Hati-hati, Tinea Kapitis Infeksi Jamur yang Menyerang Kepala Mudah Menular

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Daftar Isi

Tinea kapitis adalah infeksi jamur kulit kepala yang mudah menular

 

Sahabat Pandawa pernah mendengar Tinea Kapitis atau Infeksi jamur pada kulit kepala? Tinea kapatis adalah gangguan kulit yang biasanya kerap ditemui pada kulit kepala anak-anak di bawah usia 12 tahun, terutama antara usia 3-7 tahun. Tetapi tidak hanya anak-anak saja yang bisa mengalami, orang dewasa pun bisa mengalami jamur kulit kepala ini. Bagi Sahabat Pandawa yang mengalami dan membutuhkan penanganan simak terus artikel di bawah ini.

Tinea kapitis ialah penyakit yang menular dan sangat kerap ditemui pada bayi serta anak umur sekolah. Penindakan tinea kapitis mencakup pengobatan oral buat membasmi jamur, dan pemakaian sampo yang mempunyai kandungan obat yang bisa kurangi penyebaran peradangan.

Beberapa kondisi tinea kapitis bisa memunculkan peradangan yang hebat pada lokasi infeksi. Kondisi ini dapat menyebabkan timbulnya jaringan parut serta kebotakan yang permanen.

 

Pengertian Tinea Kapitis

Tinea kapitis adalah infeksi jamur kulit kepala atau batang rambut. Gangguan kulit kepala ini umumnya ditandai dengan pitak atau kebotakan pada bagian-bagian rambut tertentu, kulit bersisik, dan kulit kepala yang gatal. Situasi ini sangat mudah ditularkan ke orang lain terutama melalui sisir, handuk, topi dan bantal. Infeksi jamur kulit kepala dapat dialami oleh siapa saja, namun umumnya terjadi pada anak-anak.

 

Ciri dan Tanda Tinea Kapitis

Tinea kapitis umumnya ditandai dengan ciri-ciri berikut antara lain;

  • Pitak atau kebotakan pada bagian-bagian tertentu
  • Gatal pada kulit kepala
  • Kulit kepala bersisik
  • Kulit kepala kemerahan

Selain itu terdapat beberapa gejala yang juga dikaitkan dengan infeksi jamur kulit kepala ini antara lain;

  • Rambut mudah rontok
  • Sakit kulit kepala
  • Pembengkakan kelenjar getah bening
  • Demam

 

Ketahui Penyebabnya

Infeksi jamur kulit kepala ini disebabkan oleh sejenis jamur yang disebut juga dermatofit. Jenis jamur ini biasanya menginfeksi lapisan epidermis (lapisan paling luar) pada rambut dan kuku. Jamur ini dapat ditularkan oleh manusia melalui kontak kulit dengan orang yang terinfeksi, hewan seperti anjing dan kucing, maupun benda seperti handuk, sprei, sisir yang mengandung jamur atau digunakan oleh orang yang terinfeksi.

Cara penularannya seperti:

Tinea kapitis adalah infeksi jamur kulit kepala yang menular, dengan cara penularan sebagai berikut:

  • Manusia ke manusia. Jamur pemicu tinea kapitis bisa meluas melalui kontak kulit secara langsung dengan orang yang terinfeksi.
  • Objek ke manusia. Jamur pemicu tinea kapitis bisa meluas melalui kontak dengan objek atau permukaan yang telah bersentuhan dengan manusia atau binatang yang terinfeksi, seperti pakaian, handuk, seprai, ataupun sisir.
  • Hewan ke manusia. Anjing dan kucing, terutama pada usia muda, kerap kali merupakan pembawa jamur penyebab tinea kapitis. Binatang lain yang sering menjadi pembawa termasuk sapi, kambing, babi, dan kuda.

 

Faktor Risiko

Adapun faktor risiko Sahabat Pandawa dapat mengalami infeksi jamur kulit kepala ini, berikut beberapa faktor risiko untuk tinea kapitis, yaitu:

  • Usia. Tinea kapitis paling umum dijumpai pada anak balita dan usia sekolah.
  • Paparan pada anak-anak lain. Wabah infeksi jamur kulit kepala cukup umum ditemui di sekolah atau tempat penitipan anak, di mana infeksi dapat meluas dengan mudah akibat kontak fisik yang dekat.
  • Paparan terhadap hewan peliharaan. Hewan peliharaan, seperti anjing dan kucing, dapat terinfeksi tanpa menunjukkan tanda atau gejala. Anak-anak dapat tertular ketika menyentuh atau mengelus hewan yang terinfeksi.

 

 

Risiko apabila tidak diobati 

Dalam beberapa indikasi, tinea kapitis atau infeksi jamur kulit kepala ini dapat menimbulkan peradangan (kerion) yang parah pada area kulit kepala. Kerion tampak seperti pembengkakan yang berisi nanah yang disertai dengan kulit berkerak pada kepala. Munculnya kerion dapat menyebabkan rambut menjadi mudah rontok.

 

Diagnosis

Setelah mengetahui tinea kapitis adalah penyakit kulit menular, Sahabat Pandawa perlu mendapatkan penanganan yang tepat dari ahlinya. Diagnosis infeksi jamut kulit kepala ini umumnya ditetapkan lewat serangkaian wawancara medis secara mendetail, pemeriksaan fisik secara langsung dengan melihat kulit kepala, serta pemeriksaan penunjang tertentu.

Dokter dapat mengambil sampel dari rambut atau kulit untuk dievaluasi lebih lanjut di bawah mikroskop. Pemeriksaan dapat menunjukkan adanya jamur dan memastikan diagnosis.

 

Pencegahan Tinea Kapitis

Beberapa perihal yang bisa dicoba untuk menurunkan risiko timbulnya tinea kapitis adalah:

  • Mengedukasi diri sendiri dan orang lain. Kenali risiko terjangkit tinea kapitis dari orang atau hewan peliharaan yang terinfeksi. Beritahu kepada anak dan keluarga Sahabat Pandawa mengenai tinea kapitis, hal-hal yang perlu diwaspadai, dan cara mencegah tertular infeksi.
  • Keramas secara rutin. Pastikan bahwa keramas dilakukan secara rutin, terutama setelah potong rambut.
  • Jaga kebersihan. Pastikan bahwa anak dan keluarga Sahabat Pandawa sering mencuci tangan untuk mencegah penyebaran infeksi. Jaga kebersihan area seperti sekolah, tempat penitipan anak, sarana olahraga, dan sebagainya.
  • Hindari hewan yang terinfeksi. Peradangan biasanya tampak seperti pitak pada kulit di lokasi tidak ada bulu. Namun, pada beberapa indikasi, tidak didapatkan tanda atau gejala.
  • Hindari berbagi barang pribadi. Informasikan kepada anak dan keluarga Sahabat Pandawa untuk tidak mengizinkan orang lain menggunakan pakaian, handuk, sisir, atau barang pribadi lainnya, atau meminjam dari orang lain.

 

Penanganan Infeksi Jamur Kulit Kepala di Klinik Pandawa

Tinea kapitis adalah infeksi jamur kulit kepala yang sangat cepat penyebarannya. Jika Sahabat Pandawa mengalami hal ini jangan pernah disepelekan. Tangani segera bersama Kami di Klinik Pandawa. Dokter kulit yang profesional, alat-alat kesehatan yang modern, dan fasilitas yang memadai menjadikan Klinik Pandawa pilihan tepat bagi Sahabat Pandawa yang ingin berobat.

Bila Sahabat Pandawa butuh informasi dan pengobatan lebih lanjut silakan konsultasikan dengan dokter kami secara online atau melalui nomor 0821-1141-0672/ 021-62313337 SMS / WA/ telepon. Segala rahasia medis terjamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

klinik-pandawa-logo-white.png

Tanya Dokter sekarang

Konsultasikan keluhanmu
dengan Dokter Kami yang Berpengalaman