamu mencoba cara mencegah penuaan dini guna meminimalisir munculnya tanda-tanda tersebut. Sehingga penampilan kamu tetap terlihat sesuai dengan umur, awet muda dan kulit pun nampak sehat selalu.

Berikut cara mencegah penuaan dini, diantaranya adalah:

  • Rajin memakai tabir surya atau sunscreen dengan SPF min. 30 atau 50 serta tahan air
  • Kenakan pakaian panjang selama beraktivitas di luar rumah
  • Mengurangi intensitas marah-marah
  • Kurangi  mengonsumsi makanan berminyak, olahan daging, makanan manis dan terlalu asin
  • Hindari mengonsumsi alkohol dan rokok
  • Perhatikan kualitas tidur
  • Penuhi asupan vitamin B dan vitamin C
  • Selalu membersihkan wajah setidaknya 2 kali dalam sehari
  • Tidur tengkurap
  • Hindari stress

Treatment Anti-Aging untuk Cegah Penuaan Dini

Nah, itu dia penjelasan soal tanda-tanda penuaan dini hingga cara mencegah penuaan dini. Ingat, kesehatan kulit wajah juga merupakan suatu kewajiban yang semestinya kita jaga, supaya tetap nampak sehat dan kamu pun bisa tampil pede di muka umum.

Selain mencegah dan mengobatinya dengan cara alami, sesekali kamu juga bisa mencoba perawatan Anti-aging di dokter kecantikan atau di klinik kecantikan yang menyediakan perawatan khusus untuk membuat wajah tetap kencang, kenyal dan sehat.

Klinik Pandawa sebagai salah satu Klinik Estetika, Anti-aging & Skincare terbaik di Jakarta juga menyediakan layanan atau treatment cara mencegah penuaan dini dengan harga terjangkau dan berkualitas.

Perawatan kulit bersama Dokter Kecantikan di Klinik Pandawa telah terbukti dapat mengurangi garis-garis kerut serta tanda-tanda penuaan dini yang disebabkan oleh paparan sinar matahari, radikal bebas dan bertambahnya umur dan lainnya. Sehingga perawatan anti-aging sangat efektif membantu menstimulasi regenerasi sel-sel kulit kamu.

Sahabat Pandawa dapat berkonsultasi online dengan dokter kecantikan kami secara gratis di nomor 0821-1141-0672/021-6231-3337 (telepon/SMS/WA) atau melalui link layananDapatkan juga promo-promo menarik tiap bulannya untuk layanan kecantikan di Klinik Pandawa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *